Download our available apps

3 Cara Menghadapi Orang Tua Matre Dengan Bijak

Pewarta - Prana Hikmat
3 Cara Menghadapi Orang Tua Matre Dengan Bijak
Ilustrasi : Orang Tua Matre

BLOG OSCAS - Mau bagaimanapun namanya orang tua patut dihormati. Namun, bagaimana jika sifatnya melampaui batas? Seperti toxic, matre, memojokkan, serta segala hal yang merusak mental anak.


Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara menghadapi orang tua matre dengan mudah dan bijaksana. Memberikan sebagian gaji kita kepada orang tua memang dianjurkan. Namun, jika orang tua selalu menuntut sehingga keadaan perekonomian Anda tidak stabil. Coba saja lakukan hal ini.


Cara Menghadapi Orang Tua Matre


1. Lebih sabar


Bagaimanapun juga orang tua adalah seseorang yang telah mendidik dan membesarkan Anda. Jadi, alangkah baiknya Anda sedikit sabar dengan tetap bersikap baik dan menghormatinya. Dengan begitu hati dan pikiran Anda akan lebih tenang.


2. Bicarakan baik-baik


Memang tidak mudah untuk membicarakannya. Namun, agar orang tua lebih memahami kondisi Anda, maka mulailah membicarakannya secara baik-baik. Justru jika Anda tiba-tiba menjauhi orang tua maka akan menambah masalah.


Utarakanlah isi hati Anda, mengapa Anda tidak bisa selalu memberi orang tua Anda uang. Misalnya, jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak. Jelaskan bahwa gaji Anda juga dialokasikan untuk kebutuhan rumah tangga, membayar spp anak, hingga untuk makan sehari-hari.


Dengan begitu orang tua akan sedikit mengerti dan memahami Anda. Jangan lupa katakan sejujurnya berapa gaji Anda biar mereka semakin memaklumi.


3. Bersikap tegas


Tegas bukan berarti kasar ya. Anda bisa menegaskan kepada orang tua bahwa Anda tidak bisa terus terusan begini seperti memberi orang tua uang belanja tetap tiap bulan. Katakan pada mereka, jika Anda mendapat rizeki tambahan maka uang yang diberikan pada orang tua juga sedikit bertambah.


Namun, jika rizeki Anda pas-pasan atau cenderung kurang. Minta maaflah bahwa kali ini belum bisa memberikan uang kepada mereka. Mereka sebagai orang tua pasti mengerti kok, asalkan Anda membicarakannya secara tegas dan meyakinkan.

BACA JUGA :

Cara Menghadapi Orang Tua Egois dan Pemarah Dengan Bijak


Nah, itu dia beberapa cara menghadapi orang tua matre dengan bijak. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita