Download our available apps

Ternyata Inilah Kapasitas Volume Ukuran Oli Shock Depan Motor yang Wajib Anda Ketahui

Pewarta - Prana Hikmat
Ternyata Inilah Kapasitas Volume Ukuran Oli Shock Depan Motor yang Wajib Anda Ketahui
Ilustrasi Volume Ukuran Oli Shock Depan Motor

BLOG OSCAS - Sebagai pengguna motor, Anda wajib merawat semua aspek yang ada pada kendaraan roda dua tersebut. Hal ini tentunya bertujuan agar umur motor dapat tahan lama dan tidak rentan terhadap kerusakan. Bahkan Anda pun harus tahu inilah kapasitas volume ukuran oli shock depan motor.


Oli shock breaker merupakan komponen yang bertugas untuk menopang roda depan yang berperan penting untuk menjaga kenyamanan dan handling selama berkendara. Karena memiliki peran yang sangat penting, sehingga tidak boleh ada kerusakan karena bisa berisiko terjadi kerusakan dan membuat komponen lainnya ikut menurun.


Perlu Anda ketahui juga bahwa ada banyak penyebab yang akan membuat oli shock breaker depan mengalami kerusakan. Contohnya adalah kualitas oli yang sudah tidak layak lagi digunakan sehingga membuat daya redam rendah.


Lalu, bagaimana tips dan cara mengganti oli shock depan? Mari simak ulasan di bawah ini yang akan kami bahas khusus untuk Anda.


5 Tips Merawat Oli Shock Breaker Depan Motor


Seperti yang kita ketahui bahwa oli shock breaker depan memiliki kegunaan yang sangat penting untuk menunjang Anda keselamatan saat berkendara. Inilah yang membuat komponen motor yang satu ini harus dirawat secara rutin dengan menggunakan tips berikut ini.


1. Rutin Membersihkan Shock Breaker


Tips pertama yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan oli shock breaker adalah dengan rutin membersihkan shock breakernya. Pasalnya kotoran yang menempel di area shockbreaker mampu membuat lecet dan bisa saja menyebabkan bocor. Jika hal ini sudah terjadi maka akan berdampak pada penurunan kualitas pegas.


2. Hindari Jalan yang Tidak Rata


Buka rahasia umum lagi jika kendaraan yang digunakan pada jalanan tidak rata akan membuat kualitas motor menurun, tidak terkecuali untuk masalah kesehatan shock breaker. Sehingga sangat disarankan untuk menghindari jalanan yang tidak rata agar kondisi oli shock breaker depan tetap aman terjaga.


3. Jangan Terlalu Sering Ngebut


Saat menggunakan kendaraan roda dua, sebaiknya Anda lebih bijaksana dalam menggunakannya yaitu dengan tidak sering ngebut. Apalagi jika Anda sering melalui jalanan yang tidak rata, maka hal ini akan meningkatkan risiko rusaknya oli shockbreaker bagian depan.


4. Perhatikan Beban Bawaan


Tahukah Anda bahwa beban bawaan yang dibawa akan mengakibatkan penurunan fungsi dari suspensi oli shock breaker bagian depan? Oleh karena itu, selalu pertimbangn berat bawaan yang dibawa agar tidak menyiksa komponen motor yang satu ini.


5. Ganti Oli Shock Breaker Depan


Jika kondisi suspensi motor Anda sudah tidak prima lagi, sangat diwajibkan untuk mengganti oli shock breaker dengan yang baru. Umumnya penggantian komponen ini dilakukan setiap 2 hingga 3 tahun sekali. Namun akan lebih baik menggantinya jika dirasa kondisi motor sudah tidak nyaman digunakan.


Nah itulah 5 tips merawat oli untuk shock depan. Setelah mengetahui bagaimana cara menjaga komponen ini pastikan untuk secara rutin melakukan 5 tips di atas.


Ternyata Inilah Kapasitas Volume Ukuran Oli Shock Depan Motor


Takaran oli shock depan ternyata memiliki perbedaan untuk setiap jenis sepeda motor. Dan inilah kapasitas volume ukuran oli shock depan motor yang wajib Anda ketahui.
Umumnya ukuran oli shock breaker sekitar 51 ml hingga 60 ml sesuai dengan jenis motor yang digunakan. Sehingga dalam penggunaannya Anda wajib mengetahui berapa takaran yang pas untuk kendaraan roda dua yang Anda miliki.


Pasalnya hal ini juga sangat penting saat Anda hendak mengisi oli sendiri bukan di bengkel. Jika Anda mengisi oli yang tidak sesuai takaran hal ini akan membuat shock breaker semakin rigid yang dimana daya redam akan semakin keras. Tidak hanya itu, masalah ini juga akan berdampak pada kondisi motor yang akan terasa limbung saat digunakan.

BACA JUGA :

Perbedaan Blok RX King Y1 dan Y4 Bagi Penggemar Motor


Tentunya Anda tidak ingin mengalami hal-hal yang bisa membahayakan saat berkendara, ‘kan? Dengan demikian, segera cari tahu tentang inilah kapasitas volume ukuran oli shock depan motor yang Anda miliki. Bagaimana menurut Anda?

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita