Cara Memandikan Ayam Pelung
Umum

Ini Dia 10 Cara Memandikan Ayam Pelung

Memiliki hewan peliharaan memang memberikan sensasi tersendiri. Apalagi jika hewan yang dipelihara memiliki nilai yang tinggi, seperti ayam pelung. Ayam yang berasal dari Jawa Barat ini memiliki nilai yang tinggi dipasaran karena suaranya yang bagus. Sebagai pemilik, Anda perlu untuk mengetahui makanan yang bagus, cara memandikan ayam pelung yang benar hingga melatih suara ayam.

Untuk menjaga kebersihan, ayam pelung memang perlu untuk dimandikan. Agar ayam merasa segar dan terbebas dari virus maupun bakteri. Ayam pelung yang dimandikan cenderung akan lebih bugar, ini bisa dilihat dari cara ayam makan, beraktivitas di luar kandang. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memandikan ayam pelung.

Cara Memandikan Ayam Pelung

1. Siapkan Peralatan Mandi Ayam

Untuk memandikan ayam pelung, siapkan dahulu beberapa perlatan untuk lebih meringankan pekerjaan. Perlatan tersebut diantaranya, ember yang besar dan lebar, kemudian spons dan juga handuk. Jangan lupa untuk menyiapkan air bersih di dalam ember secukupnya.

2. Berikan Ketenangan untuk Ayam

Ketika mengambil ayam dari kandang, jangan buat hewan ini stres atau memberontak. Tidak sedikit ayam yang akan berusaha lepas ketika akan dimandikan. Setelah diambil dari kandang, elus-elus tubuh dari kepala hingga kaki agar ayam bisa tenang.

Selepas itu, baru di basuh dengan air perlahan-lahan. Dimulai dari bagian punggung, kemudian sayap, kaki dan bagian lain. Jika memungkinkan, pijat tubuh ayam untuk meregangkan otot-otot yang kaku.

3. Gunakan Spons untuk Mengucurkan Air

Cara memandikan ayam pelung selanjutnya adalah dengan ambil spons yang sudah dipersiapkan tadi, kemudian masukan ke dalam air. Usapkan secara perlahan ke tubuh ayam dengan agak menekannya akan air keluar. Tekstur spons yang lembut bisa membuat ayam tetap dalam keadaan tenang. Cara ini jauh lebih baik dibandingkan mengguyur air langsung ke ayam dengan menggunakan gayung.

4. Basuh Bagian Punggung Ayam

Dengan menggunakan spons tadi, basuh punggung ayam dengan cara mengusap. Lakukan satu arah dari depan ke belakang agar tidak merusak bulu. Bersihkan jika memang terdapat kotoran seperti tanah ataupun kotoran dari ayam itu sendiri.

5. Basuh Bagian Sayap

Bagian ini kerap ditemukan banyak kuman karena terdapat bagian yang tertutup. Maka dari itu, membersihkan sayap ayam bisa menjadi prioritas ketika memandikan ayam pelung. Lebarkan sayap kemudian basuh dari bagian yang dekat dengan punggung sampai ujung. Basuh dari bagian atas kemudian di bagian bawahnya, ulangi cara ini pada sayap yang satunya.

6. Basuh Ekor Ayam

Menjadi tempat keluarnya kotoran, bagian ekor ayam jangan sampai ketinggalan untuk dibersihkan. Bersihkan dengan cara membasuh air dalam spons dari ekor sampai ujung bulu ekor. Bersihkan juga bagian bawah ayam dengan merata. Jika terdapat kutu yang bersarang, segera lakukan pengobatan setelah ayam dimandikan.

7. Basuh Kaki Sampai Ujung Jari

Cara memandikan ayam pelung selanjutnya adalah perhatikan pada bagian kaki. Ketika membasuh bagian ini, Anda bisa sambil memijatnya. Kaki yang merupakan penopang tubuh ayam harus dalam keadaan yang kokoh. Apalagi ketika diikutkan kontes, kaki harus kuat untuk bisa berdiri dengan gagah selama kontes berlangsung. Bersihkan dari kaki bagian atas hingga jari sampai alasnya. Pastikan tidak ada kotoran di bagian alas kaki.

8. Basuh Bagian Leher Sampai Kepala

Untuk memandikan ayam di bagian ini, Anda bisa melakukannya dari bagian kepala kemudian leher. Gunakan air yang bersih, agar tidak ada kotoran yang hinggap. Anda bisa menutup bagian mata ayam agar tidak terkena air. Untuk bagian leher, basuh dari atas ke bawah dengan sedikit memijat leher ayam pelung.

9. Keringkan dengan Handuk

Gunakan handuk yang dikhususkan untuk ayam. Pastikan sudah dalam kondisi yang kering dan sering dicuci. Usapkan dari bagian kepala, kemudian leher, pungguh, lalu ke sayap. Dilanjutkan memberihkan air di ekor, bagian bahwa ayam hingga kaki ayam.

10. Jemur Ayam Pelung

Jemur ayam pelung dengan menempatkannya di kurungan ayam. Letakkan ayam di area yang benar-benar terkena sinar matahari beberapa saat sampai benar-benar kering. Jika sudah kering, segera pindahkan ayam kekandang yang sudah dibersihkan sebelumnya. Pada tahap ini, proses memandikan ayam pelung sudah selesai.

Ayam pelung yang bersih atau sering dimandikan akan lebih tahan terhadap penyakit. Ayam jenis ini memiliki harga yang tingi, sehingga sayang jika tidak dirawat dengan baik. Suaranya yang merdu menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Itu dia cara memandikan ayam pelung yang perlu diketahui. Mudah bukan buat dilakukan? Selamat mencoba ya!

 

 

 

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *