Download our available apps

Ini Dia 7 Cara Menghadapi Orang Marah Dalam Islam

Pewarta - Prana Hikmat
Ini Dia 7 Cara Menghadapi Orang Marah Dalam Islam
Ilustrasi : Orang Marah

BLOG OSCAS - Dalam interaksi sehari-hari manusia, pasti ada percikan-percikan permasalahan yang menimbulkan emosi dan marah. Jika kamu sering mengalaminya, berikut cara menghadapi orang marah dalam Islam.

Islam adalah agama yang menjunjung tinggi perdamaian sehingga menyelesaikan masalah dengan baik-baik itu sangat dianjurkan. Oleh karena itu, langsung saja kita bahas satu per satu.

Cara Menghadapi Orang Marah Dalam Islam


1. Jangan ikut emosi


Hal paling mendasar untuk menghadapi orang yang marah adalah mengendalikan emosi diri sendiri sehingga tidak ikut marah. Karena jika kamu ikut marah maka hanya akan memperparah masalah. Tidak ada untungnya bagi kedua sisi.

2. Berikan kesempatan ia marah dan meredakan emosi


Jika ia terus-terusan marah, berikanlah waktu untuk menjelaskannya dan meredakan emosi. Setelah ia terdiam dan merasa lega, barulah kamu ajak ia berbicara secara baik-baik. Hal apa yang membuatnya marah. Jika karena kamu, segeralah meminta maaf dan jelaskan yang sebenarnya terjadi.

3. Bantu meredakan amarah


Meredakan amarah bisa dengan kata-kata yang lembut atau sentuhan tangan seperti mengusap pundak atau punggungnya dan menggenggam atau memegang tangannya. Hal ini ampuh bisa membuat orang yang marah menjadi lebih rileks dan tenang.

4. Lihat dari berbagai sudut pandang


Cobalah pahami mengapa orang tersebut bisa marah. Lalu kamu berusaha mengerti ia dengan mendengarkan terlebih dahulu apa yang ia bicarakan. Jika ia terus menerus tanpa henti tetap marah, kamu bisa tanyakan padanya bagaimana detailnya.

Orang yang marah biasanya butuh seseorang untuk mengerti dirinya.

5. Suruh ia ber wudhu


Cara menghadapi orang marah dalam Islam selanjutnya ialah suruh ia ber wudhu. Meredakan amarah bisa juga dengan siraman air yang segar dan sejuk.

Rasulullah pernah bersabda “Sesungguhnya amarah itu dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudhu".


BACA JUGA :

5 Cara Menghadapi Orang Bermuka Dua Dalam Islam


Demikianlah cara menghadapi orang marah dalam Islam yang benar. Pastikan kamu juga tidak tersulut emosi dan memperparah keadaan. Semoga bermanfaat!


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita