Download our available apps

7 Ciri-ciri Burung Murai Medan Yang Asli Pecinta Burung Wajib Tahu!

Pewarta - Prana Hikmat
7 Ciri-ciri Burung Murai Medan Yang Asli Pecinta Burung Wajib Tahu!
Foto : Burung Murai

BLOG OSCAS - Burung murai adalah salah satu burung kicau yang memiliki suara yang merdu dengan penampilan yang indah. Ini dikarenakan warna warni di tubuhnya yang memiliki ciri khas unik yang berbeda dengan burung kicau lainnya. Ciri-ciri burung murai medan yang bagus sering dicari oleh pemain pemula yang belum memiliki banyak jam terbang di dunia kicaumania.


Burung yang habitatnya ada di Asia dan Afrika ini banyak ditemukan di Indonesia. Burung Murai ini di Indonesia ada banyak jenis seperti murai medan, murai nias, murai jawa, murai kalimantan, murai lampung dan juga murai malaysia.


Semuanya memiliki keunggulannya sendiri-sendiri, namun yang paling menjadi incaran adalah murai medan. Sehingga populasinya di pasaran semakin sedikit sehingga banyak orang yang kurang paham sering tertipu saat ingin membeli burung murai mendan ini.


7 Ciri-ciri Burung Murai Medan Asli


Sebenarnya burung murai medan ini adalah salah satu hewan yang dilindungi karena populasinya yang semakin sedikit di alam liar. Namun peminat burung ini masih tetap banyak karena suara kicauannya yang merdu dengan kualitas tinggi. Sehingga sering dipakai untuk ikut-ikut dalam perlombaan.


Sebenarnya murai medan yang paling berkualitas adalah yang didapatkan dari hutan, namun tentu saja lebih mahal karena sangat sulit bisa menangkap burung dari alam liar secara langsung. Selain suaranya yang merdu pesona burung ini terdapat pada bentuk tubuhnya yang mungil tapi tampak gagah dengan ekornya yang panjang menjuntai bahkan bisa mencapai 55 cm.


Karena pada habitat aslinya jauh di pelosok hutan maka tentunya tidak banyak burung ini di pasaran. Ketika ingin membeli jenis burung murai medan yang asli maka sebaiknya memahami benar ciri-cirinya dibawah ini agar tidak tertipu.


1. Memiliki Postur Tubuh Yang Lebih Besar Dan Ekor Yang Panjang Dibanding Jenis Murai Lain


Burung murai medan asli memiliki postur tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis murai lain seperti murai jawa atau murai kalimantan. Tubuhnya yang besar terlihat gagah, terutama saat bertengkar. Tak hanya cantik namun juga eksotis.


Ditambah lagi ekornya yang cantik menjuntai membuatnya makin menawan sebagai burung peliharaan. Hanya dengan melihatnya sekilas sebenarnya perbedaan postur tubuh ini akan sangat mudah dibedakan dari jenis yag lain.


Tak semua burung murai memiliki ekor yang panjang, murai bordan dan murai Filipina memiliki ekor yang pendek. Ekor murai medan dewasa memiliki panjang antara 35 cm sampai 55 cm, sangat keren saat dipakai menari untuk menarik perhatia lawan jenisnya. Panjang ekornya bisa dipakai untuk menyentuh kepala.


Namun membedakannya satu persatu memang lebih susah kalau tanpa perbandingan. Namun ketika dicermati dengan sungguh-sungguh ekor pada murai medan akan membentuk huruf U. Perhatikan saat burung sedang diam, ekornya akan melebar membentuk huruf U ketika tidak sedang naik.


2. Memiliki Bentuk Kepala Yang Indah


Ciri-ciri lain yang cukup mudah untuk menandai burung murai medan adalah dengan melihat pada bentuk kepalanya yang memikat. Keunikan yang khas dan jauh berbeda dengan burung murai dari jenis lainnya. Pada umumnya bentuk kepala burung murai lebih kecil dibandingkan dengan tubuhnya.


Namun Murai medan memiliki kepala yang besarnya seimbang dengan bentuk tubuhnya, tampak proporsional. Ditambah lagi dengan ekornya yang juga panjang membuat komposisi yang pas antara kepala, tubuh dan ekor. Keindahan burung ini akan terlihat dengan jelas saat sedang dalam posisi berdiri. Kepalanya di tegakkan, sehingga nampak gagah sekaligus cantik, sangat keren untuk dijadikan burung hias ataupun saat sedang dilombakan.


3. Memiliki Warna Hitam Legam yang Solid


Warna hitam legam merupakan ciri khas dari burung murai, warna yang mendominasi pada keseluruhan penampilannya. Sekilas tampak sama dengna warna hitam yang terdapat pada burung kucica, namun ketika diperhatikan warna hitam pada murai lebih eksotis dan tampak mengkilat.


Apalagi kalau terkena sinar matahari, memunculkan kilatan warna yang sangat cantik. Cahaya matahari membuat warna bulunya terlihat hitam ke biru-biruan yang unik sekali. Keunikan ini jugalah yang membuat harga burung murai medan ini menjadi mahal di pasaran.


Selain warna yang unik, kondisi bulu burung yang sehat dan tidak rontok adalah ciri burung murai medan yang bagus dan dapat dijadikan jagoan perlombaan. Selain itu kalau hendak digunakan untuk indukan juga pertanda burung dewasa ini sudah matang.


4. Memiliki Motif Strip Putih Pada Ekor


Ciri lain yang tak kalah unik dari murai medan batu adalah pada bagian ekornya, selain berbentuk U juga memiliki motif khusus yang bisa ditandai. Meskiupun lebih dominan warna hitam legam, pada murai batu akan terdapat strip berwarna putih yang menghiasi ekornya yang indah.


Strip putih ini bisa dilihat dari sebelah kanan maupun sebelah kiri pada ekor. Karena jumlah bulu ekornya ada empat maka strip putih yang terbentuk juga berasal dari empat bulu tersebut. Strip putih tersebut terlihat jelas meskipun hanya dengan melihatnya sekilas. Berbeda sekali dengan murai lain yang strip putihnya tersembunyi di bagian dalam sehingga tidak nampak. Bahkan ada juga yang hitam legam polos tanpa strip putih sama sekali.


5. Memiliki Kombinasi Warna Yang Menawan



Murai medan memiliki kombinasi warna bulu yang cantik dan unik, membuat para penggemar burung jatuh cinta. Pada umumnya warna coklat tua atau hitam keabu-abuan terdapat pad bagian dadanya secara dominan. Kemudian warna hitam yang pekat terdapat pada lehernya.


Ciri warna ini adalah pertanda yang cukup mudah dilihat dengan jelas, tanpa perlu kecermatan memperhatikan. Karena dada dan leher adalah bagian yang dapat dilihat tanpa harus menyentuhnya. Sementara warna kepalanya biasanya didominasi warna hitam peklat.


6. Memiliki Warna Kaki Yang Lebih Gelap


Warna kaki merupakan salah satu ciri khas yang juga sangat menarik dari burung murai medan. Namun warna pada kaki pada burung murai akan mengalami perubahan saat masih anak-anak menuju dewasa.


Biasanya saat beranjak dewasa warna kaki burung murai cenderung merah kehitaman. Selain itu juga akan mulai tumbuh sisik yang mirip dengan buah belimbing yang membuat cakar terlihat bertekstur kasar. Meskipun warna merah kehitamannya tetap bertahan dan terlihat makin eksotis.


Sementara pada murai medan anakan, tekstur kakinya lebih halus dan terlihat lembut. Dengan warna merah yang lebih pekat. Selain merah kehitaman warna kaki murai medan dewasa juga ada yang tampak merah kecokelatan.


Ketika menginginkan murai medan yang tampilannya tampak garang dan ganas disarankan memilih yang kakinya merah kehitaman atau hitam. Dan ketika menginginkan yang tampilannya terlihat unik lebih baik memilih yang merah kecokelatan karena kesannya lebih lembut.


7. Memiliki Kicauan Yang Panjang Dan Keras


Hal yang paling unik lainnya adalah terletak pada kicauannya yang mudah dikenali. Murai medan asli saat berkicau akan menghasilkan suara yang panjang dan keras. Dengan intonasi unik yang khas, mampu berkicau secara terus menerus dengan durasi yang lama.


Karena itulah burung ini sangat cocok untuk dijadikan master guna melatih burung lain agar menang lomba. Selain durasi yang panjang suara kicauan murai medan juga sangat unik dan khas.

BACA JUGA :

8 Ciri Burung Sirtu Jantan Yang Harus Diketahui Penggemar Burung Kicau


7 ciri-ciri burung murai medan yang asli tadi sangat akurat untuk menandai saat memilih burung jenis langka ini. Karena harganya yang lumayan mahal diatas satu juta, maka rugi rasanya kalau sampai tertipu.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita