Download our available apps

Yuk, Cari Tahu Disini! Cara Membuat Tarikan Mobil Lebih Enteng

Pewarta - Prana Hikmat
Yuk, Cari Tahu Disini! Cara Membuat Tarikan Mobil Lebih Enteng
Ilustrasi Cara Membuat Tarikan Mobil Lebih Enteng

BLOG OSCAS - Untuk membuat tarikan mobil lebih enteng ternyata tidak terlalu sulit, lho! Dengan melakukan perawatan rutin sudah bisa membuat performa mobil tetap bertenaga. Kendati demikian, perlu perhatikan komponen mesin ini. Apa saja?

Memiliki kendaraan yang terawat dan bertenaga tentu saja bikin nyaman saat berkendara, namun mobil yang sering dipakai setiap hari, pastinya ada saja komponen atau part yang bermasalah dan bisa bikin tarikan mobil jadi berat.

Lalu, bagaimana cara membuat tarikan mobil selalu bertenaga? Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan terbukti efektif meningkatkan tenaga mesin tanpa boros bahan bakar. Yuk, simak penjelasan dibawah ini!


Cara Membuat Tarikan Mobil Lebih Enteng


Adapun cara terbaik membuat tarikan mobil lebih enteng dan bertenaga adalah dengan melakukan pemasangan alat khusus dan melakukan perawatan komponen mobil dibawah ini.


1. Sistem Pengereman


Pastikan sistem pengereman bekerja dengan baik, artinya kampas rem tidak terlalu rapat atau menempel pada cakram atau tromol. Jika pengereman terlalu rapat bisa membuat mobil kurang responsif dan tarikan mesin lebih berat.


2. Sistem Kelistrikan


Dengan memasang volt stabilizer membuat tarikan mobil jadi makin responsif, aliran listrik yang tidak stabil bisa membuat komponen tertentu kekurangan pasokan listrik sehingga mobil kurang bertenaga. Maka bisa pasang alat ini.


3. Sistem Pengapian


Pemakaian busi yang kurang tepat bisa menyebabkan sistem pengapian kurang sempurna, hal ini membuat performa mobil kurang responsif. Jika ingin mobil kamu kencang, maka bisa pakai busi iridium dan ganti koil racing.


4. Remap ECU Mobil


Untuk meningkatkan performa mobil agar lebih enteng, maka bisa melakukan remap ECU mobil. Prosesnya hanya butuh waktu sekitar 1 jam saja, performa mobil bisa meningkat secara signifikan. Pastikan lakukan di bengkel resmi ya!


5. Bahan Bakar


Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan mesin mobil, bisa bikin tenaga mobil jadi loyo. Jika ingin tarikan mobil lebih enteng, sebaiknya menggunakan bahan bakar yang tepat atau dengan oktan tinggi agar performa makin optimal.


6. Filter Udara


Filter udara lebih longgar bisa membuat oksigen masuk lebih banyak, sehingga bisa menghasilkan pembakaran lebih bersih. Hal ini bisa membuat sistem pembakaran jadi lebih optimal, tentunya bikin performa mobil jadi makin ngacir.


7. Tune Up


Dengan melakukan tune up secara rutin mampu mengembalikan performa mobil seperti baru. Maka dari itu, lakukan perawatan mobil dengan tune up ke bengkel langganan kamu. Mesin mobil yang terawat tentunya akan tetap terjaga performanya.

Itulah cara membuat tarikan mobil jadi enteng dan bertenaga, dengan melakukan pemeriksaan terhadap komponen penting dalam mobil yang berhubungan dengan performa. Lalu, apa sih penyebab tarikan mobil jadi berat?


Penyebab Tarikan Mobil Berat


Setelah mengetahui cara membuat tarikan mobil lebih enteng, perlu juga kenali penyebab tarikan mobil berat atau kurang bertenaga. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut:


  1. Mesin mobil kurang perawatan
  2. Filter udara dan filter bahan bakar kotor
  3. Kampas kopling habis atau aus
  4. Sistem pengereman terlalu rapat
  5. Bahan bakar tidak sesuai spesifikasi mobil
  6. Sistem pengapian terhambat
  7. Sistem kelistrikan tidak stabil

Penyebab performa mobil kurang bertenaga atau berat, tentunya bikin rasa berkendara kurang maksimal. Apalagi ketika gas sudah diinjak habis, namun mobil melaju pelan dan suara mesin aneh. Hal ini perlu diperiksa lebih lanjut ke bengkel.

BACA JUGA :

Yuk Kenali Penyebab Tarikan Mobil Kurang Responsif

Dengan melakukan perawatan secara rutin bisa membuat mobil tetap berjalan normal, performa mobil bertenaga dan komponen mobil terawat sehingga pemakaiannya akan lebih lama. Yuk, lakukan perawatan mobil secara rutin!


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita