Cara Merawat Suara Ayam Pelung Cianjur
Umum

Cara Merawat Suara Ayam Pelung Cianjur

Galur ayam lokal multiguna seperti Ayam Pelung dapat dijadikan jenis ayam apa saja. Ayam asli Cianjur ini cocok jadi ayam petelur , ayam pedaging atau bahkan ayam pertaruh. Namun Ayam Pelung paling terkenal dari suaranya yang merdu dan panjang. Kokoknya bisa jadi pemenang berbagai kontes dan patut dibudidayakan. Lalu bagaimana cara merawat suarat Ayam Pelung Cianjur yang berharga tersebut? Berikut caranya.

1. Kandang

Cara perawatan suara Ayam Pelung Cianjur yang paling penting adalah dari kandangnya. Tumbuh kembangnya yang pesat perlu disertai ukuran kandang yang ideal. Hindari menaruh beberapa Ama Pelung dalam satu kandang yang dapat membuatnya stress.

Cara merawat suara Ayam Pelung Cianjur terbaik adalah menggunakan kandang panggung. Dengan demikian pemiliknya cukup menyemprotkan bagian bawah kandang dan seketika jadi langsung bersih. Menjaga kebersihan kandang sangat berpengaruh untuk suara yang dikeluarkan.

2. Pakan Makanan

Jenis ayam berkualitas ini sangat cepat tumbuh kembangnya. Dengan pakan yang baik maka dapat segera tumbuh besar dan juga memiliki suara kokok yang semakin merdu. Cara merawat suara Ayam Pelung Cianjur paling efektif adalah memperhatikan asupan sehari-harinya.

Selain pakan Ayam biasanya berikan juga biji-bijian dan makanan tambahaan yang menunjang suara. Sebagai varietas Ayam hias, pemilik ayam perlu memastikan makanan sehari-hari Ayamnya bergizi dan bernutrisi. Beberapa pilihan pakan termasuk paduan antara biji dan buah.

  • Paduan antara gabah dengan kacang hijau dan beras merah dapat meningkatkan stamina Ayam Pelung dan mendukungnya untuk mengeluarkan suara kokok dengan penuh tenaga.
  • Beri makan tambahan pisang yang lembut dan bernutrisi. Tambahan pakan ini dapat memperhalus suara Ayam Pelung
  • Tomat efektif untuk mendinginkan tenggorokan dan menghilangkan lendir
  • Jeruk yang diberikan secara berkala terutama ketika suara kokok terdengar serak dapat mengatasi masalah tersebut dengan baik
  • Pepaya dapat membantu sistem pernafasan dan pencernaannya. Jadi suara kokok dapat melengkung dan tinggi.

3. Tambahan Vitamin

Layaknya manusia yang lebih sehat dan berenergi bila didukung asupan vitamin, tidak berbeda dengan Ayam Pelung. Tambahan vitamin akan memberikan vitalitas yang dibutuhkan Ayam Pelung mengalunkan suara indahnya yang melengkung dan unik.

Ayam Pelung yang diikut sertakan dalam kontes sangat butuh tambahan vitamin untuk meningkatkan performa sebelum tanding. Memberikan vitamin menjelang kontes suara Ayam Pelung tentu paling tepat. Cara perawatan suara Ayam Pelung Cianjur dengan memberi vitamin cukup mudah dan terjangkau.

Vitamin yang diberikan bisa berupa ramuan herbal atau jejamuan yang dapat meningkatkan stamina tubuh. Ayam Pelung jadi tambah nafsu makan bila disertai dengan pemberian vitamin. Hal ini tentu sangat berdampak pada kualitas suara yang dihasilkannya. Ada berbagai kontes suara yang dapat diikutinya baik berskala nasional maupun internasional.

4. Berjemur

Sesekali bila cuaca cerah, ajak Ayam Pelung untuk berjemur. Kebiasaan sehat yang sangat bermanfaat untuk mnusia ini juga berfaedah untuk kesehatan Ayam Pelung. Tubuhnya jadi lebih sehat dan fit, khususnya pada saat berkokok.

5. Dekat Kandang Betina

Semua cara merawat suara Ayam Pelung Cianjur sudah dilakukan dan Ayam jantan Anda masih juga enggan berkokok? Coba tempatkan kandangnya dekat Ayam Pelung Betina. Secara alami Ayam Pelung Jantan Anda akan memamerkan suara merdunya dihadapan lawan jenis.

Ayam Pelung Cianjur dapat mengeluarkan suaranya yang merdu sampai lehernya tegak dan terdengar sampai jauh. Perawatan yang menyeluruh mulai dari kualitas kandang, pakan dan vitaminnya akan menjamin suara emas tersebut terus menguntungkan pemiliknya. Mengetahui dengan benar cara merawat suara Ayam Pelung Cianjur akan menjamin kokok Ayam Pelung merdu yang khas.

 

 

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *