Download our available apps

Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Bugis Terbaik di Android

Pewarta - Prana Hikmat
Rekomendasi Aplikasi Translate Bahasa Bugis Terbaik di Android
Ilustasi : Aplikasi kamus Bugis

Seperti yang kita ketahui bahwa Bahasa Bugis merupakan salah satu bahasa Autonesia yang digunakan oleh suku bugis. Bahasa bugis sendiri sering digunakan di daerah Sulawesi Selatan.

Bahasa ini mempunyai aksara sendiri yang bernama Lontara. Mempelajari Bahasa Bugis menjadi salah satu hal yang menarik dan menyenangkan, untuk Anda yang ingin menguasainya.

Terlebih lagi, saat ini sudah dipermudah dengan hadinya berbagai aplikasi translate Bahasa Bugis ke Indonesia.

Mungkin sebelumnya Anda hanya mengenal Google Translate sebagai aplikasi atau situs penerjemah. Sebenarnya masih ada banyak aplikasi translate yang memiliki fitur tidak kalah dari Google Translate.

Siapa sangka Bahasa Bugis bisa Anda pelajari lewat aplikasi, ternyata bisa loh. Saat ini ada berbagai aplikasi yang mneyediakan penerjemahan Bahasa Bugis ke Bahasa Indonesia, dan juga sebaliknya.

Mungkin Anda saja yang belum familiar dengan aplikasi yang akan kami bahas ini.

Jika Anda penasaran aplikasi apa saja yang dimaksud, pastikan simak terus artikel ini sampai selesai.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui aplikasi apa saja yang memiliki kemampuan untuk menerjemahkan Bahasa Bugis.

Aplikasi Translate Bahasa Bugis Terbaik

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya dimana banyak sekali aplikasi translate Bahasa Bugis yang tersedia di Google Play Store.

Namun, kami akan memberikan rekomendasi terbaik untuk memilih aplikasi translate Bahasa Bugis yang paling bagus dan mudah digunakan.

Terdapat 7 aplikasi yang akan kami rekomendasikan untuk Anda install di smartphone. Aplikasi ini masing-masing memiliki fitur yang berbed-beda, sehingga Anda harus memilhnya sesuai keinginan Anda.

Aplikasi apa sajakah itu? Untuk lebih lengkapnya simak berikut ini.

1. Kamus Bugis

Kamus Bugis merupakan salah satu aplikasi pilihan terbaik kami, dengan lebih dari 1000 pengguna. Hal tersebut menandakan bahwa aplikasi ini disukai oleh banyak orang.

Bukan tanpa alasan, Kamus Bugis memiliki berbagai fitur menarik yang mempermudah dalam menerjemahkan Bahasa Bugis.

Selain itu, tampilan yang sederhana juga membuat pengguna betah serta mudah dimengerti saat menggunakan aplikasi ini.

Namun yang menarik dari aplikasi ini bukan hanya menerjemahkan Bahasa Bugis ke Bahasa Indonesia, namun juga ke Bahasa Inggris.

Ukuran dari aplikasi ini juga terbilang kecil sehingga tidak akan terlalu membuang ruang penyimpanan smartphone Anda.

Selain ukurannya yang kecil, aplikasi translate Bahasa Bugis ini juga terkenal ringan. Smartphone Anda tidak akan terasa lemot atau lag saat menggunakannya.

Aplikasi Kamus Bugis tersedia secara gratis di Google Play Store. Jadi tunggu apa lagi, segera unduh dan mulai belajar Bahasa Bugis dengan lebih menyenangkan.

2. Kamus Bahasa Bugis Offline

Seperti namanya, aplikasi translate Bahasa Bugis ini bisa Anda gunakan tanpa koneksi internet alias offline.

Meski begitu, daftar kata yang disediakan cukup lengkap. Apabila kurang puas dengan kata yang ada, Anda bisa menggunakan fitur Penerjemah Online, dengan memasukan kata berbahasa Indonesia, lalu pilih terjemahkan untuk melihat terjemahannya ke Bahasa Bugis.

Untuk menginstall aplikasi ini, pastikan smartphone Anda memiliki versi Android 4.1 ke atas agar bisa berjalan dengan lancar.

3. Kamus Bugis Indonesia

Jika Anda mencari aplikasi penerjemahan yang menarik dan mudah digunakan, maka Kamus Bugis Indonesia bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tampilan aplikasi ini cukup menarik, dimana halaman utama langsung menampilkan fitur translate Bahasa Bugis ke Bahasa Indonesia, dan sebaliknya.

Akan tetapi ini hanya akan muncul apabila menuliskan kata terlebih dahuu pada kolom pencarian, hal tersebut membuat sebagian pengguna bingung.

Fitur lain dari aplikasi ini adalah memungkinkan Anda menyimpan kata favorit atau mem-bookmark kata. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan saat mencari kata.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa langsung mengunduhnya lewat Play Store secara gratis.

4. Belajar Bugis

Belajar Bugis merupakan aplikasi yang mempunyai fitur tidak kalah lengkap dari aplikasi sebelumnya. Hampir semua pelajaran yang diperlukan tersedia di aplikasi yang satu ini.

Meskipun ukuran aplikasi ini cukup besar, namun semua itu dibarengi dengan fitur yang tersedia.

Alasan mengapa aplikasi berukuran besar adalah tersedianya suara asli serta gambar untuk mempelajari Bahasa Bugis dengan lebih mudah.

Terdapat juga fitur kamus lengkap Bahasa Indonesia ke Bahasa Bugis, yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui terjemahan dari sutu kata berbahasa Indonesia ke Bahasa Bugis.

Anda bisa mengunduh aplikasi Belajar Bugis di Google Play Store secara gratis.

5. Kamus Bahasa Bugis Indonesia Lengkap

Aplikasi ini memiliki desain yang minimalis. Pada menu utama, Anda akan menemukan tiga opsi menu lain untuk bisa menerjemahkan bahasa bugis serta aksara lontara.

Pada pilihan aksara lontara menjelaskan sejarah bagaimana aksara lontara terbentuk, cara menulis dan mengejanya.

Satu-satunya kekurangan aplikasi ini menurut kami adalah tampilan kamus yang terlihat kecil, sehingga Anda perlu memperbesarnya secara manual dengan mencubit layar smartphone.

Meski begitu, Kamus Bahasa Bugis Indonesia Lengkap ini memiliki itur yang cukup lengkap, dan bisa diakses secata offline.

Untuk Anda yang memiliki smartphone dengan spesifikasi pas-pasan juga bisa menoperasikan aplikasi ini dengan lancar, karena tidak terlalu banyak ram yang akan digunakan.

6. Kamus Daerah Indonesia

Berbeda dari aplikasi translate sebelumnya yang hanya bisa menerjemahkan Bahasa Bugis, aplikasi ini menyediakan translate dari berbagai bahasa daerah.

Anda bisa menerjemahkan bahasa Bali, Madura, Aceh, Nias, dan lainnya tanpa menggunakan aplikasi lain.

Aplikasi Kamus Daerah Indonesia juga dapat Anda gunakan secara offline. Berbagai fitur menarik juga tersedia di aplikasi ini seperti request kata yang belum ada, dan tampilannya yang interaktif.

Tak cukup disitu, Kamus Daerah Indonesia juga memiliki antar muka yang ramah pengguna sehingga jika Anda belum pernah menggunakan aplikasi sekalipun tetap bisa memahami isinya.

7. Kamus Bugis Offline

Kamus Bugis Offline menjadi rekomendasi aplikasi translate Bahasa Bugis yang selanjutnya. Aplikasi ini mempunya banyak kelebihan, salah satunya adalah bisa digunakan saat kuota Anda habis karena bisa digunakan secara offline.

Tidak hanya itu, aplikasi translate Bahasa Bugis ini juga memiliki terjemahan Bahasa Indonesia yang telah diurutkan sesuai dengan abjad, sehingga Anda lebih mudah untuk memahami percakapan Bahasa Bugis.

Salah satu hal yang membuat aplikasi Kamu Bugis Offline disukai banyak orang adalah menunya yang lengkap untuk menunjang mereka saat belajar Bahasa Bugis .

Jika ingin menggunakan aplikasi ini, silahkan download secara gratis di Google Play Store.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi translate Bahasa Bugis yang bisa kami sampaikan untuk Anda.

Aplikasi di atas bisa Anda gunakan untuk mempelajari Bahasa Bugis, atau hanya sekedar mengartikan Bahasa Bugis yang mungkin Anda tidak ketahui.

Jika kita bisa menggunakan teknologi dengan benar, maka kita juga bisa mendapatkan berbagai manfaat, salah satunya adalah melalui aplikasi translate Bahasa Bugis yang sudah kami bahasa di atas.

Mungkin itu saja artikel dari BLOG OSCAS, semoga bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Terima kasih.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita