Download our available apps

Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di Windows 10

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Mengatasi USB Tidak Terbaca di Windows 10
Foto oleh Anete Lusina dari Pexels

Koneksi USB tidak dapat terbaca di Windows 10? Kelihatannya bagi beberapa pengguna akan bingung bahkan panik jika terjadi saat dibutuhkan. Untuk itu, kali ini akan membahas cara mengatasi USB tidak terbaca di Windows 10 yang mungkin jadi solusi atau alternatif. Berikut langkah atau cara yang bisa dicoba untuk menanganinya:

1. Lakukan Restart

Jalankan perintah restart pada komputer maupun laptop yang memakai Windows 10. Caranya dengan mengambil konektor atau kabel USB yang sedang terhubung, lalu tunggu selama beberapa menit. Cari menu restart yang terdapat di sebelah pojok kiri, jika sudah, masukan kembali kabel USB tersebut pada Port yang tersedia.

Langkah melakukan proses restart bertujuan untuk mengembalikan proses yang gagal maupun membenarkan Driver yang kurang responsive. Selain itu, proses ini juga dapat mengembalikan performa awal dari sebuah sistem Windows 10 yang mengalami masalah singkat pada prosesnya. Tapi yang perlu diperhatikan, tidak semua masalah akan selesai dengan langkah ini.

2. Hubungkan USB Dengan Komputer Lain

Bila cara pertama belum berhasil maka periksa USB. Awalnya, masukan USB ke Port dari komputer lain yang menggunakan Windows 10, untuk melihat, apakah berhasil terbaca atau tidak? Seandainya berhasil, kemungkinan komputer atau laptop yang digunakan mengalami masalah pada konektor ataupun pada Driver yang digunakan. Sehingga pengguna perlu melakukan perbaikan atau penggantian.

3. Ambil Semua Konektor USB

Jika setelah pemeriksaan ditemukan masalah, maka cabutlah semua kabel atau segala jenis konektor USB yang terhubung ke dalam komputer atau laptop pengguna Windows 10. Bila terlalu banyak USB tersambung ke satu sistem, akan dijumpai banyak kendala terjadi, salah satunya menghambat kinerja dari konektor lain. Jadi perhatikan kembali jika ingin menghubungkan semua konektor secara bersamaan.

Bila semua USB terambil dari Port komputer atau laptop, langkah selanjutnya tinggal mencoba dengan memasukan 1 konektor saja. Jika berhasil, tentu kabel USB akan terbaca kembali pada tampilan atau terdapat Notifikasi dari Windows 10. Berikutnya, penting untuk dicatat, kemampuan dari laptop atau komputer yang digunakan tidak mampu menerima semua aliran secara bersamaan. Jadi pastikan untuk menautkan USB secara bijak.

4. Rubah Pengaturan USB Root Hub

Akseslah menu USB Root Hub yang terdapat pada pengaturan Power Management. Langkahnya klik R+Windows di Keyboard, lalu secara bersama – ketik devmgmt.msc – Enter. Lalu klik panah bawah untuk tampilan yang lebih besar pada USB Controller – pilih USB Root Hub – klik Properties.

Pilihlah menu Power Management, hapus ceklist pada opsi yang terdapat di dalamnya. Setelah itu hanya tinggal pilih opsi Ok atau Apply. Untuk memastikan apakah sudah berhasil atau belum, tinggal colokan kembali USB. Jika belum bisa, centang kembali opsi yang tadi dihapus.

5. Perbarui Driver Dari USB Port.

Terakhir, lakukan update Driver dari USB, tujuannya agar semua fitur yang tersedia bisa kembali normal serta menambah kestabilan sistem. Umumnya untuk mengatasi USB tidak terbaca di Windows 10 memiliki berbagai penyebab, jadi tidak ada salahnya melakukan pembaruan pada Driver. Meskipun langkah ini bisa jadi berhasil maupun tidak berhasil sama sekali.

Untuk melakukan pembaruan pada sistem bisa melakukan 2 cara. Pertama yakni dengan melakukan pembaruan mandiri, dengan menjalankan pengunduhan driver di browser kemudian menjalankan instalasi sampai sukses. Atau bisa juga dengan meminta bantuan ahli reparasi, agar hasilnya lebih optimal. Khususnya, bagi pengguna yang tidak ingin mengambil banyak resiko.

Bagaimana? Uraian cara mengatasi USB tidak terbaca di Windows 10 di atas sudah cukup jelas untuk dipahami bukan? Jadi, segera saja runut caranya dari yang paling awal, agar dapat melakukan perbaikan yang paling optimal!

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita