Download our available apps

Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo dengan Cangkang Spirulina? Ini Langkah-Langkahnya!

Pewarta - Prana Hikmat
Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo dengan Cangkang Spirulina? Ini Langkah-Langkahnya!
Ilustrasi : Menghilangkan Komedo

BLOG OSCAS - Salah satu permasalahan kulit wajah yang cukup populer yakni komedo. Dibutuhkan solusi jitu untuk menghilangkannya. Cara menghilangkan komedo dengan cangkang spirulina bisa Anda coba. Berikut ini informasinya untuk Anda!


Mengenal Spirulina dan Manfaatnya untuk Wajah


Pernahkah Anda mendengar spirulina? Salah satu jenis ganggang yang memiliki warna hijau kebiru-biruan. Spirulina dipercaya mampu memberikan khasiat yang bagus untuk kulit wajah. Tidak heran, banyak orang yang menggunakannya sebagai masker.


Manfaat yang bisa Anda raih sangatlah banyak. Pada dasarnya, spirulina bisa bermanfaat untuk tubuh dan kulit Anda. Adapun manfaatnya untuk kulit wajah, mencakup:

  • Mengatasi bekas jerawat
  • Terhindar dari jerawat
  • Melembapkan kulit wajah
  • Membuat kulit tampak lebih cerah
  • Terbebas dari noda hitam membandel
  • Membuat kulit lebih kencang
  • Terangkatnya sel kulit yang mati
  • Terhambatnya penuaan dini serta menjadikan kulit lebih halus.


Cara Menghilangkan Komedo dengan Cangkang Spirulina

Untuk meraih manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa menggunakan masker spirulina secara rutin. Spirulina bisa Anda kombinasikan dengan madu, minyak zaitun ataupun air mawar. Adapun cara menghilangkan komedo dengan cangkang spirulina adalah sebagai berikut:


1.    Siapkan Alat dan Bahan


Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan bahan dan alat yang akan digunakan. Adapun jenis alat dan bahan yang dimaksud yaitu spirulina, mangkuk kecil untuk masker, perasan air lemon, kuas, dan sebagainya.


Jika sudah tersedia, pastikan semua alat dan bahan dalam kondisi bersih. Dengan memperhatikan kebersihan secara detail, maka hasilnya pun akan lebih memuaskan. Jadi, pastikan hal tersebut secara teliti.


2.    Bersihkan Wajah dengan Air Bersih


Selanjutnya, Anda harus membersihkan wajah terlebih dahulu. Gunakan air bersih untuk membersihkannya. Basuh wajah dengan sentuhan lembut, sehingga wajah pun akan terasa dimanjakan.


Disarankan untuk menggunakan air hangat guna membuat pori wajah menjadi terbuka. Dengan demikian, penyerapan kandungan masker pun akan lebih maksimal. Satu hal yang pasti, wajah Anda harus dibersihkan terlebih dahulu baik menggunakan air hangat ataupun dingin.


3.    Membuat Racikan Masker Spirulina


Selanjutnya, buatlah racikan dengan bahan yang telah tersedia. Misalnya, untuk membuat wajah lebih lembut, maka bisa mencampurkan spirulina dengan madu. Adapun cara menghilangkan komedo dengan cangkau spirulina harus dicampur dengan perasan air lemon.


Campurkan spirulina dengan air lemon sebanyak dia sendok saja. Aduk kedua bahan tersebut secara merata, sehingga tampak seperti pasta. Pastikan kedua bahan tersebut sudah tercampur dengan baik, baru diaplikasikan pada wajah.


4.    Aplikasikan pada Wajah Secara Merata


Jika campuran spirulina dan air lemon sudah tercampur rata, lalu aplikasikan pada wajah. Leskan secara perlahan tanpa adanya kontak dengan mata ataupun mulut. Aplikasikan dengan hati-hati dan penuh kelembutan.


Masker harus diaplikasikan secara merata, sehingga bisa memberikan efek yang merata pula pada kulit wajah Anda. Meskipun komedo munculnya di hidung, Anda harus mengaplikasikan masker secara merata pada kulit wajah.


5.    Diamkan Sekitar 15 Menit


Selanjutnya, masker yang dioleskan secara merata harus didiamkan selama 15-20 menit. Hal ini dilakukan sebagai proses penyerapan kandungan yang terdapat pada spirulina. Dengan didiamkan dalam waktu beberapa menit, maka kandungan spirulina pun akan terserap kulit.


Selama proses penyerapan, Anda bisa menunggunya sambil rebahan. Selain itu, santaikan diri sejenak, sehingga tubuh pun akan lebih rileks. Hal ini bisa memaksimalkan hasil masker yang Anda lakukan.


6.    Membilas Wajah dengan Air Bersih


Setelah mencapai batas waktu yang ditentukan, Anda bisa membilasnya wajah dengan menggunakan air bersih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk membersihkannya. Berikan bilasan yang lembut pada wajah sehingga tidak ada noda yang tertinggal.


Jika terdapat noda yang tertinggal, maka akan menjadi kulit mati. Selanjutnya, akan menjadi noda hitam yang membandel pada wajah. Hal ini tentu akan menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda.


7.    Mengeringkan Wajah dengan Handuk Bersih


Selanjutnya, keringkan wajah dengan handuk bersih. Anda cukup mengelap kulit wajah secara lembut. Hindari menggosok-gosokan handuk pada wajah. Hal ini akan memberikan dampak yang tidak baik untuk kulit Anda. Lakukan secara perlahan saja, hingga kulit wajah kering.


Demikianlah ulasan terkait cara menghilangkan komedo dengan cangkang spirulina. Anda bisa mencobanya secara rutin. Pastikan dilakukan dengan memperhatikan kebersihan. Hasilnya pun akan lebih maksimal.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita