Download our available apps

Cara Membedakan Knalpot Akraprovic Asli dan Palsu

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Membedakan Knalpot Akraprovic Asli dan Palsu
Foto : Knalpot Akraprovic

BLOG OSCAS - Tidak sedikit knallpot asal luar negeri yang beredar di pasar Indonesia. Hanya saja tidak sedikit pula yang merupakan produk palsu atau produk tiruan. Hal ini dapat merugikan konsumen karena kualitas yang diberika tidak sesuai nama brand yang ditiru. Berikut ini ada beberapa cara membedakan knalpot Akraprovic asli dan palsu.

Tentang Knalpot Akraprovic


Knalpot Akraprovic merupakan knalpot impor yang berasal dari Slovenia. Knalpot ini sudah masuk dalam jajaran knalpot premium karena sering digunkan oleh tim balap internasional. Sebut saja tim Kawasaki Belanda yang pernah menggunakan knalpot ini yang kemudian membuat namanya meroket sehingga banyak dikenal.

Knalpot yang dikembangkan oleh Igor Akraprovic di bengkelnya ini juga pernah dipakai dalam kendaraan milik Valentino Rossi hingga Jorge Lorenzo. Knalpot ini dikenal juga bergabung dalam tim balap Audi Sport, Aston Martin Racing, BMW Motorsport dan masih banyak lagi. Tidak heran jika banyak yang membuat versi palsunya untuk mengeruk keuntungan secara tidak sehat.

Cara Membedakan Knalpot Akraprovic Asli dan Palsu


Karena sudah memiliki kelas yang premium, Akraprovic asli dan palsu sebenarnya sangat mudah dibedakan. Mulai dari harganya yang tidak mungkin akan diberikan murah. Namun cara membedakan knalpot Akraprovic asli dan palsu ini diberikan agar kamu tidak membeli barangĀ  palsu dengan harga barang aslinya.

1. Serial Number


Produk dari Akraprovic memiliki serial number. Jadi akan lebih mudah untuk melacak apakah produk yang kamu beli itu asli maupun palsu. Serial numbernya juga dicetak secara rapi di ujung knalpot, bukan stiker. Apabila kamu menemukan serialnya berbeda dengan dusnya, maka bisa dipastikan bila produknya merupakan produk palsu.

2. Rapi


Produk original selalu rapi karena akan dikontrol oleh pihak Quality Control untuk mengecek apakah produknya cacat atau tidak. Bila cacat pasti produknya tidak akan dipasarkan. Oleh karena itulah, cara membedakan knalpot Akraprovic asli dan palsu adalah dari kerapian penempatan dan penempelan bagian knalpot. Jika tidak, bisa dipastikan itu palsu.

3. Kartu Garansi


Produk asli dari Akraprovic juga merupakan produk bergaransi. Bila kamu tidak menemukan kartu garansi dan stiker untuk mendukungnya, maka kamu bisa meragukan keaslian produknya. Produk palsu tidak akan berani memberikan garansi karena tentu saja mereka memberikan produk dengan bahan dan material yang rendah kualitasnya.

4. Bahan dan Material


Knalpot Akraprovic menggunakan serat karbon sebagai salah satu bahannya. Ini meruppakan bahan material yang mahal dan sulit untuk ditiru. Selain itu, paku rivet yang digunakan juga lebih besar. Untuk knalpot palsunya paku yang digunakan adalah paku berukuran kecil. Penyatuan produknya juga terlihat kokoh dan kuat, berbeda dengan yang palsu yang tidak presisi.

5. Harga Cenderung Tinggi


Merupakan brand internasional yang dikenal oleh banyak tim racing tentu saja membuat produk knalpot Akraprovic asli memiliki harga yang tidak murah. Bahkan umumnya dijumpai dengan harga belasan juta rupiah. Oleh karena itulah, jangan tergiur dengan harga yang murah untuk brand yang satu ini karena sudah bisa dipastikan palsu.

BACA JUGA :

Cara Membedakan Knalpot CLD Asli dan Palsu


Itulah beberapa cara membedakan knalpot Akraprovic asli dan palsu yang semoga bisa menjadi pedoman saat kamu ingin membeli produk knalpot Akraprovic. Sebagai tips, selalu lakukan pembelian di toko yang memang menjadi toko resmi untuk distributor part ini. Jangan sampai membeli di toko yang tidak jelas tingkat kepercayaannya. Semoga bermanfaat.




Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita