Download our available apps

Berbagai Cara Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah dengan Mudah

Pewarta - Prana Hikmat
Berbagai Cara Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah dengan Mudah
Foto oleh Dan Nelson dari Pexels

Sebenarnya, banyak situs yang dilarang menurut aturan pemerintah membuat masyarakat bingung untuk mengaksesnya. Tapi, masih ada beberapa langkah atau cara membuka situs yang diblokir pemerintah tersebut baik langsung lewat android maupun aplikasi pihak ketiga. Untuk itu, berikut informasi yang bisa dibaca serta dipahami:

1. Gunakan VPN

Carilah aplikasi Virtual Private Network (VPN) yang dapat diakses melalui android maupun komputer. Untuk android bisa mencarinya di Play Store. Ini sangat disarankan karena cara membuka situs yang diblokir pemerintah akan efektif jika menggunakan metode tersebut. Selain itu, cara kerja yang dipakai pun terbilang cukup aman untuk digunakan.

Secara singkat, VPN merupakan alat yang digunakan untuk menganalisa jalur internet serta melakukan perubahan pada alamat IP. Dengan kata lain, pelayanan dari aplikasi ini bertujuan membuat aktivitas internet pengguna sepenuhnya jadi tanpa nama. Sehingga penyedia internet pun tidak akan bisa melacak pergerakan dan rangkaian aktivitas saat digunakan.

2. Pakai Ekstensi VPN Google Chrome

Cara kedua, pengguna bisa memakai program ekstensi VPN yang disediakan oleh Google Chrome. Program yang satu ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna secara praktis dengan cara:

Akses Google Chrome cari menu Setting, klik More Tools dan pilih Extensions;

Saat di halaman utama Extensi, cari opsi Open Chrome Web Store yang terletak pada sebelah kiri bawah;

Cari nama dari ekstensi VPN yang akan dipakai oleh browser. Contoh yang biasa dipakai adalah NordVPN;

Klik hasil pencarian ekstensi yang dicari, selanjutnya pilih menu Add to Chrome di bagian pojok atas kanan; dan

Secara otomatis ekstensi pilihan akan tampil pada bagian toolbar pada Chrome. Klik fitur tersebut untuk mengaktifkan.

3. Gunakan ProxySite

Gunakan pelayanan situs proxy yang dapat dicari pada media browser yang ada di perangkat manapun. Karena, jika memakai aplikasi VPN kemungkinan besar tidak semua versi android bisa kompatibel, beda cerita jika menggunakan situs. Salah satu situs Proxy yang cukup terkenal adalah dari ProxySite, yang bisa diakses dengan cara:

Kunjungi situs ProxySite yang bisa di akses dengan cara memasukan alamat https://www.proxysite.com/;

Pilih negara yang ingin jadi pusat server untuk digunakan, letaknya pada menu Dropdown;

Tuliskan alamat Website atau situs URL terblokir pada kolom pencarian, klik menu Go; dan

Tunggu sampai halaman utama dari situs yang dituju berhasil ditampilkan.

4. Kelabuhi dengan Google Translate.

Untuk memakai cara ini, bukalah situs dari Google Translate, yang bisa dipakai menggunakan media browser yang ada. Bagi kebanyakan orang yang belum mengetahui cara membuka situs yang diblokir pemerintah ini, pasti tidak menyangkanya. Karena antara situs terblokir dan Google Translate sepintas memang tidak ada hubungannya. Tapi nyatanya, metode ini cukup efektif apabila digunakan.

Namun, kelemahannya yaitu hanya berlaku pada perangkat laptop maupun komputer saja, dan tidak berlaku pada android. Bila ingin menjalankannya, aka pengguna harus mengganti bahasa tampilan saja ke selain bahasa Indonesia. Jika sudah, bisa langsung digunakan untuk membuka situs terblokir yang ingin dikunjungi.

5. Buka dengan Menggunakan Alamat IP

Langkah ini merupakan solusi terakhir untuk membuka situs yang terblokir, meskipun terkesan agak sulit tapi perlu dicoba. Selain itu, ada beberapa aplikasi lain yang perlu digunakan, seperti Command Prompt. Untuk cara membuka situs yang diblokir pemerintah dengan alamat IP bisa melakukannya seperti berikut:

Masuk Google Chrome atau browser lain.

Akses Website dari situs yang diblokir.

Salin alamat situs tersebut, biasanya terdapat di bagian kolom atas halaman.

Buka aplikasi Command Prompt, caranya dengan mengetik namanya pada kolom sebelah tombol Start.

Tempel alamat situs yang sudah disalin ke Command Prompt, klik Enter dan secara otomatis akan tertera beberapa nomor. Kemudian pakai nomor atau alamat IP tersebut untuk digunakan pada browser.

Demikianlah informasi yang dapat diberikan mengenai cara membuka situs yang diblokir pemerintah secara praktis. Meski cara ini bisa jadi solusi, namun sebaiknya tetap ingat untuk memakai internet secara bijak. Agar perangkat teknologi tersebut dapat lebih bermanfaat dan tidak mengakibatkan dampak buruk.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita