Download our available apps

Cara Menghilangkan Cat Pilox pada Sepatu

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Cat Pilox pada Sepatu
Ilustrasi : Cat Pilox pada Sepatu

BLOG OSCAS - Pada saat sedang melakukan pengecatan dengan cat semprot kadang cat menetas ke permukaan sepatu. Tidak perlu panik, karena ada cara mudah menghilangkan cat pilox pada sepatu dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh.

Meskipun ada beberapa jenis sepatu yang sulit dibersihkan dari noda cat, namun dengan bahan pembersih yang tepat maka noda tersebut bisa hilang, terutama pada sepatu yang terbuat dari bahan kanvas atau dari bahan pakaian.

Nah, untuk mengetahui seperti apa cara menghilangkan noda cat pada sepatu hingga bersih dari noda membandel tersebut, mari simak tutorialnya dibawah ini. Pastikan setiap langkahnya dilakukan dengan benar dan tidak ada yang terlewat.


Sekilas Tentang Cat Pilox


Cat pilox atau yang dikenal cat semprot merupakan produk aerosol yang menggunakan gas cair untuk menyemprotkan cairan cat, biasanya terkandung bahan akrilik yang membuat cat tahan terhadap sinar UV dan permukaan jadi mengkilap.

Cat semprot jenis akrilik biasanya digunakan untuk kendaraan bermotor, seperti mengecat bodi motor, velg motor, hingga mesin motor. Terkadang juga digunakan untuk membuat lukisan atau mengecat media kayu karena hasilnya mengkilap.

Bagaimana jika cat pilox atau cat semprot berbahan akrilik menempel di sepatu? Tidak perlu khawatir, ada cara mudah menghilangkan cat pilox pada sepatu yang bisa dilakukan di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan.


Cara Menghilangkan Cat Pilox pada Sepatu


Setelah mengetahui bahan dasar cat pilox mengandung bahan akrilik, jika cat semprot tersebut menempel di sepatu maka bisa dibersihkan dengan cara sebagai berikut:


1. Bersihkan Cat dengan Kain Basah


Jika cat pilox masih basah kemudian menempel di sepatu, maka bisa bersihkan dengan kain basah. Hal ini memudahkan noda cat hilang dari permukaan sepatu, pastikan sepatu dalam kondisi basah agar mudah dibersihkan.


2. Bersihkan Cat dengan Detergen


Untuk menghilangkan noda cat pada sepatu bisa menggunakan detergen dan air, pastikan takarannya sama taruh di mangkuk kecil. Kemudian oleskan campuran deterjen pada sepatu memakai spon basah, lalu gosok secara perlahan.


3. Bersihkan dengan Penghapus Cat Kuku


Untuk membersihkan cat pilox yang menempel pada sepatu selanjutnya bisa menggunakan penghapus cat kuku, tuangkan bahan tersebut pada serbet kertas yang lembab, kemudian usap pada bagian noda cat pada sepatu hingga bersih.


4. Bersihkan Cat dengan Sikat Gigi


Selanjutnya menggunakan sikat gigi yang cukup ampuh untuk menghilangkan bekas cat pada sepatu yang mengering, gosok secara perlahan sikat gigi pada permukaan sepatu yang terkena cat, lakukan berulang hingga sepatu bersih.


5. Rendam Sepatu dengan Air Panas


Siapkan ember untuk mencuci sepatu, kemudian tuangkan air panas dan rendam sepatu sampai terendam seluruhnya. Lakukan perendaman ini setidaknya 6 jam, kemudian gosok bagian noda cat yang menempel hingga bersih.


6. Bersihkan Cat dengan Cairan Terpentin


Adapun cara lainnya bisa menggunakan cairan terpentin untuk menghilangkan noda cat pada sepatu, gosok bagian sepatu yang terkena cat dengan spon atau kain yang sudah dituangkan cairan terpentin hingga cat hilang pada sepatu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri di rumah untuk menghilangkan cat pilox pada sepatu dengan bahan yang mudah didapatkan, jika noda cat masih saja membandel, maka bisa bawa ke tempat jasa pencucian sepatu.

BACA JUGA :

Ternyata Begini Cara Menghilangkan Bekas Plisket Pada Kain yang Paling Ampuh


Demikian tutorial cara menghilangkan noda cat pada sepatu yang bisa disampaikan, semoga membantu membersihkan cat yang menempel. Pastikan pembersihan dilakukan dengan tepat agar bersih maksimal. Semoga bermanfaat.





Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita