Download our available apps

6 Cara Membuat Tas Laptop dari Kain Perca

Pewarta - Prana Hikmat
6 Cara Membuat Tas Laptop dari Kain Perca
Ilustrasi

Laptop merupakan salah satu barang berharga yang perlu dijaga keamanannya. Salah satu bentuk perlindungan yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasukkan laptop ke dalam tas laptop. Dewasa ini, tas laptop dari kain perca sedang sangat digandrungi oleh banyak orang,


Saking populernya, tidak sedikit orang yang berusaha untuk mencari tahu bagaimana cara membuat tas laptop dari kain perca yang baik dan benar. Dan setelah memahami langkah-langkahnya, tidak sedikit pula yang banting setir berjualan tas laptop kain perca.


Cara Membuat Tas Laptop dari Kain Perca

Tas laptop tidak bisa dibuat sembarangan. Model tas laptop biasanya mengikuti bentuk asli laptop yakni berbentuk persegi panjang dengan luas lebar lebih besar daripada panjangnya. Berikut ini tata cara membuat tas laptop dari kain perca yang baik dan benar


1. Persiapkan Alat dan Bahan


Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan segala perlengkapan dan bahannya terlebih dahulu. Beberapa bahan yang dibutuhkan di antaranya adalah kain perca, gunting, busa angin untuk menambah volume, ritsleting, jarum dan juga benang jahit.


Akan lebih baik lagi jika Anda memahami bagaimana cara menjahit yang baik menggunakan mesin jahit. Sehingga proses pembuatan tas laptop dari kain perca menjadi lebih mudah dan cepat.


2. Ukur Kain sesuai Ukuran Laptop


Cara membuat tas laptop dari kain perca selanjutnya adalah dengan mengukur kain perca dan busa kain seukuran laptop Anda. Namun, daripada memotong sama persis dari ukuran aslinya akan lebih baik jikalau Anda menambahkan beberapa sentimeter lagi.


Tambahan kain akan mencegah kekurangan kain saat Anda melakukan kesalahan. Ukur kain menggunakan meteran kain. Jika tidak memilikinya, Anda bisa memakai penggaris biasa.


3. Potong Kain dan Busa Kain


Sebagaimana tips sebelumnya, buatlah potongan kain dan busa kain lebih besar dari ukuran aslinya. Gunakan gunting yang tajam sehingga proses pemotongan berjalan dengan mudah dan cepat.


Pada dasarnya kualitas kain perca cukup baik namun ketebalannya belum memenuhi syarat keamanan tas laptop. Oleh karena itu, Anda masih membutuhkan busa kain untuk meningkatkankan ketebalannya. Semakin tinggi tingkat ketebalannya maka akan semakin baik dan aman untuk menyimpan laptop.


4. Jahit Busa Kain pada Kain Utama


Ambil busa kain dan jahit kain perca di kedua sisinya agar tampilan busa kain tidak tertangkap secara langsung oleh mata. Proses jahit bisa dilakukan secara manual dengan jarum dan benang biasa atau menggunakan mesin jahit.


Bila pada prosesnya, Anda tidak mampu melakukannya seorang diri maka mintalah bantuan dari penjahit profesional atau relasi yang memiliki kemampuan menjahit. Cukup sampaikan keinginan Anda secara mendetail pada profesional.


5. Jahit Ritseleting Tas


Beberapa tas memang tidak dibuat dengan ritseleting tapi khusus untuk tas laptop kain perca Anda membutuhkannya. Jahit ritseleting di bagian atas untuk memudahkan menutup dan membuka tas laptop.


Pilih ritseleting yang ukurannya cukup besar. Saat memilih ritsleting pastikan Anda memilihnya dengan benar. Tiap ritseleting memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Pilih ritseleting yang mudah dinaik dan turunkan.


6. Tas Laptop Kain Perca siap Digunakan


Setelah melalui tiap tahap di atas. Tas laptop dari kain perca pun siap untuk Anda gunakan. Tempatkan laptop pada bagian utama kemudian masukkan laptop charger di ruang berikutnya.


Penutup


Itulah beberapa cara membuat tas laptop dari kain perca yang bisa Anda ikuti. Prosesnya sangat mudah sama mudahnya seperti belanja tas di CV. Oscas Indonesia. Oscas menawarkan pembuatan tas berkualitas tinggi dengan desain trendy. Anda bisa belanja tas travel, ransel, tas selempang dan berbagai model tas keren lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita