Download our available apps

5 Cara Mengetahui Perbedaan Windows Ori dan Bajakan

Pewarta - Prana Hikmat
5 Cara Mengetahui Perbedaan Windows Ori dan Bajakan
Ilustrasi : Perbedaan windows ori dan bajakan

Adanya dua versi windows, yaitu bajakan dan ori membuat pengguna laptop sulit untuk membedakan di antara dua hal tersebut. Untuk menghindari membeli windows bajakan maka perlu mengetahui apa perbedaan windows ori dan bajakan. Agar nantinya tidak salah pilih.

Windows ori adalah yang resmi dari Microsoft sedangkan yang palsu menggunakan software tambahan atau lebih dikenal dengan aplikasi pihak ketiga. Berikut akan dibahas lebih jelas mengenai perbedaan dari windows ori dan bajakan:

1. Melihat Dari Tampilannya

Sekilas tampilan dari windows ori dan bajakan hampir tidak dapat dibedakan. Tetapi jika dilihat lebih teliti lagi pengguna bisa langsung mengetahui perbedaan windows ori dan bajakan. Windows original menyediakan banyak fitur ketimbang dengan yang bajakan. Lalu bagaimana cara mendapatkan windows original? Tentu dengan membeli laptop pada toko resmi Microsoft.

Windows ori lebih terlihat elegan dan sederhana dibandingkan dengan yang bajakan. Pembuat windows bajakan ini sengaja membuat tampilannya sangat mirip agar tidak bisa dibedakan. Namun bagi yang paham betul dengan windows bisa langsung mengetahui walau hanya melihat dari tampilannya saja.

2. Mengecek Fitur Windows Update

Windows yang asli terutama windows 10 akan selalu mendapatkan notifikasi update dari pihak Microsoft. Baik itu dari segi keamanan windows maupun feature update. Windows bajakan juga mendapatkan update terbaru tetapi hanya berjalan beberapa saat saja.

Windows bajakan tidak dapat mempertahankan fitur windows update karena akan terancam jika pihak dari Microsoft mengetahuinya. Maka dari itu fitur update pada windows bajakan akan muncul di awal saja, selebihnya tidak akan ada pemberitahuan lagi.

3. Mengecek Cara Penggunaan

Cara selanjutnya yaitu dengan mengecek proses dari sistemnya. Windows original penggunaannya mudah, sedangkan yang bajakan sedikit ribet karena harus sering melakukan aktivasi.

Misalnya apabila windows sedang dalam proses update biasanya harus melakukan aktivasi lagi agar sistemnya dapat kembali normal. Cara ini bisa dilakukan untuk mengetahui apakah windows yang digunakan ori atau bajakan cukup dengan melihat dari kemudahan dalam penggunaannya.

4. Melihat Dari Segi Keamanan

Windows bajakan keamanannya tidak terjamin, berbeda halnya dengan windows original yang resmi dikeluarkan oleh pihak Microsoft sehingga bebas dari virus. Windows ori tingkat keamanannya lebih tinggi karena dilengkapi dengan anti virus.

Fitur dari windows ori lebih lengkap terutama dari segi keamanan. Pihak dari Microsoft sangat menjaga keamanan dari penggunanya, sehingga windows yang diluncurkan betul-betul bebas dari virus yang dapat merusak file dan program di dalam laptop.

5. Mengecek Support Dari Microsoft

Bila windows yang digunakan original, maka Microsoft akan memberikan support atau dukungan pabrikan komputer. Tetapi juga tergantung pada lisensi windows yang dimiliki. Disarankan untuk tidak membeli lisensi pada online shop, karena lisensi yang akan didapatkan tidak sepenuhnya original.

Support berfungsi ketika laptop sedang dalam masalah, misalnya windows sedang error atau ada kendala saat menginstall windows. Pengguna windows 10 original dapat langsung menghubungi pabrikan komputer melalui email atau telepon. Sedangkan windows bajakan tidak memiliki support tersebut.

Menggunakan windows original selain tingkat keamanannya sangat terjaga, pengguna juga bisa mendukung pengembang dari sistem operasi ini. Secara hukum, apapun yang bersangkutan dengan legalitas pengguna tidak perlu khawatir lagi akan terkena pidana.

Dengan membeli pada lisensi resmi, pengguna tidak perlu lagi pusing mengenai perbedaan windows ori dan bajakan. Sudah tentu windows yang diberikan adalah original. Membeli laptop dengan windows bajakan akan memberikan banyak resiko tentunya, maka dari itu hindarilah hal-hal yang berbau bajakan. Lebih baik menggunakan yang resmi dari pengembangnya sendiri.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita