Download our available apps

Inilah Solusi Mengatasi Tarikan Mobil Ngempos

Pewarta - Prana Hikmat
Inilah Solusi Mengatasi Tarikan Mobil Ngempos
Ilustrasi Solusi Mengatasi Tarikan Mobil Ngempos

BLOG OSCAS - Salah satu masalah yang cukup mengganggu kenyamanan saat berkendara adalah tarikan mobil ngempos, kondisi dimana gas sudah diinjak secara maksimal namun mobil bergerak pelan atau loyo. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi masalah gas mobil ngempos bisa melakukan pengecekan terhadap komponen yang menyebabkan mobil hilang tenaga. Artinya, dengan mengetahui faktor penyebabnya maka bisa mendapatkan solusi penangannya.

Berikan sedikit penjelasan tentang gas mobil ngempos yang perlu diketahui, kondisi mesin mobil tidak bertenaga yang bisa disebabkan berbagai faktor dan perlu cari tahu solusinya.


Gas Mobil Ngempos


Gas mobil ngempos merupakan suatu kondisi dimana mesin tidak berjalan lancar seperti ada yang menghambat, tarikan mesin menjadi berat bahkan suara mesin jadi kasar. Mobil hilang akselerasi sehingga membuat tenaga mobil loyo.

Tarikan mobil ngempos biasanya terjadi akibat filter udara kotor, namun perlu melakukan pengecekan lebih lanjut agar bisa mengetahui penyebab pasti mesin jadi loyo.

Lantas, apa sih yang bikin tenaga mesin loyo? Jika mobil kurang mendapatkan perawatan tentu saja ada beberapa part atau komponen bermasalah yang bisa menyebabkan gas jadi ngempos. Yuk, simak faktor penyebabnya dibawah ini!


Penyebab Tarikan Mobil Ngempos


Gas mobil ngempos tentu saja bikin rasa berkendara jadi kurang nyaman, apalagi jika mobil sedang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan jauh, namun mesin mobil kurang bertenaga. Adapun faktor penyebabnya adalah sebagai berikut:


1. Mesin Mobil Overheating


Mesin mobil panas berlebih bisa membuat tenaga berkurang, hal ini terjadi bisa disebabkan oleh radiator rusak sehingga sistem pendingin mesin bermasalah, kemudian membuat mesin overheat dan performa mesin jadi menurun.


2. Masalah Sistem Pengapian


Sistem pengapian mobil punya peran penting salah satunya untuk menentukan tenaga mesin, hal ini karena berhubungan dengan proses pembakaran di ruang bakar untuk menggerakan silinder dan menciptakan tenaga bagi mobil.


3. Filter Udara Kotor


Tersumbatnya filter udara oleh kotoran bisa mengakibatkan sirkulasi udara ke ruang bakar jadi terganggu, hal ini bisa menyebabkan tenaga mesin jadi kurang responsif. Maka dari itu, pastikan filter udara dalam kondisi bersih.


4. Klep Bocor


Klep pada mesin mobil berfungsi sebagai pintu masuk udara dan bensin serta pintu keluar untuk membuang sisa pembakaran. Jika klep bocor atau setelan kurang pas, bisa mengakibatkan tenaga mesin jadi loyo alias ngempos.


5. Busi Kotor


Busi juga memiliki peran sangat penting dalam mendukung sistem pembakaran, busi kotor akan menghambat proses pembakaran dan membuat tenaga mesin jadi berkurang. Maka dari itu, penting menjaga kebersihan busi mobil.

Nah, itulah beberapa penyebab yang bisa dicek pada mobil, pastikan komponen di atas bekerja secara normal. Jika ada komponen yang rusak, maka bisa segera menggantinya. Berikut cara mengatasi gas mobil ngempos.


Mengatasi Tarikan Mobil Ngempos


Setelah mengetahui faktor penyebab tarikan mobil ngempos, maka ketahui pula solusi mengatasi permasalahan yang bikin tenaga mobil loyo. Adapun cara mengatasinya sebgaia berikut:

  1. Rutin melakukan servis atau tune up
  2. Cek kualitas air radiator pendingin mesin
  3. Bersihkan busi secara berkala
  4. Bersihkan filter udara dari kotoran
  5. Periksakan sistem pengapian mobil


Jika solusi diatas belum juga mengembalikan performa mesin mobil, maka bisa bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut. Pastikan menyiapkan biaya yang diperlukan untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan mobil tersebut.

BACA JUGA :

Yuk, Cari Tahu Disini! Cara Membuat Tarikan Mobil Lebih Enteng


Dengan mengetahui faktor penyebab tarikan mobil ngempos, setidaknya ada sedikit gambaran apa yang harus dilakukan ketika mobil tidak bertenaga. Namun, terpenting selalu rutin melakukan perawatan mobil agar tetap prima.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita