Download our available apps

Ciri-ciri Burung Pentet Jantan Yang Paling Banyak Dicari Penggemar Burung

Pewarta - Prana Hikmat
Ciri-ciri Burung Pentet Jantan Yang Paling Banyak Dicari Penggemar Burung
Burung Pentet Jantan

BLOG OSCAS - Ciri ciri burung pentet jantan memang lumayan susah untuk dicari perbedaannya karena perawakannya sekilas tampak sama dengan burung betina. Sehingga banyak yang akhirnya salah pilih saat membeli burung pentet jantan ini di pasaran. Padahal kalau dicermati dengan benar akan dapat diketahui dengan mudah.


Burung pentet jantan dicari oleh banyak pecinta burung kicau karena karena keistemawaannya yang unik. Yaitu mempunyai irama kicauan yang indah juga suara yang bervariasi. Sementara ciri khas yang dimiliki burung pentet betina adalah sangat piawai saat menirukan suara pentet pejantan dengan bagus.


Terkenal sebagai burung yang sangat keras dalam menjaga teritorialnya, sehingga burung pentet merupakan salah satu burung petarung yang unggul. Karakter itu jugalah yang membuat banyak orang mengagumi dan menginginkan burung pentet ini sebagai piaraan.


Karena terbiasa menjaga wilayahnya dengan baik, burung pentet mempunyai karakter yang cukup keras dan galak. Itulah sebabnya ia sering menggigit tangan manusia yang tak dikenalnya karena merasa terancam. Namun setelah akrab dan lama-lama terbiasa, pentet juga bisa menjadi jinak dan manja kepada pemiliknya.


12 Cara Membedakan Burung Pentet Jantan


Burung ini memiliki kelebihan pada bunyi kicaunya yang unik dan variatif. Sehingga menjadi incaran banyak penggemar yang menyukai suaranya. Apalagi suaranya yang melengking tinggi sangat enak didengar karena nadanya yang cukup harmonis. Mungkin ini adalah salah satu alasan kenapa banyak orang yang rela menghadapi sifatnya yang galak dan ganas tersebut demi kicauannya.


Burung pentet termasuk burung yang kecil karena tubuhnya hanya berukuran antara 20 hingga 25 cm saja dengan ciri khas yang paling jelas dilihat adalah pada paruhnya yang mengait. Selain itu juga bagian kepalanya. Pentet jantan memiliki kepala yang memiliki warna hitam pekat sementara yang betina warnanya lebih kusam dan cenderung ke abu-abuan.


Beberapa penggemar burung juga meyakini bahwa mengetes jenis kelamin dengan cincin cukup akurat. Caranya mudah, dengan mengikat cincin emas pada tali sepanjang 15 sampai 20 cm kemudian gantungkan di atas kepala cendet kira-kira 3 hingga 5 cm saja.


Setelah itu perhatikan dengan cermat gerakan cincin emas yang ditali tersebut. Jika cincin emas yang digantung geraknya memutar, diyakini kalau pentet tersebut berkelamin betina. Sementara pada pentet jantan gerakan cincin tersebut akan kearah maju atau mundur.


Namun banyak juga yang berpendapat metode tadi tidak masuk akal karena ketika tangan pemilik bergerak sedikit saja maka hasil pengujian bisa berubah. Sehingga cara ini masih cukup membingungkan, untuk itulah orang lebih menyukai dengan memperhatikan ciri-ciri yang terdapat pada burung seperti dibawah ini.


1. Memiliki Sorot Mata Yang Tajam


Keistemewaan yang terdapat pada Pentet jantan yang tak kalah menarik adalah pada bagian matanya. Memiliki sorotan mata yang tajam yang menakutkan bagi burung lainnya. Ditambah lagi dengan bulatan matanya yang menonjol seperti sedang melotot. Sementara burung pentet betina sorot matanya lebih sayu dan terlihat lembut.


2. Memiliki Paruh Yang Tebal Dan Panjang


Pada umumnya burung pentet jantan memiliki paruh yang lebih panjang dibandingkan pentet betinanya. Selain paruhnya panjang juga lebih tebal pada bagian ujungnya tidak seperti burung pentet betina yang biasanya memiliki paruh lebih tipis daripada yang jantan.


3. Memiliki Bentuk Kepala Lebih Besar


Pada umumnya bentuk kepala burung pentet jantan tampak lebih besar dengan bentuk yang datar atau ceper di bagian atasnya yang terlihat rata. Dilengkapi dengan bulu yang berwarna hitam pekat diatas kepala. Sehingga sekilas penampilan dari burung pentet jantan terlihat lebih garang dan seram dibandingkan yang betina.


4. Memiliki Ekor Yang Berwarna Hitam Lebam


Untuk menandai burung ini juga bisa dilihat dari warna ekornya, karena pada umumnya burung pentet jantan memiliki warna hitam yang tegas dan lebih tajam. Sementara pendet betina memiliki ekor yang warnanya cenderung kusam dan pudar. Panjang ekor burung pentet jantan juga memiliki perbedaan yang jelas, karena pada pejantan ekornya akan lebih panjang daripada betinanya.


5. Memiliki Postur Tubuh Yang Ramping Dan Proporsional


Postur tubuh burung pentet jantan juga sangat jauh berbeda dengan pentet betina. Biasanya postur tubuh pentet jantan lebih ramping sehingga terlihat lebih proporsional dan cantik. Tubuh pentet jantan yang tegap dan gagah juga menandakan bahwa pentet jantan tersebut akan lebih sering menang saat diadu.


6. Memiliki Supit Udang Panjang Dan Keras


Burung pentet jantan biasanya mempunyai supit udang yang terlihat memanjang, saat diraba teksturnya terasa lebih keras dan rapat. Selain itu ukurannya juga lebih kecil dibandingkan dengan supit udang Pentet betina yang lebih besar dan lebih pendek dan juga lebih lunak.


7. Memiliki Warna Bulu Yang Mencolok


Warna bulu pada burung pentet juga memiliki perbedaan yang bisa dijadikan acuan untuk mencari burung jantan. Karena bulu pada Pentet jantan memiliki warna yang mencolok dan terlihat jauh lebih cerah dibandingkan yang betina.


Selain bulu warna yang cukup mencolok, bulu yang tumbuh di tulang pubis burung pentet jantan memiliki ciri khas tidak rapi, atau tidak beraturan. Sementara pada pentet betina lebih rapi dengan warna yang tidak terlalu terang, sehingga kesannya lebih lembut.


8. Memiliki Perilaku Yang Gesit Dan Lincah


Karena terbiasa tinggal di alam liar yang bebas biasanya secara naluri burung pentet jantan memiliki gerakan yang gesit. Sebagai salah satu burung jenis fighter yang tangguh, keistimewaan lain burung jantan ini juga lebih lincah dibandingkan yang betina. Diiringi dengan nafsu makan pada burung pejantan yang juga lebih besar.


Ketika ada burung lain yang berkunjung ke wilayahnya dan sedang numpang makan. Burung pentet biasanya akan langsung bersikap tidak ramah dan berusaha mengusir burung tersebut dari wilayahnya. Tak jarang burung penten jantan akan bertarung mati-matian demi mengusir burung tersebut pergi.


9. Memiliki Penampilan Yang Gagah


Pada umumnya burung pentet jantan terkenal memiliki penampilan yang tegap dan gagah. Apalagi warna bulu yang dimilikinya sangat menarik dengan warna hitam legam yang terlihat elegan. Dipadu dengan warna bulu lainnya menambah indahnya penampilan burung kicau yang satu ini. Membuatnya menjadi salah satu primadona burung kicau yang diminati banyak orang.


10. Memiliki Kemampuan Beradaptasi Yang Tinggi


Keistimewaan lain yang disukai banyak orang adalah kemampuannya yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya yang baru dengan cepat. Meskipun karakter khasnya cukup galak dan liar, namun ternyata dapat dijinakkan dengan mudah. Sehingga lebih mudah dilatih dan dibentuk dengan berbagai perawatan khusus.


11. Memiliki Kemampuan Menirukan Suara Burung Yang Lain


Keunikan lain yang cukup keren adalah kemampuan burung pentet jantan untuk menirukan suara burung lain dengan sangat mirip. Hal ini karena burung pentet jantan memiliki daya ingat yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan burung pentet yang betina.


12. Memiliki Kicauan Yang Berkualitas


Nah ini adalah salah hal yang paling mudah dibedakan dari kedua jenis kelamin burung ini. Karena sebagai burung kicau unggulan maka burung pentet jantan memiliki kualitas kicauan yang jauh lebih baik. Kicau yang nyaring dengan variasi beragam yang sangat merdu, sementara burung pentet betina tidak memiliki keunggulan ini.

BACA JUGA :

13 Ciri Ciri Burung Anis Merah Jantan Yang Bisa Dipercaya Kebenarannya


Beberapa ciri-ciri burung pentet jantan tadi bisa dijadikan pedoman saat sedang membeli burung pentet jantan dari toko agar tidak salah pilih. Setelah menemukan burung jantan unggulan maka langkah selanjutnya adalah perawatan yang benar agar dapat berkicau dangan gacor.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita