Download our available apps

Kupas Habis Tentang CC Motor dan Bagaimana Cara Menghitung CC Motor Dengan Benar!

Pewarta - Prana Hikmat
Kupas Habis Tentang CC Motor dan Bagaimana Cara Menghitung CC Motor Dengan Benar!
Ilustrasi Cara Menghitung CC Motor

BLOG OSCAS - Bagi pemilik kendaraan sepeda motor, CC sudah bukan hal aneh lagi untuk di dengar. Namun tidak jarang pengguna yang masih belum tahu tentang pengertian dan cara menghitung CC motor dengan benar. Padahal ini merupakan kewajiban yang harus diketahui oleh semua pengguna kendaraan bermotor.


Bukan tanpa alasan, CC ini memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kenyamanan Anda saat berkendara. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mengetahui tentang CC motor dan segala hal yang terkandung didalamnya.


Nah untuk membantu Anda menghilangkan rasa penasaran terkait CC motor, mari simak ulasan yang akan kami bahas di bawah ini. Penasaran apa saja informasinya? Let’s check this out!


Pengertian CC Motor


Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghitung CC motor dengan benar, Anda harus tahu terlebih dulu tentang pengertian CC itu sendiri. Nah jadi CC motor merupakan kependekan dari cm3 atau Cubicle Centimeter yang merujuk pada kapasitas mesin.


Kapasitas mesin disini adalah yang berasal dari kinerja piston yang ada di dalam silinder mesin pembakaran dengan satuan cm3. Sedangkan secara harfiah CC motor adalah volume silinder yang dimana semakin besar isinya mampu menyerap lebih banyak udara.


Semakin banyak udara atau bahan bakar yang diserap maka akan mengubah energi lebih banyak per siklus dan nantinya hal ini akan menimbulkan lebih banyak daya. Dan perlu Anda ketahui juga bahwa setiap motor memiliki CC yang berbeda-beda sehingga tidak dapat disama ratakan.


Ternyata CC bukan satu-satunya satuan yang digunakan untuk menentukan jumlah mesin, pasalnya ada satuan lain seperti inci kubik dan liter. Namun karena CC dalam satuan cm3 maka besarnya sama dengan besar volume silinder yang digunakan untuk menentukan jumlah udara yang masuk.


Nah karena fungsinya sangat berpengaruh untuk kinerja kendaraan motor yang Anda miliki, sehingga CC motor beat ini harus diketahui dan diperhatikan seiring dengan berjalannya waktu. Meskipun demikian, masih banyak pengguna motor yang belum tahu tentang cara menghitung CC motor dengan benar.


Sekarang adalah giliran Anda untuk mengetahui bagaimana langkah menghitung CC motor dengan benar menggunakan cara yang akan kami bahas di bawah ini.


Begini Cara Menghitung CC Motor Dengan Benar


Dalam menghitung CC pada motor, Anda bisa menggunakan berbagai cara termudah. Adapun berikut ini adalah 3 cara menghitung CC motor yang wajib Anda ketahui.


1. Menggunakan Volume Tabung


Cara pertama untuk mengetahui ukuran CC motor adalah dengan menggunakan volume tabung. Caranya cukup mudah yaitu dengan rumus:


Rumus:


Volume tabung= ? x r x r x t


Keterangan:

  • ? adalah phi dengan nilai 3,14 atau 22/7
  • r adalah jari-jari silinder atau setengah dari diameter
  • t adalah tinggi langkah atau stroke

Jika cara menghitung CC motor dengan benar pertama sulit dilakukan, Anda bisa mencoba melakukan cara kedua ini.


2. Ketahui Kapasitas Mesin


Kapasitas mesin motor biasanya diketahui oleh pihak teknisi motor di tempat service. Namun Anda bisa menggunakan nilai kapasitas mesin ini untuk mengetahui jumlah CC yang dimiliki. Lalu, bagaimana caranya? Inilah rumusnya!


Rumus:


0,785 x (D x D) x L = CC


Keterangan:

  • D adalah diameter piston
  • Sedangkan L adalah panjang langkah atau stroke


Bagaimana? Apakah masih bingung? Tidak usah khawatir karena masih ada satu cara menghitung CC motor dengan benar yang ketiga.

BACA JUGA :

Ini Dia Penyebab dan Solusi Motor Injeksi Brebet Saat Mesin Dingin


3. Menggunakan Rumus Sederhana


Sama dengan namanya, rumus sederhana ini dijamin akan membantu Anda agar bisa menemukan jumlah CC motor yang dimiliki. Damn berikut ini adalah rumus yang dapat Anda ikuti untuk mengetahui CC motor.


Rumus:


CC = area piston (r x kuadrat) x langkah x jumlah silinder


Keterangan:

  • r adalah jari-jari


Itulah 3 cara menghitung CC motor dengan benar yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui jumlah CC motor yang dimiliki. Jika Anda sudah tahu bagaimana cara mencari CC motor, jangan lupa juga untuk terus merawat kondisi mesin kendaraan roda dua yang Anda miliki agar bisa digunakan untuk jangka panjang. Bagaimana menurut Anda?

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita