Download our available apps

Ketahui Perbedaan Ukuran Jaket Lokal dan Luar

Pewarta - Prana Hikmat
Ketahui Perbedaan Ukuran Jaket Lokal dan Luar
Ilustrasi : Perbedaan Ukuran Jaket Lokal dan Luar

BLOG OSCAS - Jaket merupakan salah satu item fashion untuk jenis pakaian luar yang berfungsi melindungi tubuh baik dari cuaca dingin atau angin. Benda ini digunakan agar tubuh tetap nyaman dan hangat. Karena fungsinya untuk melindungi tubuh maka terus saja bahan yang digunakan harus benar-benar nyaman dan khusus.


Lain dari jaket adalah untuk penampilan agar lebih keren, gaya dan modis. Oleh karena itu ukurannya harus benar-benar pas untuk dikenakan. Perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan ukuran jaket lokal dan luar. Hal ini perlu Anda ketahui agar jaket yang dibeli benar-benar bisa menunjang penampilan dan terlihat lebih keren.


Jenis-jenis Jaket


Terdapat beberapa jenis jaket pria yang sering digunakan dan dijual seperti:
1.    Jaket Kulit
2.    Jaket Jeans atau Denim
3.    Jaket Parka
4.    Jaket Bomber
5.    Jaket Mantel
6.    Jaket Hoodie
7.    Jaket Windbreaker
8.    Jaket Training
9.    Jaket Varsity

Berbagai jenis jaket di atas tentunya berbeda bahan yang digunakan dalam pembuatannya. Mudahnya akses informasi melalui internet menjadikan beberapa orang lebih mudah mengetahui tentang fashion dunia. Bahkan banyak yang berminat dengan jaket yang diproduksi luar negeri. Namun terdapat perbedaan yang harus diketahui mengenai ukuran jaket baik produksi luar maupun lokal.


Standar Ukuran Jaket Pria di Indonesia


Anda perlu mengetahui tentang ukuran lebar dada (LD) juga panjang dari jaket tersebut. Dua ukuran tersebut merupakan standar untuk ukuran jaket di Indonesia. Beberapa pabrik atau toko menyebut LD sebagai lingkar dada. Yang membedakannya dengan lebar dada adalah jumlah angkanya.


Lingkar dada biasanya 2 kali dari lebar dada. Sebelum mengetahui perbedaan ukuran jaket lokal dan luar, Anda harus menentukan ukuran jaket yang bisa dilihat dari berat dan tinggi badan.


Jaket Size S


Bagi yang memiliki tinggi badan sekitar 150 sampai 165 cm dan berat badannya sekitar 40 hingga 55 kg maka bisa menggunakan ukuran jaket small atau size S. Size ini termasuk ukuran yang tepat untuk tubuh kecil.


Jaket Size M


Jika tinggi badan Anda 150 hingga 175 cm dan berat badan mencapai 50 hingga 60 kg maka ukuran jaket size medium atau m adalah pilihan tepat.


Jaket Size L


Ukuran ini cocok dikenakan bagi yang memiliki tinggi badan 160 sampai 185 cm. Sedangkan untuk berat badannya 55 hingga 75 kg apa yang cocok mengenakan jaket dengan ukuran large atau L.


Jaket Size XL


Ukuran XL atau extra large ini cocok dikenakan bagi yang memiliki tinggi badan 165 sampai 190 cm. Sedangkan berat badannya sekitar 65 sampai 90 kg.
Jika berat badan Anda naik 10 kg maka tentunya ukuran jaket yang akan digunakan pun naik satu tingkat di atasnya. Ukuran diatas merupakan standar dan umum digunakan oleh produsen garmen yang ada di Indonesia. Beberapa produsen terkadang menetapkan standar ukuran tersendiri sesuai dengan produk jaket.


Standar Ukuran Jaket Luar Negeri


Perbedaan ukuran jaket lokal dan luar kerap mengundang rasa penasaran apalagi bagi yang ingin berbelanja produk luar negeri. Hal ini tentunya memang perlu diperhatikan karena terdapat perbedaan ukuran dengan standar ukuran jaket di Indonesia.


Di luar negeri sendiri ada yang menggunakan ukuran SML dan XL ada pula yang memakai angka sebagai ukurannya. Berikut perbedaan ukuran jaket luar dengan di Indonesia:


- Ukuran Jaket Luar


S = 55 cm x 70 cm
M = 60 cm x 73 cm
L = 63 cm x 73 cm
XL = 66 cm x 74 cm


- Ukuran Jaket Indonesia


S = 48 cm x 62 cm
M = 51 cm x 65 cm
L = 53 cm x 66 cm
XL = 55 cm x 68 cm
2XL = 58 cm x 71 cm


Ukuran diatas merupakan ukuran yang secara umum digunakan. Ada pula ukuran USA dan Eropa yang ternyata berbeda. Ukuran jaket USA lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran di Eropa.


BACA JUGA :

Inilah Ciri-Ciri Jaket The North Face Original, Harus Tahu!


Itulah perbedaan ukuran jaket lokal dan luar yang perlu Anda ketahui sebelum membeli yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita