Download our available apps

Cara Termudah Memperbaiki Ban Luar Yang Sobek Atau Retak dengan Cepat

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Termudah Memperbaiki Ban Luar Yang Sobek Atau Retak dengan Cepat
Gambar Ban

BLOG OSCAS - Ban luar yang sobek dan retak menjadi masalah masal para pemilik kendaraan. Banyak penyebab dari ban yang sobek dan retak. Salah satunya yaitu akibat kecelakaan, atau bisa jadi karena ban luar yang sudah terlalu lama dan menyebabkan gundul kemudian rusak.


Sobek dan retak pada ban luar bisa terjadi pada dinding ban atau di bagian tengah ban. Ada beberapa kejadian dimana ban luar kendaraan masih bagus dan baru namun sobek dan rusak karena beberapa hal. Ada beberapa Cara Termudah Memperbaiki Ban Luar Yang Sobek Atau Retak.


Simak Cara Memperbaiki Ban Baru yang Sobek Atau Retak


Ban luar kendaraan yang masih baru dan mengalami retak atau sobek di bagian luar bisa Anda perbaiki dengan cara yang mudah. Berikut ini cara termudah memperbaiki ban luar yang sobek atau retak yang bisa Anda coba:


1. Kerusakan Ringan


Jika ban kendaraan Anda masih baru dan bagus kemudian terdapat sobek, Anda tidak perlu buru-buru mengganti ban tersebut. Anda bisa memperbaikinya dengan cara yang mudah.


Apabila sobek pada ban luar berukuran kurang lebih 5 cm, Anda bisa membawanya ke bengkel dan memintanya untuk memperbaiki. Cara memperbaiki ban sobek seperti ini cukup mudah. Yaitu dengan mengelem sobekan pada ban, kemudian rapatkan.


Tunggu sampai kering kemudian langkah berikutnya yaitu diatas lem yang sudah dirapatkan sebelumnya, lakukan penambahan lapisan supaya ban yang sobek tetap kuat dan bisa digunakan kembali.


Penambalan dilakukan dengan menggunakan lapisan karet dengan teknik tambal yang sering dilakukan. Setelah itu ban luar Anda akan tetap bisa digunakan kembali.


2. Kerusakan Berat


Jika pada ban Anda terjadi sobek dan retak yang melebihi panjang 5 cm Anda bisa melakukan langkah sebelumnya seperti pada nomor 1. Namun cara dan teknik pengerjaan terdapat sedikit perbedaan.


Lakukan dengan teliti dan sabar. Dimana proses pengerjaanya dimulai dengan cara yang sama yaitu melakukan pengeleman terlebih dahulu, supaya sobekan pada ban bisa merapat dan melekat dengan kuat.


Cara lainnya yaitu jahit ban luar yang sobek terlebih dahulu. Kemudian tutup bekas jahitan dengan menggunakan karet atau bekas ban dalam. Penempelan bekas jahitan dilakukan tiga kali atau dengan tiga lapisan. Hal ini dilakukan supaya bekas jahitan bisa kuat dan aman saat digunakan.


3. Kerusakan Parah


Jika ban kendaraan sudah rusak parah dan permukaan ban sudah mulus dan gundul Anda bisa menambahkan ban dalam untuk menjaga dan membantu kerja ban luar. Namun jika setelah beberapa kali diperbaiki namun tetap sobek, maka jalan satu-satunya adalah dengan mengganti ban Anda dengan ban yang baru.


Anda bisa mendiskusikan kondisi ban Anda dengan pihak bengkel, jika pihak bengkel menyarankan untuk mengganti ban luar, maka lakukanlah, hal tersebut dilakukan demi keselamatan Anda.


Karena apabila ban luar Anda sudah mengalami kerusakan yang parah dan Anda masih tetap menggunakan nya untuk ngebut-ngebutan, ban Anda bisa saja pecah secara tiba-tiba dan kendaraan Anda bisa terpental dan jatuh. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengganti ban Anda dengan ban yang baru.


Dampak Ban Luar yang Sobek dan Retak Tidak Diperbaiki


Ban luar yang tidak segera diperbaiki memiliki dampak yang buruk untuk pengendara. Dimana ban luar yang sudah mulai retak dan kemudian dibiarkan dan tidak diperbaiki bisa menyebabkan ketidak seimbangan saat berkendara.


Hal ini membuat driver susah saat mengarahkan kendaraan, terutama saat melewati jalan yang berkelok dan berbelok-belok. Membuat Anda tidak stabil saat berkendara dan bisa menyebabkan kecelakaan.


Selain itu apabila Anda membawa beban yang cukup berat, bisa menyebabkan rem tidak berfungsi dengan baik karena ban luar kendaraan Anda. Selalu melakukan pengecekkan kendaraan jika Anda berencana melakukan perjalanan jauh.


Selain itu bersihkan sela-sela ukiran ban luar Anda dari batu, kerikil atau tanah yang mengganggu. Rawat ban luar kendaraan Anda dengan baik supaya ban tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

BACA JUGA :

Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Celana Chino dan Cara Merawatnya


Itulah beberapa Cara Termudah Memperbaiki Ban Luar Yang Sobek Atau Retak pada kendaraan Anda. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah Anda, atau langsung menuju bengkel kepercayaan Anda untuk melakukan perbaikan pada ban luar Anda.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita