Download our available apps

5 Cara Memindahkan Data dari iPhone ke iPhone Baru Hanya dengan Aplikasi iCloud

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Memindahkan Data dari iPhone ke iPhone Baru Hanya dengan Aplikasi iCloud
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Ketika melakukan pembelian perangkat baru, seperti iPhone, pengguna kadang diharuskan untuk memindahkan data di perangkat lama ke perangkat baru. Biasanya hal ini dijalankan dengan cara manual, baik melalui PC maupun alat pengiriman seperti Bluetooth. Padahal, ada alternatif yang lebih praktis. Yakni dengan cara memindahkan data dari iphone ke iphone melalui iCloud. Penasaran dengan infonya? Baca saja ulasan yang dihadirkan berikut

1. Cek Kapasitas Data iPhone Lama dan Koneksi Wifi

Langkah pertama cara memindahkan data dari iPhone ke iPhone baru adalah dengan melakukan cek kapasitas data dan koneksi WiFi. Jika kapasitas data tidak terlalu besar, maka dapat dilanjutkan saja proses pemindahan data. Kemudian karena ini menggunakan iCloud maka perlu jaringan WiFi yang stabil. Hal ini dimaksudkan untuk memperlancar proses transfer data.

2. Cadangkan Data iPhone Lama ke iCloud

Cadangkan data di iPhone lama ke iCloud sebelum dilakukan pemindahan data dari iPhone lama ke iPhone yang baru. Buka pengaturan di iPhone lama dan pastikan iPhone dalam keadaan terhubung ke WiFi. Kemudian buka iCloud dan buka cadangan iCloud. Pastikan cadangan iCloud sudah menyala atau diaktifkan dan pilih “cadangkan sekarang”.

Tunggu hingga proses pencadangan data di iPhone lama selesai. Pastikan sebelum proses pencadangan tadi, iPhone lama sudah tidak melakukan aktivitas apapun yang menghasilkan data baru. Setelah proses mencadangkan data selesai, kini data yang ada di iCloud siap dipindahkan ke iPhone baru.

3. Lakukan Reset pada iPhone yang Baru

Pada iPhone baru terutama yang masih dalam keadaan buka segel, semua pengaturannya masih baru. Oleh karena itu, diperlukan reset sebelum menerima cadangan data dari iPhone lama. Masuk ke pengaturan di iPhone baru, lalu masuk ke “general” dan pilih “reset”. Kemudian pilih “erase all content and setting” dan proses reset akan mulai berjalan.

4. Setting Pengaturan iCloud di iPhone Baru

Setelah reset selesai, lakukan aktivasi iPhone baru dan ikuti langkah-langkah yang diperintahkan dan hubungkan iPhone baru ke WiFi. Proses aktivasi iPhone sedang berlangsung beberapa saat, setelah itu akan muncul perintah untuk mengatur touch ID dan pembuatan kode sandi. Abaikan dua pengaturan tersebut atau pilih “jangan gunakan”.

Pada bagian “app & data” pilih “pulihkan dari cadangan iCloud”. Masukkan ID iCloud dan password yang berasal dari iPhone lama, dan iPhone baru akan memperbarui pengaturan iCloud. Setelah muncul syarat dan ketentuan pembaruan pengaturan iCloud, maka langsung sata pilih “setuju”.

5. Pilih Cadangan Data yang Akan Dipindahkan

Cara memindahkan data dari iPhone ke iPhone baru selanjutnya dengan memilih cadangan data yang akan dipindahkan. Setelah proses pembaruan iCloud selesai, maka akan muncul beberapa pilihan cadangan data dari iPhone lama yang ingin dipindahkan. Pilih cadangan yang terakhir atau yang paling baru sesuai tanggal pencadangan.

Setelah itu akan muncul beberapa tahap dan pilih lanjutkan terus hingga muncul proses pemulihan data dari iCloud. Proses ini memerlukan waktu beberapa menit tergantung dari kapasitas data yang dipindahkan. Jadi pastikan untuk sedikit bersabar, dan jangan lakukan aktivitas apapun dengan perangkat, agar prosesnya tidak terhambat.

Pemindahan data dari iPhone ke iPhone bisa dilakukan dengan banyak cara. Kali ini cara memindahkan data dari iPhone ke iPhone menggunakan aplikasi iCloud yang cukup praktis tanpa harus menggunakan bantuan PC. Selama proses pemindahan data berlangsung, pastikan kedua iPhone selalu terhubung ke jaringan WiFi agar berjalan lancar. Bagaimana, rekomendasi cara yang diterangkan di atas, sangat mudah diikuti dan dipahami, bukan?

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita