Download our available apps

Kenali 5 Ciri-ciri Introvert, Apakah Kamu Termasuk?

Pewarta - Galih Maulana H
Kenali 5 Ciri-ciri Introvert, Apakah Kamu Termasuk?
Ilustrasi ciri-ciri introvert. Sumber (walpaper flarer).

Terdapat 2 tipe kepribadian manusia, yaitu ekstrovert dan introvert. Nah, bagi kamu yang merasa introvert namun belum yakin. Coba pahami ciri-ciri introvert pada penjelasan kali ini.

Ciri-ciri yang sering dianggap sebagai introvert adalah pemalu. Padahal, pemalu dan introvert tidaklah sama dan pemalu tidak termasuk kriterianya. Lantas, apa saja tanda-tanda kamu seorang introvert? Simak selengkapnya di bawah ini.

Ciri-ciri Introvert

Dilansir dari hellosehat, pada dasarnya introvert bukan gangguan mental yang kriterianya dijelaskan dalam  DSM-5. Berikut ciri-ciri untuk mengetahui apakah seseorang introvert atau bukan.

1.      Lebih senang menghabiskan waktu sendirian

Orang introvert lebih senang menghabiskan waktu sendirian. Bahkan, terkadang orang lain mengira kamu ansos atau anti sosial. Melakukan pekerjaan seorang diri adalah hal yang paling menyenangkan dikarenakan hal ini dapat membantu mengisi ulang energi positif.

Namun, bukan berarti seseorang yang introvert sendirian terus dalam sehari. Introvert juga senang menghabiskan waktu dengan orang terdekat, seperti teman, dan keluarga.

2.      Memiliki teman yang sedikit

Banyak orang beranggapan bahwa introvert itu tidak memiliki teman. Padahal pandangan seperti ini salah. Seorang introvert juga memiliki teman walau sedikit tidak sebanyak orang lain. Misalnya, satu atau dua saja. Namun, pertemanan yang terjalin cenderung berkualitas.

3.      Energi terkuras saat di keramaian

Orang introvert tidak masalah berinteraksi sosial. Namun, energinya akan terkuras bisa berinteraksi dengan banyak orang dalam satu waktu. Hal ini perbedaan dasar dengan orang ekstrovert yang lebih senang bertemu dengan banyak orang.

4.      Lebih sadar dengan diri sendiri

Orang introvert seringkali menyelami pikiran dan perasaannya. Hal ini yang membuat ia lebih senang belajar mengenai dirinya sendiri. Mereka suka mencoba berbagai hobi dan mengetahui apa yang paling disukainya.

Biasanya orang introvert juga senang memikirkan hidup yang ia jalani. Hal lain yang disukai ialah membaca buku atau menonton film berkualitas untuk refleksi diri.

5.      Belajar dengan cara observasi

Orang dengan kepribadian introvert lebih suka melakukan observasi terlebih dahulu. Ia lebih suka mempelajari segala hal sebelum praktik.

Nah, demikianlah beberapa ciri-ciri introvert yang bisa kamu ketahui. Apakah salah satunya terdapat pada diri kamu? jawab di kolom komentar ya.

Pewarta : Galih Maulana H
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita