Download our available apps

Cara Melepas Paku Rivet Pada Knalpot Tidak Perlu Dipaksa

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Melepas Paku Rivet Pada Knalpot Tidak Perlu Dipaksa
Ilustrasi : Cara Melepas Paku Rivet Pada Knalpot

BLOG OSCAS - Bukan rahasia umum lagi kalau knalpot kendaraan harus dijaga dengan baik.  Misalnya saja baut rivetnya sudah kendor, dan menyebabkan terganggunya kinerja knalpot, jadi perlu dilepas. Namun, banyak yang belum mengetahui bagaimana cara melepas paku rivet pada knalpot.


Karena memang paku atau baut ini memiliki sifat yang unik. Jadi, melepasnya juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab nantinya bukan menyebabkan baut atau paku ini terlepas, justru malah membuat cengkraman paku menjadi lebih kuat.


Akhirnya harus menggunakan cara yang kasar. Malah nantinya dapat merusak permukaan knalpot bekas paku tadi.


Mengenal Paku Rivet


Tentu sebelumnya, penting untuk mengetahui terlebih dahulu tentang paku rivet ini. jadi apa itu sebenarnya paku rivet. Paku ini sering juga dikenal dengan nama baut, dan bahan penyusunnya adalah plastik.


Meskipun hanya disusun dengan menggunakan plastik, namun kekuatan dari paku ini sudah tidak perlu lagi diragukan dan memang luar biasa. Nantinya paku ini akan tertanam pada ring plastik, kemudian paku ini akan mengunci dengan kuat bagian yang diinginkan.


Hal yang memang menjadi fungsi utama dari paku ini. Bentuk dari paku ini sangatlah beragam, ada yang memiliki ulir pada sisinya ada juga yang tidak. Kemudian ukurannya juga beragam, karena ada yang berukuran besar sampai sangat kecil.


Cara Melepas Paku Rivet Pada Knalpot


Setelah mengenal paku ini, maka sekarang saatnya untuk mencari tahu bagaimana cara melepas paku rivet pada knalpot. Biasanya paku ini digunakan untuk mengencangkan bagian cover knalpot dengan knalpot.


Penggunaan paku ini dipilih berdasarkan dengan kekuatan yang dimiliki oleh paku rivet. Jadi paku dapat menahan dengan sempurna kuncian yang ada di knalpot ini.


1. Mempersiapkan Alat dan Bahan


Hal pertama pengguna harus menyiapkan alat yang tepat untuk melepas baut ini. Untuk melepas paku ini tidak membutuhkan banyak alat dan bahan, dan bukan merupakan sesuatu yang sulit untuk dilakukan.


Jadi pengguna hanya membutuhkan obeng untuk memutar paku ini supaya terlepas. Pengguna juga dapat menggunakan bor listrik, namun usahakan dengan tekanan yang kecil.


2. Melepas dengan Perlahan


Selanjutnya kalau sudah memiliki obeng ataupun bor, maka pengguna sudah bisa langsung melepaskan paku ini. namun pastikan untuk melepaskan baut ini dengan perlahan, dan hati-hati dan jangan sampai merusak pakunya.


Karena kalau pakunya rusak, maka akan sulit untuk melepaskan pakunya nanti. Akibatnya harus dicabut paksa dan justru membuat kerusakan, dan bisa berbekas.


3. Mencongkel dengan Kuku


Ini merupakan triknya, jadi kalau baut sudah sedikit longgar pengguna perlu mencongkelnya dengan kuku. Jadi, sudah tidak perlu lagi menggunakan obeng ataupun bor.


Cukup congkel sedikit saja dengan kuku, atau kalau tidak memiliki kuku bisa menggunakan obeng yang ujungnya lancip. Kalau sudah pengguna dapat melepaskannya dengan menggunakan obeng tersebut secara perlahan.


4. Melepaskan Baut


Terakhir melepaskan bautnya. Jadi kalau sudah dicongkel dengan kuku, maka pengguna akan lebih mudah untuk melepaskan baut ini. Perlahan congkel, kemudian lepaskan dengan memutarnya kembali menggunakan tangan saja.

BACA JUGA :

Penyebab Karatan dan Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot dengan Coca Cola


Tidak perlu buru-buru, supaya baut dapat terlepas dengan lebih sempurna dan tentunya lebih mantap. Selain itu juga lebih aman, dan tidak merusak.


Hindari Melepas dengan Paksa


Terkadang saat melepas baut ini banyak pengguna yang melepasnya secara paksa, dan tidak sabar. Padahal kalau melepasnya dengan perlahan akan lebih mudah dilakukan.

Selain itu, jika melepas baut ini dengan terburu-buru dapat menyebabkan baut justru bengkok parah.


Akibatnya malah baut atau paku rivet ini menjadi sulit untuk terlepas, dan akan menempel lebih kuat. Selain itu, kalau pakunya ini bengkok maka dapat menyebabkan goresan. Nantinya goresan tersebut akan menimbulkan bekas.


Tentu, kalau sudah seperti itu akan mengganggu keindahan yang dimiliki oleh knalpot. Tidak hanya itu saja kalau melepasnya secara paksa juga dapat menimbulkan patahan pada bagian pelindung knalpot, dan itu akan sangat berbahaya.


Oleh sebab itu gunakan saja semua cara melepas paku rivet pada knalpot yang disebutkan di atas. Karena semua cara di atas sangatlah aman, dan efektif. Tidak akan merusak knalpot sama sekali namun dapat melepas paku secara sempurna, tanpa menimbulkan bekas dan juga kerusakan sama sekali.



Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita