Download our available apps

8 Cara Mengatasi HP Patah Patah Saat Main Game Free Fire untuk Pemula

Pewarta - Prana Hikmat
8 Cara Mengatasi HP Patah Patah Saat Main Game Free Fire untuk Pemula
Foto oleh Josue Ladoo Pelegrin dari Pexels

Masalah serius yang paling dibenci pemain game adalah HP mengalami lag saat sedang digunakan, salah satunya seperti saat main game Free Fire. Fitur-fitur di dalam game yang selalu ada update membuatnya terasa berat untuk sebagian smartphone. Sehingga pengguna perlu cara mengatasi HP patah patah saat main game Free Fire agar dapat bermain dengan nyaman. Ingin tahu informasi jelasnya? Ikuti saja ulasan ini!

1. Matikan Fitur Penghemat Baterai pada Smartphone

Fitur penghemat baterai pada smartphone memang cukup membantu dalam hal menghemat daya baterai, namun ternyata malah bisa mengakibatkan lag saat bermain game. Hal tersebut karena performa smartphone akan dibatasi, dan kekuatan sinyal menjadi berkurang ketika fitur ini diaktifkan. Masalah seperti ini tentu sangat mengganggu di dalam permainan.

2. Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi yang Muncul

Cara mengatasi HP patah patah saat main game Free Fire berikutnya adalah mematikan pemberitahuan dari aplikasi di smartphone. Munculnya notifikasi ketika di dalam permainan, membuat kinerja memori pada smartphone menjadi terbagi fokusnya dengan notifikasi tersebut. Sehingga pastikan matikan notifikasi aplikasi terlebih dahulu sebelum login ke dalam permainan.

3. Matikan Voice Chat

Fitur voice chat di dalam permainan memang akan sangat membantu berkomunikasi dengan tim, tapi jika sudah terjadi lag parah maka sebaiknya hentikan. Lalu cobalah beralih ke chat saja. Hal ini karena voice chat tersebut akan membuat kinerja smartphone semakin berat.

4. Aktifkan Force GPU Rendering

Smartphone yang digunakan akan dipaksa menjalankan grafiknya secara maksimal, apabila Foce GPU Rendering diaktifkan. Sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai cara terbaik untuk meminimalisir terjadinya lag dan permainan pun berjalan lancar. Simak cara mengaktifkannya di bawah ini:

Masuk ke Pengaturan smartphone dan pilih About Phone (Tentang Ponsel);

Selanjutnya klik Versi Smartphone yang sedang digunakan dan aktifkan Developer Option terlebih dahulu; dan

Cari pilihan Force GPU Rendering, kemudian aktifkan.

5. Sediakan Ruangan yang Cukup di Dalam Smartphone

Menyediakan ruangan cukup dapat dilakukan dengan cara menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan dan kurang penting. Hal ini perlu dilakukan supaya ruang penyimpanan dalam memori internal tidak terlalu penuh. Internal yang pernuh dapat berpotensi HP lag. Penghapusan ini juga lebih baik, bila disertai pembersihan cache yang terkumpul pasca pemakaian aplikasi.

6. Hindari Memainkan Free Fire Saat Sedang Mengisi Daya Baterai

Apabila saat sedang asyik bermain ternyata baterai habis, maka sebaiknya berhenti terlebih dahulu dan segera charge smartphone tersebut. Sebaiknya hindari pemakaian smartphone yang sedang diisi baterai. Hal ini dikarenakan bisa membuat smartphone overheat dan lebih cepat panas ketika memaksanya bermain sambil mengisi daya. Bahkan ponsel dapat rusak jika sering melakukannya.

7. Hindari Bermain Saat Cuaca Sedang Buruk

Jika sudah disebutkan cara mengatasi solusi secara internal saat HP patah patah saat main game Free Fire, cara berikutnya yaitu mengatasi gangguan yang berasal dari luar. Usahakan untuk tidak bermain game Free Fire pada saat cuaca sedang buruk, misalnya seperti hujan sangat deras dan sebagainya.

Jaringan internet pada umumnya menjadi tidak stabil ketika sedang hujan. Bahkan bisa terputus karena masalah petir / badai. Sehingga amati kondisi cuaca terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk login dan memainkan game Free Fire.

8. Lakukan Update OS (Operation System) atau Sistem Operasi

Sistem operasi sangat berperan penting di dalam sebuah smartphone. Sehingga apabila sistem operasi tersebut tidak dilakukan pembaruan, maka bisa membuat permainan Free Fire menjadi patah-patah atau lag. Sehingga lakukan pengecekan terhadapnya, apakah sudah memakai sistem operasi terbaru atau belum?

Rekomendasi cara mengatasi HP patah patah saat main game Free Fire tersebut bisa digunakan untuk membantu para pengguna khususnya yang masih pemula. Agar permainan menjadi lancar serta tidak ada hambatan. Jadi, sudah siapkah untuk menikmati keseruan dari game ini?

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita