Download our available apps

Cara Melacak Laptop Yang Hilang Dengan Serial Number dan Cara Mudah Lainnya

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Melacak Laptop Yang Hilang Dengan Serial Number dan Cara Mudah Lainnya
Ilustrasi : Laptop

BLOG OSCAS - Saat ini, laptop bukan lagi barang mewah melainkan kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh hampir setiap orang untuk bekerja maupun belajar. Kehilangan laptop dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar, oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara melacak laptop yang hilang dengan serial number. Pasalnya memang ada berbagai cara untuk melacak laptop yang hilang, salah satunya menggunakan serial number.


Harga jual laptop yang masih tinggi menjadi salah satu penyebab laptop menjadi incaran perilaku kriminalitas. Selain itu, barangnya yang tidak terlalu besar dan berat membuat laptop mudah dicuri. Anda harus mengetahui cara melacak laptop yang hilang dengan serial number atau cara lainnya agar laptop bisa cepat ketemu ketika terjadi kehilangan.


Cara Melacak Laptop Yang Hilang


Kehilangan laptop bukan hanya menimbulkan kerugian yang besar dalam segi materi, tetapi membuat data atau informasi dan file penting dalam laptop Anda ikut hilang.

Bayangkan jika Anda menyimpan data atau file di laptop tanpa membackup terlebih dahulu, pasti sangat merugikan dan mengganggu aktivitas belajar atau bekerja bukan?

Jika Anda mengalami pencurian atau kehilangan laptop, berikut merupakan beberapa cara melacak laptop yang hilang yang bisa Anda lakukan, yaitu:


1. Pemblokiran Serial Number


Cara melacak laptop yang hilang dengan serial number, yaitu dengan pemblokiran. Ketika sudah kehilangan laptop, anda bisa menghubungi service center vendor laptop Anda untuk melakukan pemblokiran serial number. Pastikan anda memiliki nomor atau alamat yang bisa dihubungi ke service center, lalu beri tahu spesifikasi atau serial number yang ada pada box laptop Anda.


Pemblokiran serial number yang dilakukan oleh pihak service center akan memudahkan pelacakan dan pendeteksian lokasi oleh service center ketika laptop digunakan. Cara melacak laptop yang hilang dengan serial number yang satunya cukup mudah bukan? Semoga segera terlacak dan jangan lupa juga lapor pihak berwajib.


2. Lacak IP Address Menggunakan Dropbox atau Gmail


Cara melacak laptop yang hilang Anda bisa menggunakan dropbox atau Gmail. Anda dapat login ke Gmail atau Dropbox menggunakan perangkat atau komputer mana saja namun tetap masuk ke IP address yang digunakan. Pasalnya kedua layanan tersebut bisa menampilkan IP address terakhir yang Anda gunakan.


Anda dapat melacak IP address melalui Gmail dengan mengklik bagian kanan bawah yang bertuliskan "details", sedangkan ketika masuk ke akun Dropbox, Anda bisa klik bagian settings lalu security. Nanti apabila pencuri laptop menggunakan laptop Anda, Anda akan menemukan IP address dan bisa melacak keberadaannya.


3. Prey


Cara melacak laptop yang hilang selanjutnya yaitu dengan aplikasi Prey. Meski begitu Anda harus menginstal aplikasi ini terlebih dahulu untuk bisa bekerja, lalu segera upgrade ke paket personal dengan biaya Rp67.000 perbulan atau paket Rp200.000 per bulan.


Caranya mudah, Anda bisa membuka website prey di http://preyproject.com, lalu buat akun dan pilih menu “Add New Device”. Setelah itu Anda bisa menentukan jenis perangkat yang akan dilindungi. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda akan menerima update tentang posisi laptop selama 10 menit. Dengan begitu, laptop Anda akan aman dan mudah dilacak.


4. LockItTight


Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan aplikasi LockItTight yang memudahkan anda untuk melacak posisi laptop serta memata-matai orang yang mengambil laptop Anda.

Dengan begitu Anda bisa menemukan lokasi Laptop Anda yang dicuri dengan mudah dan cepat. Bahkan Anda juga dapat screen capture semua kegiatan pencuri melalui webcam yang ada pada laptop termasuk melihat situs apa saja yang dibuka dari laptop tersebut.


Untuk menggunakan aplikasi ini tentunya Anda harus melakukan install terlebih dahulu. Ada pilihan install yaitu secara gratis atau premium. Jika secara gratis mendapatkan 5 fitur namun jika ingin merasakan semua fiturnya anda perlu berlangganan dan mengeluarkan biaya sekitar Rp26.000 setiap bulan.


Itulah beberapa hal mengenai cara melacak laptop yang hilang dengan serial number dan cara lainnya yang bisa Anda lakukan. Tentunya hal ini ini bisa dilakukan sebagai upaya untuk menjaga laptop Anda agar tetap aman dan bisa mencari laptop dengan mudah dan cepat.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita