Download our available apps

5 Cara Menghilangkan Tanda Petir di Hp Samsung Secara Gampang

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Menghilangkan Tanda Petir di Hp Samsung Secara Gampang
Foto : Tanda Petir di Hp Samsung

BLOG OSCAS - Pernahkah Anda mengalami Hp nge-charge sendiri? Hal ini ditandai dengan adanya tanda petir di bagian atas. Cara menghilangkan tanda petir di Hp Samsung bisa dilakukan dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!


Penyebab Muncul Tanda Petir di Hp Samsung


Jangan dulu berpikir aneh, jika Hp tiba-tiba muncul tanda petir seperti halnya sedang pengisian daya. Pada dasarnya hal ini bisa saja terjadi untuk berbagai produk Hp, seperti Samsung dan sebagainya. Tanda petir yang muncul bisa disebabkan beberapa faktor, diantaranya:


  • Terjadi error pada indikator baterai yang ditunjukkan dengan tidak berhentinya pengisian daya meskipun charger sudah dilepas.
  • Sistem yang mengalami error, misalnya dikarenakan root ataupun faktor lainnya.
  • Penyebab lainnya bisa dikarenakan kabel charger yang kondisinya kurang baik untuk digunakan.
  • Terdapat kerusakan pada konektor charger yang digunakan, sehingga bisa memunculkan tanda petir seolah sedang mengisi daya.
  • Rusaknya IC charger yang sangat berperan penting dalam proses pengisian daya. Jika mengalami kerusakan tentu bisa memberikan dampak tidak biasa pada Hp.


Cara Menghilangkan Tanda Petir di Hp Samsung


Munculnya tanda petir memang bukanlah hal yang cukup serius. Namun, tentu harus diatasi sebaik mungkin, sehingga Hp bisa tampil sebagaimana mestinya. Beberapa cara menghilangkan tanda petir di Hp Samsung bisa dilakukan dengan langkah berikut:


1. Me-restart Hp


Untuk beberapa masalah pada Hp memang banyak diatasi dengan melakukan restart. Hal ini bertujuan untuk pemuatan ulang sehingga sistem bisa berjalan normal kembali. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah pada Hp.


Selain itu, Anda juga bisa mematikan daya dan melepaskan baterai. Pada dasarnya cara ini hampir serupa dengan restart Hp. Hanya saja, Anda bisa melepaskan baterai terlebih dahulu. Kemudian pasang kembali dan nyalakan ulang Hp Anda.


2. Me-reset Hp


Cara lainnya yang bisa dicoba yaitu dengan me-reset Hp. Alternatif yang satu ini banyak dijadikan sebagai langkah untuk mengatasi berbagai sistem error pada Hp. Begitu pula halnya dengan Hp yang kondisinya dalam pengisian daya secara terus menerus.


Opsi reset Hp ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Umumnya, Anda bisa melakukan cara ini dengan mengakses menu Setelan pada Hp. Kemudian, temukan menu reset pabrik, maka sistem pun akan kembali pada setelah pabrik.


3.  Mengganti Kabel pada Charger yang Digunakan


Lain halnya jika penyebabnya berasal dari charger, maka Anda harus mengganti kabel charger. Hal ini biasanya berhubungan dengan usia charger yang sudah terlalu tua. Sehingga bisa menyebabkan error pada Hp.


Ketika mengganti kabel yang baru, pastikan sesuai dengan spesifikasi Hp yang Anda gunakan. Ada baiknya kalau Anda bisa memilih yang original. Dengan demikian charger-nya akan lebih awet dan aman untuk Hp.


4. Mengganti Konektor


Cara menghilangkan tanda petir di Hp Samsung juga bisa dilakukan dengan mengganti konektor pada charger. Hal ini jika penyebabnya berasal dari konektor yang rusak. Pada umumnya, konektor sudah terpasang pada bagian Hp, maka dari itu proses penggantiannya tidak bisa dilakukan secara sembarang.


Agar lebih aman, Anda bisa membawa Hp pada tempat service. Selanjutnya, penggantian konektor pun bisa dilakukan secara aman. Pasalnya, Hp Anda akan dibongkar oleh ahli yang sudah profesional.


5. Mengganti IC Charger


Seperti yang disinggung sebelumnya, penyebab munculnya tanda petir bisa dikarenakan IC charger yang rusak. Jika memang hal ini terjadi, maka Anda harus segera mengganti bagian IC charger. Tanda lainnya yang menunjukkan IC rusak yaitu Hp tidak kunjung penuh meski sudah pengisian daya dalam waktu lama.

BACA JUGA :

Ternyata Begini Cara Menghilangkan Jam di Lockscreen Samsung


Nah, itulah beberapa cara menghilangkan tanda petir di Hp Samsung yang bisa Anda coba. Alternatif yang harus dilakukan tentunya harus disesuaikan dengan penyebab yang ditemukan. Dengan demikian, masalah pun akan lebih mudah diatasi dan Hp pun akan kembali normal.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita