Download our available apps

Kapasitas Oli Transmisi Kia Picanto

Pewarta - Prana Hikmat
Kapasitas Oli Transmisi Kia Picanto
Ilustrasi : Kapasitas Oli Transmisi Kia Picanto

BLOG OSCAS - Ketika ingin ganti oli transmisi Kia Picanto harus mengetahui kapasitas oli yang dibutuhkan, termasuk kapan harus ganti oli tersebut agar transmisi mobil tetap terawat dan bekerja secara maksimal. Yuk, ketahui informasinya dibawah ini!

Ganti oli mobil hal yang wajib dilakukan oleh pemiliknya, tidak hanya ganti oli mesin saja, ganti oli transmisi pun sangat penting karena fungsinya penunjang keamanan dan keselamatan berkendara. Maka perlu perawatan secara rutin.

Sebelum membahas kapasitas oli transmisi pada mobil Kia Picanto, mari ketahui terlebih dahulu tentang oli transmisi pada mobil dan kapan waktu yang tepat ganti oli transmisi, termasuk efek jika telat ganti oli transmisi mobil.


Tentang Oli Transmisi Mobil


Oli transmisi kendaraan mobil berperan penting untuk melumasi komponen sistem transmisi, pada sistem transmisi ini banyak komponen saling bergesekan yang tentu saja membutuhkan oli sebagai pelumas agar mobil berjalan normal.

Oli transmisi mobil bertugas untuk memastikan proses ganti gigi berjalan lancar, juga sebagai penghubung transmisi ke gardan. Jika tidak ganti oli transmisi, proses pergantian transmisi bisa terkendala bahkan komponen bisa rusak.

Maka dari itu, penting untuk ganti oli transmisi Kia Picanto atau kendaraan mobil lainnya secara berkala agar sistem transmisi awet dan pemakaian tahan lama. Lantas, berapa liter kapasitas oli transmisi pada Kia Picanto?


Kapasitas Oli Transmisi Kia Picanto


Ketika ingin ganti oli transmisi mobil Kia Picanto, baik model transmisi matik maupun konvensional biasanya membutuhkan oli berkapasitas 3 liter hingga 4 liter, berbeda halnya dengan menguras oli mobil butuh 12 liter.

Kenapa ganti oli dan kuras oli beda kapasitasnya? Proses kuras oli harus mengeluarkan semua oli pada sistem transmisi, hal ini lebih banyak oli yang dibutuhkan, berbeda dengan ganti oli yang hanya melakukan proses penggantian saja.

Adapun biaya ganti oli transmisi berkisar antara Rp 700 ribu hingga Rp 900 ribu, sementara kuras oli transmisi harganya sekitar Rp 1 juta lebih. Maka perlu persiapkan biaya tersebut, jika ingin ganti oli atau kuras oli transmisi Kia Picanto.


Kapan Harus Ganti Oli Transmisi?


Meskipun tidak rutin mengganti oli mesin, namun ganti oli atau kuras oli transmisi perlu dilakukan secara berkala agar fungsi sistem transmisi berjalan lancar dan menjadi komponen transmisi tetap terlumasi agar tidak rusak.

Waktu ideal ganti oli transmisi Kia Picanto bisa dilakukan paling lama jika sudah mencapai 30-40 ribu kilometer, kira-kira dalam rentang waktu 2 tahun sekali. Pastikan ganti oli tidak melebihi batas yang ditentukan agar tidak terjadi kerusakan.


Efek Telat Ganti Oli Transmisi


Jika telat ganti oli bahkan tidak menggantinya dalam waktu lama, maka bisa mengeluarkan bunyi berdengung pada transmisi, bisa dipastikan ada komponen transmisi yang rusak. Maka dari itu, yuk ganti oli transmisi mobil secara berkala!

Selain itu, jika oli transmisi telat diganti akan mengakibatkan kopling selip sehingga mengganggu keseimbangan putaran mesin, suara mesin keras namun laju mobil tidak melesat. Maka dari itu, penting ganti oli transmisi mobil.

Nah, jika tidak ingin terjadi kerusakan pada komponen transmisi dan sistem transmisi bisa berjalan lancar, maka ganti oli sesuai waktu yang ditentukan. Untuk lebih jelasnya, bisa tanyakan perihal ganti oli transmisi ke bengkel kepercayaan kamu.

BACA JUGA :

Kapasitas Oli Mesin Hino Dutro 110


Demikian informasi seputar kapasitas oli transmisi Kia Picanto dan waktu ideal ganti oli atau kuras oli transmisi kendaraan kamu, pastinya penting merawat transmisi mobil jika tidak ingin terjadi kerusakan yang parah. Semoga bermanfaat.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita