12 Ciri Burung Lovebird Betina Yang Mudah Dikenali Tanpa Keahlian Khusus
burung Lovebird

Selama ini saat melihat lomba burung lovebird mungkin sering melihat burung lovebird betina yang dilombakan. Jarang sekali melihat burung lovebird jantan yang menjadi unggulan . Rupanya hal ini memiliki alasan tersendiri. Yaitu karena burung lovebird betina tidak terpengaruh dengan kehadiran lovebird lain saat sedang dilombakan. Namun tidak sembarangan lovebird betina bisa dipilih, harus memilih yang suaranya ngekek dengan durasi panjang dengan volume yang keras.

Burung ini dijuluki dengan nama burung cinta karena sifat setianya terhadap satu pasangan saja. Cocok untuk dijadikan simbol cinta karena dalam seumur hidupnya hanya memiliki satu kekasih saja. Apalagi perilaku mereka yang saling menyayangi saat memiliki pasangan dan ditempatkan dalam satu kandang yang sama.

12 Ciri-ciri Burung Lovebird Betina

Burung lovebird adalah salah satu burung yang disukai oleh penggemar burung untuk dipelihara. Karena memiliki warna dan jenis yang cukup beragam seperti lovebird paruh merah, paruh putih, paruh oranye, klep dan non klep. Sementara warna-warni di tubuhnya sangatlah memikat.

Memiliki suara ngekek yang panjang merupakan ciri khas dari burung cantik yang satu ini. Ngekek artinya adalah istilah yang populer di dunia pecinta burung sebagai kicauan yang panjang. Bahkan kerennya lagi, burung ini mampu melakukan kicauan yang panjang dengan satu tarikan nafas saja.

Terkenal sebagai master juara ketawa dalam banyak kontes burung tingkat nasional membuat burung ini adalah salah satu jenis burung kicau yang sering dilombakan. Sehingga banyak penggemar burung yang rela mengeluarkan uang yang banyak untuk bisa memiliki burung idaman ini di rumahnya.

Ciri-ciri lovebird betina yang dapat dikenali dengan mudah adalah sebagai berikut:


1. Memiliki Bentuk Paruh Yang Tumpul dan Melebar

Ciri kasat mata yang pertama kali dapat ditandai dengan mudah pada lovebird betina adalah bentuk paruhnya. Burung betina memiliki paruh yang besar, melebar dan tumpul dibandingkan dengan yang jantan. Karena lovebird jantan memiliki paruh yang runcing dan terlihat cenderung lebih kecil. Kalau masih awam harus membandingkan dahulu untuk dapat mengetahui mengenai ciri yang ini.

2. Memiliki Ukuran Tubuh Lebih Besar

Jika dilihat dengan seksama maka ciri pada lovebird betina juga bisa dilihat dari ukuran tubuhnya. Lovebird betina memiliki postur yang lebih besar dengan bentuk kepala yang memiliki bentuk melengkung. Sementara lovebird jantan memiliki ukuran tubuh yang cenderung lebih kecil dengan kepala yang bentuknya cepak.

3. Memiliki Lubang Hidung Yang Bulat Dan Lebar

Mungkin banyak yang tidak menyangka kalau dari lubang hidung ternyata bisa dijadikan acuan saat membedakan jenis kelamin burung lovebird. Biasanya lovebird betina lubang hidungnya berbentuk bulat dan lebar, sementara yang jantan lubang hidungnya lebih lonjong. Meskipun sulit namun ada cara khusus untuk dapat memeriksa lubang hidung ini yaitu dengan cara meniupnya secara perlahan-lahan.

4. Memiliki Bentuk Sayap Yang Sejajar Dan Tidak Menyilang

Ciri lain yang membedakan antara burung jantan dan betina adalah dengan melihat pada bagian sayapnya. Pada umumnya bentuk sayap burung lovebird betina memiliki ujung yang terlihat sejajar dan tidak menyilang. Sementara pada burung jantan bentuk sayapnya tindih menindih antara yang satu dengan yang lain sehingga terlihat seperti menyilang.

5. Memiliki Bentuk Ekor Yang Rata Dan Lebar

Bentuk ekor pada burung lovebird betina juga memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Karena bentuk ekor pada lovebird jantan cenderung lebih runcing sedangkan lovebird betina bentuknya lebih rata dan lebar. Sehingga sangat mudah dikenali meskipun membelinya dari ombyokan.

6. Memiliki Lingkar Klep Kacamata

Dengan melihat lingkar klep kacamata atau bagian putih yang terdapat di sekitar mata juga bisa dijadikan sebagai cara untuk membedakan antara yang jantan maupun yang betina. Meskipun pada beberapa burung hal ini tidak dapat terlihat dengan jelas, namun dapat dijadikan pilihan lain untuk menandai burung ini.

Pada umumnya lovebird betina memiliki bentuk lingkar kacamata yang bulat sementara lovebird jantan memiliki lingkar klep kacamata yang bentuknya lonjong atau oval. Bagi pemain senior dapat melihat ciri ini dengan jelas dengan hanya melihatnya sekilas.

7. Memiliki Bentuk Anus Yang Lebar dan Rata

Bentuk anus lovebird betina juga memiliki perbedan yang cukup signifikan dengan lovebird jantan. Biasanya anus yang terdapat pada lovebird betina memiliki bentuk yang terlihat lebar dan tampak rata. Sementara pada lovebird jantan bentuknya kecil dan menonjol seperti ingin keluar. Untuk bisa melihatnya dengan jelas harus membukanya dengan hati-hati di tempat yang terang.

8. Memiliki Tulang Pubis Yang Elastis

Membedakan jarak antara dua tulang pubis yang dimiliki oleh burung adalah salah satu metode yang cukup akurat. Karena dua tulang pubis yang dimiliki oleh pejantan biasanya terasa menyempit saat disentuh. Sementara pada burung betina tulang pubisnya lebih elastis sehingga saat diraba jaraknya terasa lebih lebar.

9. Memiliki Cara Bertengger Dengan Kaki Lebar


Dari caranya bertengger jenis burung ini juga dapat dibedakan, yang jantan ketika bertengger posisi kakinya lebih rapat sehingga tampak lebih tinggi. Sementara lovebird betina lebih pendek karena saat bertengger kakinya dilebarkan.

10. Memiliki Semangat Lebih Saat Membangun Sarang

Cara dari membangun sarang juga berbeda pada burung lovebird jantan dan betina. Burung betina tampak sangat aktif mengambil bahan-bahan yang diperlukan untuk membangun sarang dibandingkan dengan yang jantan. Namun ini hanya berlaku untuk burung yang hidup liar di alam bebas.

11. Mengeluarkan Kicauan Khas Saat Birahi

Saat sedang birahi burung ini juga memiliki ciri khas yang berbeda, sehingga dapat dijadikan cara yang cukup mudah untuk dipraktekkan. Biasanya lovebird jantan akan bertingkah lebih agresif dengan terus mendekati sang betina sambil mangut-mangut. Sembari mengeluarkan kicauan khasnya untuk menarik perhatian pasangannya.

Sementara burung betina lebih suka menunduk sambil membentangkan sayapnya selebar mungkin. Perilaku seperti ini biasa disebut dengan istilah ngleper oleh para pecinta burung kicau tanah air. Sementara untuk menarik perhatian burung jantan, lovebird betina akan menggigiti semua benda yang berada di sekitarnya.

12. Lebih Tenang Meskipun Sedang Birahi

Tidak seperti burung kicau lainnya yang lebih disukai burunng pejantan untuk dilombakan, lovebird betina lebih disukai. Karena lovebird jantan lebih mudah terpengaruh dengan kehadiran lovebird betina saat lomba. Tiba-tiba tidak mau ngekek dan malah meruji dengan tidak tenang di dalam kandang.

Sehingga saat hendak lomba pemilik lovebird jantan harus benar-benar pandai menyetingnya agar tidak over birahi. Sementara lovebird betina lebih stabil, tidak terpengaruh dengan burung jantan yang ikut lomba. Selain itu menyeting lovebird betina juga lebih mudah meskipun sedang birahi.

Ciri-ciri lovebird betina tadi bisa dipelajari dengan mudah untuk membedakan jenis kelamin burung saat hendak membelinya. Sehingga tidak salah memilih burung jantan yang memiliki perawatan yang lebih rumit. Sebaiknya lebih memilih burung betina yang setinggannya lebih gampang, agar ada kemungkinan memenangkan perlombaan.