Download our available apps

5 Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7 Paling Praktis

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7 Paling Praktis
Sumber : pexels

Kesal dengan laptop yang tiba-tiba lemot saat sedang digunakan? Hal tersebut tidak bisa dipungkiri, sebab seiring berjalannya waktu, performa laptop juga bisa mengalami penurunan. Namun adakah cara mengatasi komputer lemot windows 7? ada banyak cara mengatasinya agar performa laptop kembali bagus.

Walau tergolong keluaran lama, windows 7 masih memiliki banyak peminat. Bagaimana tidak, cara penggunaannya mudah dan praktis disamping itu ada beberapa fitur yang tidak terdapat pada windows 8. Tapi tidak usah khawatir, kini sudah ditemukan solusi jika laptop yang masih menggunakan windows 7 menjadi lemot.

1. Uninstall Bloatware

Bloatware sama halnya dengan software yang otomatis akan terunduh ketika membeli laptop. Tetapi tidak semua software digunakan dan hanya akan menghabiskan ruang penyimpanan saja jika terus menerus terpasang dalam laptop.

Beberapa perangkat lunak akan berjalan secara otomatis jika laptop sudah dinyalakan. Maka dari itu software yang tidak digunakan harus disingkirkan agar windows 7 tidak lemot lagi. Dengan cara uninstall Bloatware akan membuat kinerja laptop menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

2. Batasi Startup Process

Berikutnya hal yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi software yang digunakan ketika windows 7 sedang berjalan. Caranya cukup mudah, hanya dengan menuliskan MSCONFIG pada kolom pencarian lalu tekan enter. Setelah itu buka tab Startup dan akan muncul daftar aplikasi beserta dengan pengertiannya masing-masing.

Dari beberapa aplikasi yang muncul pada daftar, pilihlah yang tidak dibutuhkan ketika Startup seperti QuickTime. Hilangkan tanda centang yang berada di samping nama aplikasi untuk mematikannya. Tetapi perlu diingat bahwa aplikasi yang berhubungan dengan hardware jangan diganggu, sebab jika ceklisnya juga dihilangkan maka kinerja dari windows 7 akan terganggu.

3. Cek Virus Dan Spyware

Virus merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang alat elektronik seperti laptop. Virus akan merusak dokumen dan dapat menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Lalu bagaimana cara mengatasi komputer lemot windows 7? Cukup dengan mengunduh aplikasi anti virus.

Lakukan pemindaian agar virus tidak masuk dan menyerang perangkat lunak pada laptop. Namun jika laptop sudah bervirus maka unduh aplikasi anti virus untuk membersihkannya agar tidak merambat kemana-mana.

4. Ubah Power Settings

Pengaturan ini akan mempengaruhi performa laptop. Tetapi hanya berlaku untuk laptop yang sedang terhubung dengan listrik. Cukup dengan memilih opsi high performance maka kinerja laptop akan meningkat.

Hal ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi laptop lemot. Namun pengaturan ini jangan di terapkan pada laptop jika sedang tidak dalam mode pengisian daya karena akan membuat baterai cepat habis.

5. Install Ulang Windows

Cara terakhir dengan menginstall ulang windows 7. Bisa jadi saat windows di install ulang akan memperbaiki kinerja laptop sehingga file yang tidak penting akan hilang dengan sendirinya.

Software atau hardware yang error akan menjadi salah satu penyebab laptop bisa lemot. Maka dari itu dengan menginstall ulang windows akan membuat laptop kembali ke tampilan semula dan performanya juga akan meningkat. Cara ini bisa digunakan jika sudah tidak ada solusi lagi untuk mengatasinya.

Komputer yang masih menggunakan windows 7 tidak bisa dipungkiri jika performanya sudah mulai menurun. Walau demikian masih banyak yang menggunakan windows 7, tampilannya memang sederhana namun ada beberapa fitur yang tidak terdapat pada windows lain. Tapi tidak usah khawatir lagi jika mendapatkan masalah seperti ini, sebab sudah ada cara mengatasi komputer lemot windows 7.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita