Download our available apps

5 Cara Merawat Tanaman Sendiri di Rumah Untuk Pemula

Pewarta - Wildan Mustofa
5 Cara Merawat Tanaman Sendiri di Rumah Untuk Pemula
Ilustrasi cara merawat tanaman sendiri di rumah. Sumber (pxfuel).

 Cara merawat tanaman sendiri di rumah ternyata sangat mudah. Tanaman bisa tumbuh subur dan tidak mati asalkan kamu bersungguh-sungguh merawatnya.

Pemula pasti berpikir merawat tanaman hanya dengan cara pemupukan dan penyiraman saja. Akan tetapi hal itu ternyata belum cukup, banyak hal yang lain yang juga perlu diperhatikan. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Merawat Tanaman

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tanamanmu berhasil tumbuh subur, yaitu:

1.      Menggunakan media tanam yang tepat

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah media tanam. Namun, hal ini tidak bisa serta merta membuatnya. Tahukah kamu ternyata media tanam bukan hanya tanah saja. Ada beberapa campuran lain yang diperlukan, seperti humus, sabut kelapa, sekam padi, serbuk kayu, dan lain-lain.

Kamu juga bisa menggunakan air sebagai media tanam, khusus tumbuhan hidroponik atau aquaponik.

2.      Memilih tanaman yang tepat

Pilihlah tanaman yang tepat, apa untuk dijadikan sayur atau hanya pajangan mempercantik rumah. Dari pilihan tersebut kamu harus mengetahui dengan tepat cara merawatnya. Usahakan pilih tanaman yang dapat hidup pada suhu ruangan kurang lebih 25 celcius. Tentunya agar tumbuh baik di rumah.

3.      Asupan sinar matahari yang cukup

Sinar matahari adalah hal yang penting bagi tanaman. Oleh karena itu, pastikan kamu meletakkan tanaman di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari berguna untuk berfotosintesis.

Jika kamu memilih tanaman hiasan rumah dan di taruh di dalam rumah. Maka kamu harus rutin mengeluarkannya untuk mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

4.      Teknik penyiraman yang tepat

Teknik penyiraman yang baik bukan berarti kamu harus menyiramnya setiap waktu. Kamu harus mengetahui ritmenya agar pasokan air tepat terpenuhi dan tidak berlebihan. Jika berlebih akar tanaman bisa membusuk.

Jangan pula membiarkan air menggenang karena akan menutup jalur oksigen untuk tanaman. Siram tanaman secara merata secara dikit demi sedikit. Serta pastikan memiliki sistem drainase yang baik.

5.      Pastikan tanaman bebas dari hama

Kamu bisa memastikan tanaman terhindar dari hama dengan memberikan nutrisi yang baik, menjaga kualitas tanah, serta memindahkan tanaman secara rutin. Kamu juga bisa memangkas rumput liar di sekitar tanaman.

Nah, demikianlah cara merawat tanaman sendiri di rumah dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Wildan Mustofa
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita