Download our available apps

7 Aplikasi Translate Bahasa Lampung Yang Paling Disukai Pengguna Android

Pewarta - Prana Hikmat
7 Aplikasi Translate Bahasa Lampung Yang Paling Disukai Pengguna Android
Gambar adalah aplikasi Kamus Bahasa Lampung

Aplikasi translate bahasa Lampung sudah banyak ditawarkan di Google Play Store. Membantu banyak orang yang ingin belajar dengan dukungan perkembangan teknologi semakin maju dan berkembang dengan pesat. Membuat kehidupan yang semula susah menjadi  lebih mudah, karena teknologi diciptakan untuk meringankan beban pekerjaan.

Termasuk dalam hal belajar yang terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Teruatama  di masa pandemi  yang membuat kehidupan mengalami penyesuaian baru dengan cara yang tiba-tiba. Beruntungnya sudah ada handphone yang memegang peran yang sangat penting untuk mempermudah segalanya. Tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, juga untuk belajar melalui jarak jauh.

Aplikasi Translate Bahasa Lampung

Dengan smartphone yang memiliki banyak fitur yang canggih, kita tidak lagi perlu belajar di tempat khusus untuk mempelajari sesuatu. Karena kita bisa mempelajarinya sendiri secara otodidak dengan bantuan aplikasi yang bisa kita unduh secara gratis. Dengan kesungguhan dan tekad yang kuat banyak orang yang berhasil dengan hanya belajar dari internet dan aplikasi.

Untuk yang tertarik mempelajari bahasa daerah dari Lampung misalnya, sekarang  tinggal memilih aplikasi translate bahasa Lampung yang disukai di Play Store. Yang sesuai dengan spek dan versi handphone yang akan digunakan.  Kira-kira apa saja ya aplikasi yang paling baik dan populer untuk smartphone Android?

1. Kamus Bahasa Lampung

Kamus bahasa Lampung ini merupakan tempat belajar bahasa dan aksara Lampung yang unik. Fiturnya sangat lengkap bagi pengguna yang sungguh tertarik mempelajarinya dengan totalitas. Karena dilengkapi dengan dialek A dan O yang memudahkan pencarian dan keyboard aksara Lampung untuk menulis bahasa Lampung dengan mudah

Serunya lagi menggunakan aplikasi Kamus Bahasa Lampung ini adalah memiliki tabel aksara Lampung dan anak huruf yang interaktif. Cara menggunakannya adalah dengan meng-klik tabel dan anak huruf tersebut dan aplikasi otomatis akan menampilkan induk huruf bahasa Lampung lengkap dengan ragam variasinya.

Aplikasi ini tidak membosankan karena memiliki beberapa pertanyaan singkat dengan skor nilai untuk mengevaluasi pembelajaran. Dikembangkan oleh developer EllStudiosApp, Kamus Bahasa Lampung menuai komentar positif dari para pengguna yang puas dengan kinerjanya.

Terakhir diperbaharui pada tanggal 7 November 2021, sudah diunduh oleh 10.000 lebih pengguna di Play Store. Dengan kapasitas 7,9 M dan versi terbaru 8.0 untuk mengunduh aplikasi ini diperlukan Android yang memiliki versi 5.0 keatas.

Untuk mengunduh aplikasi ini dapat dilakukan dengan link berikut ini: Download


2. Kamus Bahasa Lampung Dan Terjemahan


Kamus Bahasa Lampung dan Terjemahan yang dikembangkan oleh 145 Studio ini bisa digunakan untuk mencari padanan kata dari bahasa Lampung ke Bahasa Indonesia. Demikian juga sebaliknya dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Lampung.

Kelebihan dari aplikasi ini selain terjemahan dua arah tadi juga bisa belajar aksara Lampung. Selain itu juga bisa disalin untuk disimpan sebagai catatan. Mudah digunakan dengan disusun berdasarkan abjad, juga bisa dipakai saat offline sehingga tidak menghabiskan kuota.

Terakhir kali diperbaharui pada tanggal 26 Agustus 2021, aplikasi ini hanya memiliki kapasitas 4,3M sehingga dapat diunduh Android dengan versi 4.0 keatas. Cukup populer di Google Play Store, terbukti sudah diunduh oleh 10.000+ pengguna dengan ulasan yang positif.

Untuk mengunduh aplikasi ini dapat dilakukan dengan link berikut ini: Download


3. Kamus Bahasa Lampung Dialek A & O


Aplikasi yang ditawarkan oleh developer Dhukiya ini adalah salah satu aplikasi bahasa Lampung yang populer di Google Play Store. Dengan interface yang sederhana dan mudah dipahami, pengguna bisa tidak mengalami kesulitan saat mengoperasikannya.

Aplikasi ini dilengkapi dengan dialek A dan O yang masing-masing memiliki kosakata dan penggunaan yang berbeda. Sehingga 100.000+ pengguna yang sudah mengunduhnya merasa terbantu dan bertambah wawasan. Banyak komentar positif yang puas dan tidak kecewa menggunakan aplikasi ini.

Dengan ukuran 6,5M diperlukan smarphone Android dengan versi 4,2 keatas untuk dapat mengunduhnya. Baru saja diperbaharui pada tanggal 10 November 2021, Kamus Bahasa Lampung Dialek A & O memiliki versi terbaru 2.9.

Untuk mengunduh aplikasi ini dapat dilakukan dengan link berikut ini: Download


4. Kamus Lampung Indonesia

Aplikasi ini tidak boleh dilewatkan bagi peminat belajar bahasa Lampung karena termasuk yang paling lengkap. Selain bisa menerjemahkan bahasa Lampung ke dalam bahasa Indonesia, juga bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Lampung.

Kamus Lampung Indonesia ini dikembangkan oleh developer Aguswandi dan sudah diunduh oleh 1000+ pengguna yang memiliki Android dengan versi 5.0 keatas. Terakhir diperbaharui pada tanggal 15 Februari 2021, aplikasi ini tampil dengan versi terbaru 2.0.

Untuk mengunduh aplikasi ini dapat dilakukan dengan link berikut ini: Download


5. Kamus Saku

Kamus bahasa Lampung untuk Android ini sangat menarik karena bisa digunakan untuk bahasa Inggris, Indonesia dan Lampung. Memiliki lebih dari 286 kata, kamus ini lengkap dengan arti kata dan contoh kalimat. Selain itu juga tersedia dalam bentuk cetak sehingga bisa dibawa kemana-mana.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Propinsi Lampung. Fiturnya lengkap dengan kata-kata dan kalimat yang digunakan sehari-hari dalam bahasa Inggris, Indonesia dan Lampung. Terakhir diperbaharui pada tanggal 18 November 2020, sudah diunduh oleh 500+ pengguna.

Untuk mengunduh aplikasi ini dapat dilakukan dengan link berikut ini: Download


6. Kamus Terjemah Bahasa Lampung Dialek O & A

Aplikasi Kamus Terjemah Bahasa Lampung Dialek O & A disukai oleh anak-anak sekolah karena sangat membantu saat mengerjakan tugas. Bisa digunakan untuk menerjemahkan dari bahasa Lampung ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Selain bisa digunakan untuk menerjemahkan ke dalam dialek O dan juga dialek A, juga bisa untuk belajar aksara Lampung. Karena terdapat juga beberapa anak surat yang biasa digunakan dalam bahasa Lampung. Bahkan terdapat juga angka dan tanda baca yang lengkap dan mudah dipahami.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Pelandys ini memiliki ukuran 3,5m dan memerlukan smartphone Android versi 5.0 keatas untuk mengunduhnya. Terakhir diperbaharui pada tanggal 30 Maret 2020 memiliki versi terbaru 1.5 dan sudah diunduh oleh 10.000+ pengguna.

Untuk mengunduh aplikasi ini dapat dilakukan dengan link berikut ini: Download


7. Kamus Bahasa Lampung Lengkap

Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena desain antarmukanya yang sederhana. Dikembangkan oleh developer guruAndroid, aplikasi ini menawarkan penggunaan tanpa internet. Sehingga sangat membantu pengguna yang susah mendapatkan jaringan internet.

Memiliki kapasitas 3,8M Kamus Bahasa Lampung Lengkap ini memerlukan smarphone Android dengan versi 4.1 keatas untuk dapat mengunduhnya. Hadir dengan versi terkini 10.0, terakhir diupdate pada tanggal 1 November 2019 dan sudah diunduh 50.000+ pengguna.

Untuk mengunduh aplikasi ini dapat dilakukan dengan link berikut ini: Download

Demikialah Aplikasi translate bahasa Lampung yang paling disukai pengguna smartphone Android. Sangat baik digunakan oleh kalangan pendidik dan juga murid untuk membantu belajar bahasa Lampung dengan mudah. Demi melestarikan warisan budaya dari para leluhur di Nusantara, kalau tidak bisa jadi kelak akan punah dan sulit ditemukan kembali.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita