Download our available apps

Cara Menghilangkan Goresan di Cat Doff Biar Kendaraan Tetap Kece!

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Goresan di Cat Doff Biar Kendaraan Tetap Kece!
Gambar Goresan di Cat Doff

BLOG OSCAS - Beberapa orang memang memilih menggunakan kendaraan dengan warna doff untuk gaya dan penampilan yang trendy. Namun perlu diketahui, saat memiliki kendaraan dengan warna doff ini maka cukup rentan dengan yang namanya goresan. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara menghilangkan goresan di cat doff.


Goresan-goresan yang muncul pada cat doff memang sangat mengganggu penampilan kendaraan anda. Tapi bukan berarti hal ini tidak ada solusinya, karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan baretan atau goresan pada cat doff.


Cara Menghilangkan Goresan Di Cat Doff


Untuk Anda yang masih penasaran bagaimana mengatasi motor atau mobil atau apapun yang menggunakan cat doff bila terkena goresan sehingga muncul baretan, simak tips berikut ini.


1. Cuci Dahulu Bagian Yang Baret


Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mencuci bagian yang tergores. Sebaiknya, untuk mencuci bagian cat doff yang kena goresan dilakukan setelah muncul baret atau sesegera mungkin. Alasannya agar kotoran di sekitar motor atau mobil yang terdapat goresan, tidak masuk dan mengering pada bagian tersebut.


Karena jika sudah mengering maka penampilan kendaraan Anda jadi semakin jelek dan baretan jadi semakin susah hilangnya. Ketika mencuci bagian motor yang terkena goresan, maka bisa mencegah kerusakan cat semakin parah.


Untuk cara pencucian yang sendiri biasa saja yaitu menggunakan kain lembut atau spons dengan tekstur yang lembut. Agar lebih  aman maka Anda bisa menggunakan shampo khusus motor saat menggosok bagian baret. Usahakan mencucinya dengan perlahan agar baretan tidak semakin lebar.


2. Gunakan Amplas


Jenis goresan pada cat doff biasanya ada yang cukup dangkal ada juga yang dalam. Semakin kuat tekanan yang terjadi pada permukaan body cat doff, maka akan semakin dalam pula goresan yang muncul. Terlebih dahulu Anda bisa memeriksa tingkat keparahan dari goresan cat doff.


Jika terlalu parah, maka Anda bisa memanfaatkan yang namanya amplas. Aplikasikan amplas  dengan cara membasahi terlebih dahulu bagian barat and dengan air. Lalu kemudian amplas direndam dengan air lalu aplikasikan amplasan pada bagian baretan dengan hati-hati. Lakukan secara perlahan jangan sampai bagian yang tidak baret ikut terkikis karena akan bisa berpotensi menimbulkan goresan baru.


3. Gunakan Compound


Cara menghilangkan goresan di cat doff bisa juga dengan memanfaatkan compound. Compound sendiri bisa Anda aplikasikan setelah melakukan pengamplasan. Pertama-tama gosok bagian yang tergores dengan lap lembut agar amplas nya hilang. Lalu aplikasikan compound secara berulang sampai bekas compound tidak terlihat lagi.


Penggunaan compound bisa dibilang untuk menyempurnakan bagian cat doff yang tergores agar terlihat lebih sempurna. Jika tidak ingin menggunakan compound sebagai pemoles sebenarnya tidak masalah, biasanya jika tidak pakai compound goresan akan sedikit terlihat.


4. Pakai Scratch Remover


Untuk menyempurnakan hasil amplasan Anda juga bisa memanfaatkan yang namanya scratch remover. Produk ini cara pengaplikasiannya sama dengan pemakaian pada compound. Dimana harus digosok ke body cat dop secara perlahan agar tidak merusak bodi keseluruhan.


Cara pengaplikasiannya dengan menggunakan kain lap dengan tekstur yang lembut lalu gosok berkali-kali sampai goresannya hilang. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan scratch remover hanya bisa dipakai pada body motor yang mengalami goresan dangkal.


5. Pakai Pasta Gigi


Pasta gigi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bagian baret pada cat doff. Mengapa menggunakan pasta gigi? Tentu saja, karena produk pasta gigi punya kandungan butiran dengan tekstur yang keras sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan goresan.


Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskan pasta gigi ke bagian cat doff yang mengalami baret. Dioleskan perlahan sampai goresan pada cat tertutupi. Setelah mengoleskan pasta gigi, maka bersihkan menggunakan kain lembut dan bersih.


Kini Anda tentu sudah tahu ada berbagai cara menghilangkan goresan di cat doff. Kelima cara diatas tergolong ampuh dan juga sudah terbukti banyak dilakukan oleh para pengguna motor, mobil dan juga produk-produk yang menggunakan cat doff.

BACA JUGA :

Tips dan Cara Membaca Kode Produksi Ban Mobil


Perlu diperhatikan setelah mencoba cara diatas, jika berhasil maka sebaiknya Anda tetap harus merawat kendaraan dengan cat doff. Alasannya adalah agar penampilan dari motor atau mobil Anda tetap terkesan keren terutama untuk mobil atau motor kesayangan.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita