Download our available apps

Beginilah Cara Agar Download di Playstore Masuk ke SD Card Samsung J2 Prime yang Ampuh

Pewarta - Prana Hikmat
Beginilah Cara Agar Download di Playstore Masuk ke SD Card Samsung J2 Prime yang Ampuh
Foto oleh Ono Kosuki dari Pexels

Masalah yang kerap dihadapi oleh pengguna Samsung J2 Prime adalah penuhnya memori internal. Sehingga biasanya, untuk pengguna yang kerap melakukan penginstalan aplikasi, menggunakan SD card untuk menyiasati. Tahukah bagaimana cara agar download di Playstore masuk ke SD card Samsung J2 Prime? Baiknya perhatikan ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya!

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jenis cara pertama yang banyak dipakai oleh pengguna Samsung J2 Prime ialah memanfaatkan keberadaan aplikasi pihak ketiga. Di antaranya aplikasi yang marak dipergunakan tersebut antara lain:

1. Pakai Link2SD

Cara pertama yang bisa pengguna manfaatkan ialah dengan memakai aplikasi Link2sd. Aplikasi ini akan membantu untuk menempatkan aplikasi yang sudah terinstal ke SD card. Selain itu, untuk aplikasi yang akan di download setelahnya, juga akan secara otomatis masuk ke SD card J2 Prime.

Namun hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan aplikasi ini adalah HP Samsung J2 Prime pembaca sebelumnya sudah di root. Karena aplikasi Link2sd akan bekerja lebih maksimal bila HP sudah di root sebelumnya. Fitur-fitur dalam aplikasi ini terbilang lengkap, sehingga ampuh digunakan sebagai cara agar download di playstore masuk ke sd card Samsung J2 Prime.

2. Gunakan Move app to SD Card

Selanjunya, aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu pembaca dalam memasukkan aplikasi yang terinstal ke SD card adalah dengan menggunakan Move App to SD Card. Aplikasi ini juga terbilang sangat mudah digunakan, selain itu juga bisa memindahkan dua aplikasi secara bersamaan ke dalam SD card yang diinginkan.

Dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti ini, proses memasukan aplikasi yang terinstal ke dalam SD card akan berjalan lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Di samping juga akan mengurangi kesalahan dalam pengerjaannya, sehingga data yang tersimpan di dalam HP tetap aman. Alternatif menggunakan Move App to Dd Card bisa dijadikan pilihan bagi pembaca yang kebingungan.

3. Manfaatkan App2SD Move app to SD card

Aplikasi selanjutnya yang tidak kalah ampuh digunakan sebagai cara agar download di Playstore masuk ke SD card Samsung J2 prime dengan mudah adalah app2SD move to SD card. Jenis aplikasi ini punya sistem kerja yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya. Penggunaannya pun sangat mudah dan dapat langsung diterapkan ke HP pengguna.

Kelebihan aplikasi ini adalah dilengkapi dengan fitur yang dapat digunakan untuk menghapus cache aplikasi. Dengan adanya fitur ini, pembaca tidak perlu lagi menghapus cache secara manual sehingga sisa kapasitas memori akan bekerja lebih optimal. Lain daripada itu, melalui aplikasi ini secara otomatis pengguna dapat langsung memindahkan semua aplikasi yang diinstal dalam waktu cepat.

Memakai Pengaturan Google Chrome

Selain menggunakan tiga rekomendasi di atas, maka untuk menghindari memory J2 Prime yang penuh, bisa disiasati dengan mendownload aplikasi via Google Chrome. Hal ini bisa dilakukan dengan dua langkah, yakni:

1. Siapkan SD Card dengan Kapasitas Layak

Hal pertama yang harus disiapkan oleh pengguna ialah jenis SD Card yang akan dipergunakan sebagai penyimpanan tambahan. Sebaiknya pilih yang berkualitas bagus agar dapat digunakan untuk menyimpan aplikasi secara optimal. Selain itu, perhatikan juga ukuran kapasitasnya agar kompatibel dengan perangkat J2 Prime.

2. Unduh Aplikasi

Bila SD Card sudah dipasang, maka selanjutnya pengguna tinggal melakukan pengunduhan aplikasi hanya melalui browser Google Chrome. Namun sebelum itu, harus lebih dahulu melakukan pengaturan penyimpanan yang ada pada perangkat. Yakni dengan mengganti prioritas penyimpanan ke mode SD Card. Setelah itu, setiap aplikasi yang terunduh via browser otomatis tersimpan di SD Card dan bukan di internal.

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa pembaca gunakan sebagai cara agar download di Playstore masuk ke SD card Samsung J2 Prime. Bagaimana? Rekomendasi cara yang telah disebutkan, cukup mudah untuk diterapkan bukan? Jadi tunggu apalagi segera terapkan agar memory pada J2 Prime dapat diamankan!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita