Download our available apps

Cara Membersihkan Layar HP Touchscreen Dengan Minyak Kayu Putih

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Membersihkan Layar HP Touchscreen Dengan Minyak Kayu Putih
Ilustrasi : Cara Membersihkan Layar HP Touchscreen Dengan Minyak Kayu Putih

BLOG OSCAS - Tidak sedikit sumber yang mengatakan bila smartphone adalah benda yang paling banyak memiliki kuman dan bakteri. Namun tidak hanya karena itu saja, alasan kenyamanan juga bisa menjadi alasan seperti layar touchscreen yang kotor. Berikut ini ada cara membersihkan layar HP touchscreen dengan minyak kayu putih.

Mengapa Menggunakan Kayu Putih?


Sebelum memulai cara membersihkan layar HP touchscreen dengan minyak kayu putih, mungkin kamu bertanya-tanya mengapa menggunakan kayu putih dan tidak menggunakan bahan lainnya. Alasan pertama bila menggunakan air adalah belum semua smartphone anti air sehingga tentu kita harus menghindarinya.

Lalu bagaimana dengan penggunaan alkohol? Ada beberapa memang yang menyaranan untuk menggunakan alkohol, namun sulit untuk menemukan bahan alkohol yang tidak bercampur dengan zat lainnya yang mungkin akan memberikan dampak negatif untuk smartphone. Oleh karena itu dipilihllah minyak kayu putih.

Alasan pemilihan minyak kayu putih pun juga cukup baik. Yang pertama meskipun disebut minyak, namun sebenarnya ini bukan sepenuhnya minyak. Kayu putih memiliki sifat seperti alkohol yang mudah menguap sehingga selesai kamu mengoleskannya tidak akan tersisa cairan di layar seperti jika kamu menggunakan air.

Hanya saja mungkin yang menjadi masalah adalah pada bau dari minyak kayu putih yang menyengat. Namun jangan khawatir, baunya akan hilang dalam beberapa menit. Nah kita mulai saja cara membersihkan layar HP touchscreen dengan minyak kayu putih yang sebelumnnya kita siapkan dulu alat dan bahannya.

Alat dan Bahan Yang Dibutuhkan


  1. Minyak kayu putih
  2. Wadah mangkuk kecil
  3. Kain lembut, bisa menggunakan kain pembersih kacamata, siapkan setidaknya dua
  4. Cotton bud


Langkah Membersihkan


  1. Langkah pertama cara membersihkan layar HP touchscreen dengan minyak kayu putih adalah dengan melepas case atau pelindung dari smartphone kamu
  2. Setelah melepasnya, bersihkan terlebih dahulu dengan kain
  3. Tuangkan sedikit kayu putih ke wadah mangkuk kecil agar lebih mudah mengaplikasikan pembersihannya
  4. Celupkan sedikit kain pembersih ke minyak kayu putih dan mulai oleskan ke permukaan touchsreen secara perlahan
  5. Apabila ada bagian kotor yang menempel, seperti bekas makanan atau kotoran lain, teteskan sedikit minyak kayu putih agar kotoran tersebut larut.
  6. Tunggu beberapa saat kemudian mulai gosok secara perlahan bagian yang memiliki kotoran
  7. Setelahnya, bersihkan seluruh permukaan
  8. Biasanya akan ada celah diantara tempered glass dan juga layar touchsreen dan akan penuh debu
  9. Gunakan cotton bud yang sudah dicelupkan ke larutan minyak kayu putih kemudian gosok perlahan bagian sela-selanya
  10. Lakukan hingga semua sela-sela bersih, bila memungkinkan kamu juga bisa membersihkan bagian sela-sela speaker juga dengan cotton buds ini.
  11. Setelah itu, sekali lagi usap dengan kain lembut yang baru untuk membersihkan sisa-sisa minyak kayu putih yang menempel
  12. Selesai


Nah itulah cara membersihkan layar HP touchscreen dengan minyak kayu putih secara mendetail. Kamu bisa melakukannya setiap satu minggu sekali karena memang debu akan mudah sekali menempel pada smartphone. Terutama untuk kamu yang tidak bisa lepas dari smartphone, kotoran makanan bisa juga menempel di layar.

Sedangkan untuk membersihkan case, kamu tidak perlu melakukan cara membersihkan layar HP touchscreen dengan minyak kayu putih. Untuk case berbahan silikon atau plastik, kamu bisa mencucinya menggunakan sabun cuci piring dan mengelapnya sampai kering sebelum memasangkannya pada smartphone.


BACA JUGA :

Ternyata Begini Cara Menghilangkan Jam di Lockscreen Samsung


Bagaimana? Mudah bukan caranya? Semoga cara membersihkan layar HP touchscreen dengan minyak kayu putih ini bisa bermanfaat untuk menjaga kebersihan smartphonemu.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita