Download our available apps

Cara Menghadapi Orang yang Depresi Dengan Mudah

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghadapi Orang yang Depresi Dengan Mudah
Ilustrasi : Orang Depresi

BLOG OSCAS - Tak bisa dipungkiri, semua orang bisa mengalami depresi. Bahkan Anda atau orang di sekitar Anda. Lalu, bagaimana cara menghadapi orang yang depresi agar bisa menenangkannya? Simak artikel ini sampai akhir ya.


Depresi adalah kondisi gangguan suasana hati yang bisa menyebabkan suasana hati dan rasa minat menjadi hilang terus menerus. Nah, untuk menghadapinya. Lakukan cara di bawah ini.


Cara Menghadapi Orang Depresi


1. Cari tahu informasi tentang depresi


Saat ini banyak sumber terpercaya yang bisa Anda baca untuk mengetahui lebih dalam tentang depresi. Di lansir dari Healthline, seseorang yang depresi cenderung tidak terbuka tentang gangguan jiwa yang dialaminya. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mencari tahu lebih lanjut tentang depresi.


Membaca jurnal, artikel tentang depresi bisa membantu Anda mengetahui gejala depresi, penyebab dan cara menenangkannya. Dari sana Anda akan memahami perasaan orang yang depresi secara pelan-pelan.


2. Dengarkan cerita mereka


Banyak orang tidak memiliki tempat bercerita yang nyaman sehingga ia memendamnya seorang diri. Alhasil, beban menjadi menumpuk dan depresi. Sebagai orang terdekat, Anda bisa mendengarkan semua cerita mereka tanpa menghakimi atau mencela omongan mereka.


Dengarkan semua ceritanya, cermati dan buat mereka senyaman mungkin. Jangan mendesak mereka untuk cepat memberitahu Anda karena itu hanya terkesan kepo bukan peduli. Dengarkan saat mereka bercerita lalu berilah saran saat mereka meminta.


3.    Ajak dia menjalani kegiatan tanpa memaksanya


Cara menghadapi orang yang depresi selanjutnya ialah ajak bermain atau berkegiatan tanpa paksaan. Anda bisa mengajaknya mengunjungi tempat yang damai dan sejuk seperti piknik. Buatlah suasana hatinya senang. Namun pastikan Anda sudah mendapatkan persetujuan mereka.


Menggunakan paksaan hanya membuat hati mereka tambah jengkel dan kesal.


4.    Terus ajak komunikasi


Ada baiknya jika Anda menjaga komunikasi yang baik dengan seseorang yang mengalami depresi. Pastikan Anda tidak mendiamkan mereka karena malas atau kesal tak mendapat jawaban. Jika posisi Anda berjauhan, Anda bisa selalu mengirim pesan bertanya kabarnya dan menyemangatinya.


Demikianlah beberapa cara menghadapi orang yang depresi dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita