Download our available apps

5 Rekomendasi Bahan Tas Ramah Lingkungan

Pewarta - Galih Maulana H
5 Rekomendasi Bahan Tas Ramah Lingkungan
Ilustrasi bahan tas ramah lingkungan. Sumber: (Instagram/Cultagaia)

Saat ini sampah plastik menjadi masalah utama dalam pencemaran lingkungan, baik tanah atau laut. Memiliki sifat yang susah terurai, sampah plastik sangat berbahaya jika terus dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu sebagai masyarakat sebaiknya mulai menyadarinya dan menggunakan bahan tas ramah lingkungan.

Dikutip daei Times of India, berikut rangkuman rekomendasi tas dengan bahan yang ramah lingkungan:

1. Tas katun

Salah satu bahan tas ramah lingkungan dan banyak digunakan di kalangan masyarakat. Selain ringan, bisa dibentuk dengan berbagai gaya. Tas katun juga lembut ketika disentuh. Apalagi tas ini bisa digunakan dengan jangka waktu yang cukup lama.

Sekarang sebagian besar supermarket telah menawarkan tas dengan bahan katun ini. Sehingga bisa kamu gunakan setiap kali akan berbelanja.

2. Tas bambu

Tas bambu juga nyaman digunakan sehari-hari, lho. Bahannya yang kokoh dan ringan, membuat tas ini bisa menopang beban yang berat sekalipun. Tas dengan bahan ini bisa kamu gunakan selama bertahu-tahun.

Kelebihan lain dari tas bahan bambu ialah bersifat anti-jamur dan anti-bakteri alami. Oleh karena itu, tas ini adalah pilihan terbaik bagi kamu yang suka sesuatu unik.

3.Tas goni

Selain bambu, bahan tas ramah lingkungan selanjutnya ialah goni. Kuat, tahan air, dan dapat menahan beban yang cukup berat. Selain itu, tas ini juga cocok jika dijadikan wadah makanan panas karena memiliki sifat isolasi yang luar biasa.

Dikatakan ramah lingkungan karena bahan ini benar-benar akan kompos jika dibuang.

4.Tas kertas

Tas kertas sudah menjadi tren pasar sejak lama. Tentu saja bahan ini sangat ramah lingkungan karena dapat terurai secara hayati. Tas ini juga aman digunakan dan menjadi alternatif terbaik untuk menghindari plastik. Sayangnya, biasanya tas ini tidak cukup kuat dengan beban yang sangat berat.

5.Tas rami

Jika kamu seseorang yang selalu khawatir tas akan bocor. Maka mulailah gunakan tas bahan rami. Tas ini merupakan kain penyerap yang baik dan juga lebih kuat dibandingkan kapas. Jadi, sangat aman jika kamu membawa beban sangat berat menggunakan bahan ini.

 Sayangnya, biasanya tampilan dari tas ini kurang menarik dibandingkan pilihan yang lain.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi bahan tas ramah lingkungan yang harus segera kamu gunakan sebagai ganti plastik. Semoga bermanfaat!

Pewarta : Galih Maulana H
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita