Download our available apps

Empat Perbedaan Kain Blacu dan Kanvas

Pewarta - Prana Hikmat
Empat Perbedaan Kain Blacu dan Kanvas
Ilustrasi

Baik kain blacu maupun kanvas, keduanya merupakan jenis kain yang digunakan dalam industri fashion untuk membuat berbagai barang komersil. Tas atau dompet adalah contoh produk yang dibuat dari kain kanvas atau kain blacu dan sangat populer di pasaran.

Tapi, tahukah Anda apa saja perbedaan kain blacu dan kanvas? Dari keduanya, mana jenis kain yang lebih kuat dan lebih sempurna untuk membuat tas, dompet atau barang lainnya.

Perbedaan Kain Blacu dan Kanvas

Memahami spesifikasi dan kualitas produk sebelum membelinya merupakan ide cemerlang. Anda yang tengah kebingungan antara tas kain blacu atau kain kanvas, mungkin bisa memutuskan setelah menyimak artikel berikut.

1. Ketebalan Kain

Kualitas kain yang dimiliki oleh kain kanvas dan kain blacu berbeda. Proses pembuatan kain blacu cukup unik. Warna kainnya pun tidak seputih kain katun pada umumnya. Bagaimana dengan ketebalan kainnya?

Jika dicermati secara teliti, kain kanvas jauh lebih tebal daripada kain blacu. Karena ketebalannya inilah, banyak orang yang memilih untuk membeli tas dari kain kanvas daripada blacu. Apalagi jika mereka menggunakan tas tersebut untuk membawa beban yang berat.

2. Harga

Selain mempunyai tingkat ketebalan yang lebih besar, kain kanvas juga dijual dengan harga lebih mahal daripada kain blacu. Perbedaan tersebut lumrah mengingat kualitas yang dimiliki oleh kain kanvas jauh melebihi kain blacu.

Jikalau Anda lebih nyaman mengenakan tas dengan kualitas tinggi maka pilihlah kain kanvas. Namun bila Anda lebih menyukai tas dengan harga murah, tidak perlu tunggu dua kali untuk belanja tas atau produk lainnya dari kain blacu.

3. Ketahanan Kain

Dari segi ketahanan dan kekuatan bahan, kain kanvas jauh lebih tebal dari blacu. Itulah mengapa produk yang dibuat dari kain kanvas cenderung lebih awet daripada blacu. Terlebih jika Anda merawat tas kain kanvas dengan baik seperti rajin membersihkannya.

Perawatan tas kain kanvas dan kain blacu jauh lebih mudah daripada tas kulit. Anda hanya perlu membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan luar kain maupun bagian dalamnya.

4. Tingkat Kehalusan

Saat menyentuh tas yang terbuat dari kain kanvas, Anda akan menemukan tas tebal dengan permukaan yang halus. Sementara itu, tekstur kain dari kain blacu jauh lebih tipis dan kasar.

Pilihlah tas kain kanvas bagi Anda yang ingin memperoleh kenyamanan saat mengenakan tasnya. Tas kain kanvas memberikan tingkat kenyamanan lebih baik daripada kain blacu.

Penutup

Ternyata, ada begitu banyak perbedaan antara kain kanvas dan juga kain blacu. Anda hanya perlu memilih produk dengan tepat berdasarkan kelebihan dan kekurangan bahannya.

Bicara tentang kualitas tas, ada satu perusahaan konveksi tas asal Bandung yang menjual tas paling berkualitas. CV. Oscas Indonesia menjual tas ransel, tas selempang, tas ransel dan jenis tas menarik lainnya sesuai budget maupun selera Anda.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita