Download our available apps

Kain Blacu adalah Jenis Kain Pembuat Tas, Ketahui Kelebihannya!

Pewarta - Prana Hikmat
Kain Blacu adalah Jenis Kain Pembuat Tas, Ketahui Kelebihannya!
Foto bahan blacu

Pada umumnya, masyarakat sangat familiar dengan berbagai jenis kain seperti kain katun atau sutera. Tapi pernahkah sekali saja Anda mendengar tentang kain blacu? Kain blacu adalah kain katun yang belum sampai pada tahapan akhir sehingga warna kainnya tidak seputih kain katun pada umumnya.


Kain blacu bisa digunakan untuk membuat berbagai benda baik yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun bisnis. Contoh barang dari kain blacu adalah kantung ponsel, tempat tisu, sarung bantal serta aneka busana. Anda bisa membuat satu atau keseluruhan produk dari kain blacu disesuaikan dengan keperluan.


Kelebihan Menggunakan Kain Blacu


Setiap kain memiliki keunggulan yang membuatnya disukai oleh banyak orang. Sebagai penggemar fashion, Anda wajib tahu kelebihan yang dimiliki dari kain blacu. Saat memahami informasi ini, kemudian Anda bisa memilih untuk menggunakan kain blacu untuk membuat barang yang tepat.


1. Bahannya Awet


Kain blacu merupakan salah satu kain yang memiliki tingkat kekuatan tinggi sehingga cenderung awet walaupun digunakan dalam waktu lama. Karena alasan itu pula, banyak orang yang memilih menggunakan kain blacu untuk membuat barang komersil.


Lebih lanjut lagi, kain blacu juga bisa diubah menjadi tas yang cantik. Anda bisa membuat berbagai produk dari kain blacu. Yang harus dilakukan cukup membuat desain dan model tas yang Anda inginkan dan butuhkan.


2. Warna Khas


Kain blacu memiliki warna yang sangat khas dan istimewa daripada kain lainnya sehingga Anda dapat membuat produk dari kain blacu dengan mudah. Meski demikian, Anda masih bisa menggunakan pewarna untuk memberikan gradasi warna berbeda.


Pemberian warna pada kain blacu juga bisa dilakukan dengan cara yang berbeda sehingga membentuk motif yang unik. Pastinya, Anda pernah lihat beberapa orang yang menjual tas dari kain blacu bukan? Jumlahnya jauh lebih banyak dari yang Anda bayangkan.


3. Ramah Lingkungan


Dari beberapa tas yang dijual di pasaran tidak semuanya ramah lingkungan. Namun khusus untuk tas kain blacu, produk ini ramah lingkungan sehingga cocok dengan karakter Anda yang ingin menjaga lingkungan dari global warming.


Kain blacu disebut sebagai kain yang ramah lingkungan karena proses pembuatan kainnya jauh lebih pendek dari kain lainnya. Bahan kimia yang digunakan untuk proses pembuatan kain blacu juga jauh lebih sedikit. Cobalah untuk melestarikan bumi tanpa meninggalkan trend fashion dengan produk dari kain blacu.


4. Fleksibel


Yang dimaksud dengan fleksibel adalah kain blacu yang dapat dibuat menjadi berbagai benda. Anda yang secara kebetulan membeli banyak kain blacu bisa membuatnya menjadi tas berkualitas. Sisa kain yang masih ada bisa dimanfaatkan menjadi produk lainnya.


Jika sisa kainnya hanya sedikit saja maka Anda bisa membuat dompet atau tempat pensil. Namun bila sisa kainnya cukup banyak manfaatkan untuk membuat produk yang berukuran lebih besar.


5. Tidak Menimbulkan Alergi


Kain blacu termasuk jenis kain yang aman untuk digunakan. Produk yang terbuat dari kain blacu tidak akan menyebabkan gangguan yang membahayakan penggunanya. Anda bisa membuat tas kain blacu atau produk lainnya sebanyak yang dibutuhkan bahkan memberikannya pada orang lain sebagai hadiah.


Penutup


Kain blacu adalah salah satu jenis kain yang paling sering digunakan dalam industri pembuatan tas. Jumlah industri atau perusahaan konveksi tas di Indonesia cukup banyak tapi yang paling populer adalah CV. Oscas Indonesia. Oscas memproduksi berbagai varian tas mulai dari yang berukuran kecil sampai besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita