Download our available apps

Bersihkan Evaporator AC Mobil Tanpa Bongkar Dashboard, Begini Caranya!

Pewarta - Prana Hikmat
Bersihkan Evaporator AC Mobil Tanpa Bongkar Dashboard, Begini Caranya!
Gambar Evaporator AC Mobil

BLOG OSCAS - Mungkinkah bisa dilakukan untuk membersihkan evaporator AC mobil tanpa bongkar dashboard? Dengan menggunakan alat khusus, kini untuk membersihkan komponen pendingin kabin mobil ini tidak perlu melepas dashboard, loh!

Komponen penting untuk mendukung kenyamanan pengendara mobil, evaporator biasanya terletak di bagian dalam bawah dashboard yang cukup sulit dijangkau, maka harus melepas berapa part yang cukup merepotkan.

Nah, saat ini untuk membersihkan evaporator AC mobil tanpa perlu melepas dashboard atau part lain pada mobil. Bagaimana caranya? Sebelum masuk pembahasan, mari ketahui terlebih dahulu tentang evaporator AC mobil di bawah ini.


Apa itu Evaporator AC Mobil?


Evaporator merupakan salah satu komponen AC mobil yang memiliki fungsi sangat penting, yaitu untuk mengeluarkan udara dingin dan sejuk di dalam kabin mobil. Maka dari itu, komponen ini perlu mendapatkan perhatian khusus.

Jika evaporator AC kotor atau rusak, maka sistem pendinginan AC tidak akan berjalan dengan maksimal. Oleh sebab itu, perlu membersihkan evaporator dari kotoran atau debu yang melekat agar bisa kembali mengbuskan udara dingin di kabin.


Bersihkan Evaporator AC Mobil Tanpa Bongkar Dashboard


Untuk membersihkan evaporator AC mobil umumnya harus melepas dashboard, hanya saja cukup ribet pada saat proses pembongkaran dan pemasangan, belum lagi pengerjaanya yang kurang sempurna bisa menimbulkan suara berisik.


1. Endoskopi


Untuk memudahkan proses pembersihan komponen pendingin kabin mobil ini, bisa menggunakan alat khusus yang diberi nama endoskopi, pengerjaanya pun tidak memakan waktu lama untuk merontokan kotoran di evaporator AC.


2. Cooling Machine


Cooling Machine merupakan mesin yang berfungsi untuk membantu membersihkan evaporator di semua merk mobil, cara kerjanya dengan menggunakan kamera borescope untuk melihat bagian komponen AC yang kotor untuk dibersihkan.


3. Flushing Machine


Cara kerja alat pembersih komponen AC mobil ini tidak jauh berbeda dengan endoskopi maupun cooling machine, mesin ini memungknkan membersihkan evaporator AC tanpa perlu membongkar dashboard atau komponen mobil.

Itulah cara membersihkan evaporator AC mobil tanpa bongkar bagian dashboard atau komponen mesin, cara ini lebih praktis dan bisa dilakukan dengan cepat. Biaya pembersihan AC dengan alat tersebut pun cukup terjangkau.


Apa Penyebab Evaporator AC Mobil Kotor?


Komponen pendingin kabin ini perannya sangat penting pada mobil, maka perlu melakukan perawatan rutin untuk memastikan evaporator AC berfungsi dengan maksimal, sekaligus sebagai upaya membersihkan kotoran yang menempel.

Apa yang menyebabkan evaporator AC mobil kotor? Ada beberapa faktor penyebab membuat komponen AC kotor dan tidak bekerja maksimal, diantaranya sebagai berikut:


1. Membuka Kaca Mobil


Terlalu sering membuka kaca mobil bisa membuat debu dan kotoran dari luar masuk ke dalam kabin mobil, kemudian terhisap oleh AC dan menempel di evaporator. Hal inilah yang menyebabkan komponen pendingin kabin ini jadi kotor.


2. Asap Rokok


Memiliki kebiasaan merokok di dalam mobil tidak hanya membuat ruangan kabin menjadi bau, tapi juga bisa membuat AC mobil kotor. Asap rokok akan terhisap AC, semakin lama dan dilakukan terus menerus akan membuat evaporator kotor.


3. Karpet Mobil Kotor


Karpet mobil yang jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan akan menyimpan banyak debu dan kotoran, kemudian dihisap AC dan menempel di evaporator. Maka untuk mencegah komponen ini rusak, bersihkan mobil secara rutin.

Demikian informasi seputar cara membersihkan evaporator AC mobil tanpa bongkar dashboard atau mesin, serta penyebab komponen AC yang menghembuskan udara dingin ini jadi kotor. Semoga informasinya bermanfaat

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita