Download our available apps

Cara Agar Video Tiktok Jernih Saat Upload

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Agar Video Tiktok Jernih Saat Upload
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Membuat konten video di Tiktok menjadi suatu hal yang menyenangkan untuk dilakukan belakangan ini. Namun sayangnya, terkadang pengguna mengalami kendala dengan buramnya kualitas video pasca diunggah. Sebenarnya mengapa hal tersebut bisa menimpa unggahan pengguna, dan bagaimana cara agar video Tiktok jernih ketika dilakukan upload ? Jika penasaran dengan jawabannya, maka membaca ulasan berikut ialah hal yang tepat!

1. Perbaiki Cara Merekam Video

Kurangnya kemampuan saat merekam video juga menjadi salah satu alasan video Tiktok tidak jernih atau buram. Pemula yang baru saja menggunakan Tiktok, perlu belajar untuk merekam video dengan baik agar menghasilkan video yang bagus dan jernih.

Saat merekam video, perlu dipastikan bahwa pencahayaan pas dan sesuai. Setiap akan melakukan perekaman, terlebih dulu cari tempat dengan pencahayaan yang pas. Hal itu dilakukan guna menghindari video buram dan tidak jernih. Selain memilih tempat dengan pencahayaan yang baik, proses perekaman video juga dapat menggunakan alat bantu, seperti lampu flash.

2. Gunakan Filter Saat Editing

Video yang baik tidak hanya didapat saat perekaman saja, tetapi juga diperlukan saat proses editing. Edit video menggunakan filter menjadi salah satu cara agar video tiktok jernih. Proses editing sangat membantu dalam membuat tampilan pada video menjadi lebih menarik, terlebih dengan adanya filter yang digunakan.

Tiktok menyedian berbegai filter yang dapat diaplikasikan pada video agar lebih menarik dan menjadi lebih jernih. Pengguna hanya perlu memilih filter mana yang menurutnya bagus dan sesuai dengan video. Jadi, jika keahlian dalam melakukan proses edit tidak cukup mumpuni, pengguna dapat menambahkan filter yang ada.

3. Perhatikan Ukuran Resolusi Video

Cara agar video Tiktok jernih yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan memperhatikan ukuran revolusi video Tiktok. Pastikan ukuran video sesuai dengan yang disarankan, karena ukuran yang tidak sesuai dapat membuat kualitas video berkurang dan tidak bagus.

Ukuran resolusi yang disarankan untuk pengguna IOS adalah 287 MB, sedangkan untuk pengguna android yaitu 72 MB. Pastikan ukuran tidak melebihi dari ukuran tersebut. Selain itu, juga perlu diketahui format yang digunakan seperi MOF dan MP4, serta menggunakan format video vertical.

4. Nonaktifkan Fitur Penghemat Data

Fitur tersebut berfungsi untuk menghemat data pengguna secara otomatis apabila dihidupkan. Penghemat data merupakan fitur yang disediakan oleh aplikasi Tiktok. Namun, fitur ini memiliki pengaruh terhadapt kualitas video yang dihasilkan. Untuk itu, saat mengupload video ke Tiktok, sebaiknya terlebih dahulu menonaktifkan fitur penghemat data. Hal ini karena dapat menjadikan video yang diupload menjadi buram dan tidak jernih.

Fitur penghemat data dapat dinonaktifkan dengan cara membuka menu setting atau pengaturan pada aplikasi Tiktok. Kemudian, pilih menu privasi dan cari pilihan penghemat data. Setelah itu, dapat langsung diklik untuk menonaktifkannya. Jika fitur tersebut sudah dalam kondisi off, maka dapat memulai untuk mengupload videonya.

5. Aktifkan Pengaturan HD

Aplikasi Tiktok juga menyediakan pengaturan HD, sehingga pengguna dapat mengaktifkannya saat akan mengupload video. Pengaktifkan pengaturan HD digunakan sebagai cara agar video Tiktok jernih. Cara pengaktifannya adalah dengan membuka pengaturan, lalu dapat menambahkan hastag dan ketentuan lainnya yang diperlukan.

Setelah memberikan hastag, dapat mengklik opsi lainnya untuk memunculkan menu unggah HD. Pengguna hanya perlu mengklik menu tersebut dan secara otomatis akan menjadi pengaturan default. Setelah semua langkah telah dilakukan, pengguna dapat mengklik menu unggah video.

Demikianlah rekomendasi cara agar video Tiktok jernih yang dapat dihadirkan. Cara-cara di atas tentunya wajib diperhatikan dan dijalankan oleh seorang pengguna. Sehingga konten video tiktok yang dihasilkan benar-benar bagus dan memiliki viewer yang besar.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita