Download our available apps

7 Ciri-Ciri Celana EMBA Asli Yang Mudah Dipahami Oleh Pembeli

Pewarta - Prana Hikmat
7 Ciri-Ciri Celana EMBA Asli Yang Mudah Dipahami Oleh Pembeli
Gambar dari Google

BLOG OSCAS -  Ciri-ciri celana EMBA asli sering tidak diketahui oleh penggemar celana jeans ini sendiri. Mungkin karena tidak tahu sehingga banyak juga yang tertipu oleh barang palsu. Padahal ada beberapa ciri-ciri atau tanda yang mudah untuk dikenali saat sedang membeli.

Maklum brand fashion ternama untuk kaum pria ini sangat disukai kaum muda. Mudah dipadukan dengan berbagai busana, mEMBAntu membuat penampilan menjadi keren. Banyak yang tidak tahu bahwa produk jeans ini bukanlah merk luar negeri, melainkan produk dalam negeri.

Memiliki pusat produksi di kota Malang yang dingin, Inspirasi dari Merk EMBA sendiri adalah kependekan dari Embong Bandulan. Perusahaan ini didirikan oleh Bambang Herlambang Pada tahun 1968 dan terus berkembang hingga saat ini.

Sejarah Celana Jeans

Sejarah kemunculan celana jeans jarang diketahui oleh penggemar jenis fashion yang satu ini. Tidak banyak yang tahu bahwa pada awalnya celana jeans adalah celana untuk para pekerja tambang. Karena bahannya tahan lama dan tidak mudah sobek. Juga bisa melindungi tubuh dari berbagai material berat yang mungkin melukai saat bekerja.

Bahan ini ditemukan pertama kali di Genoa, Italia. Dibuat oleh seorang penjahit yang ternama kala itu. Jacob W Davis, yang sering melayani kebutuhan para pekerja tambang akan pakaian kerja dan pakaian lainnya. Awalnya celana jeans hanya dibuat dalam dua warna saja yakni warna cotton duck dan blue indigo.

Tak disangka, seiring dengan berjalannya waktu celana jeans berkembang menjadi fashion yang trendy. Bahkan tetap disukai sepanjang masa, oleh berbagai kalangan tanpa pandang usia dan kekayaan. Semua ini tidak terlepas dari jasa para bintang film ternama pada tahun 1920an. Seperti Tom Hink yang memakainya saat membintangi The Untamed, John Wayne di film Stagecoach dll.

7 Ciri-Ciri Celana EMBA Asli

Jangan bilang kalau kamu adalah penggemar celana jeans EMBA, kalau tidak mengerti benar dengan ciri-ciri celana EMBA asli. Karena sebagai celana yang memiliki banyak penggemar di negeri ini, sudah pasti banyak yang memalsukannya agar bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Lalu kira-kira apa saja sih ciri-ciri celana EMBA asli ini, nah biar tidak penasaran kita simak 7 ciri-cirinya dibawah ini ya?

1. Logo Asli

Seperti celana jeans berkelas pada umumnya, yang paling penting untuk diperhatikan pertama kali adalah logonya. Karena celana jeans yang ori memiliki label print dari kain yang dipasang pada bagian dalam celana. Di belakang pinggang dan terletak di tengah-tengah atas.

Tulisannya terbaca dengan jelas, dan tintanya tidak belepotan atau berantakan. Semua rapi dengan logo yang sama persis. Terkadang ada yang sepintas sama namun ketika diperhatikan sungguh-sungguh ternyata bentuknya berbeda dengan yang asli.

Logo huruf E yang besar dengan bentuk uniknya yang khas sehingga terlihat artistik. Diikuti dengan tulisan EMBA dibelakangnya yang bisa dikenali dengan melihatnya sekilas saja. Meskipun pemalsu jaman sekarang sudah canggih-canggih namun tetap saja bentuknya akan berbeda dengan logo yang asli.


2. Jahitan Berkualitas Pada Tepi Kain

Celana jeans yang EMBA yang asli memiliki jahitan tepi kain yang rapi dan rapat. Hal ini bertujuan agar celana awet dan tidak mudah terurai jahitannya. Jeans yang murah biasanya tidak dijahit dengan rapi dan rapat seperti ini, sehingga tidak awet setelah pemakaian yang agak lama.

Berbeda dengan jeans yang asli, meskipun dipakai dalam waktu yang lama namun masih awet dan tidak mudah rusak. Salah satu sebabnya adalah karena jahitannya yang rapi ini. Hal ini jugalah yang membuat celana EMBA asli harganya menjadi lebih mahal daripada celana biasa.

Meskipun terlihat mahal di awal namun pada dasarnya membeli celana jeans EMBA asli lebih ekonomis dibandingkan membeli yang palsu. Karena kita tidak perlu membeli celana yang sama selama beberapa tahun ke depan. Berbeda dengan yang palsu mungkin bisa membeli dua atau tiga kali sehingga jatuhnya lebih mahal.

3. Bentuknya Yang Stabil

Celana EMBA yang asli memiliki bentuk yang stabil meskipun sudah dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Kalau celana yang palsu atau abal-abal biasanya aka segera melar atau malah mengecil saat sudah dipakai dan dicuci beberapa kali. Hal ini dikarenakan kain yang digunakan kurang berkualitas sehingga mudah berubah bentuk.

Tentu rasanya tidak nyaman bukan kalau memakai celana yang bentuknya kebesaran tidak jelas seperti ini. Atau malah terlihat menyusut dan aneh saat dipakai, bisa merusak rasa percaya diri. Apalagi saat berkumpul bersama teman atau sedang berkencan dengan pasangan yang baru jadian.

4. Logo Yang Ditulis Di Kancing

Salah satu yang menjadi ciri khas dari celana jeans EMBA ini adalah merk atau logo yang tertulis pada kancingnya. Tulisan yang terpatri di kancing besi ini terbaca dengan jelas sesuai dengan logo yang tertera pada hantag atau Leather Patchnya.

Hal yang mudah diliuhat seperti ini seharusnya mudah dikenali oleh penggemar salah satu jeans favorit anak muda ini. Karena sebagai perusahaan yang sudah memiliki nama besar, bagian quality controlnya tidak akan ceroboh saat menyortir barang yang akan dipasarkan.

Sehingga ketika menemukan produk yang ditawarkan dengan harga yang murah sebaiknya diteliti hingga ke bagian kancingnya. Ketika tidak menemukan tulisan yang logo yang jelas atau tidak ada logonya sama sekali bisa jadi ini adalah produk palsu. Jangan dibeli kalau tidak mau rugi karena sudah membeli barang tiruan.

5. Whiskers Pada Celana

Celana EMBA yang ori memiliki Whiskers atau garis-garis pudar yang biasa ada di celana jeans dan membentuk pola. Garis-garis ini akan terlihat jelas saat sedang dipakai, terlihat bagaikan kerutan yang terlihat saat celana dipakai duduk.

Pada jeans EMBA asli whiskersnya akan terlihat tidak rata, ini dikarenakan dibuat secara alami dengan tangan. Kalau jeans yang palsu biasanya dibuat pola khusus secara otomatis dengan komputer sehingga terlihat rapi.

6. Ritsleting Yang Bagus

Jeans EMBA asli tidak akan memakai ritsleting yang murahan dan terlihat ringkih. Biasanya akan menggunakan ritsleting besi yang kokoh dan terlihat paten. Juga terdapat logo EMBA pada ritsleting maupun kancingnya.

Ketika mendapatkan harga yang jauh dibawah pasaran tanpa ritsleting dan kancing yang berlogo, sebaiknya berhati-hati. Karena sekarang banyak sekali orang yang senang mencari keuntungan dengan memalsukan barang.

7. Logo Pada Leather Patch


Ciri-ciri celana EMBA asli juga bisa dilihat dari Leather Patch yang terpasang belakang celana. Leather Patch yang terdapat logo EMBA dengan tulisan yang jelas terbaca. Tidak buram atau tinta yang berantakan. Juga tulisan EMBA yang tidak ada doublenya misalnya EMMBA atau EMBBA, karena biasanya produk palsu dibuat semirip mungkin dengan yang asli.

Demikianlah beberpa Ciri-ciri celana EMBA asli yang dapat dijadikan patokan saat ingin membeli produk ini. Jangan mudah tergiur harga yang murah, harus diteliti sebaik mungkin agar mendapatkan barang yang terbaik.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita