Download our available apps

Cara Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus
Ilustrasi : Hapus aplikasi android

BLOG OSCAS - Smartphone Android memiliki keunggulan sangat mudah untuk memasang aplikasi secara gratis karena sistem OS-nya yang terbuka sehingga bisa dikembangkan oleh siapapun. Tidak heran aplikasi untuk OS Android bisa begitu beragam. Namun dengan begitu pula yang membuat OS Android juga mudah disusupi atau dipasangi aplikasi yang ternyata tidak bisa dihapus. Masalahnya tidak semua pengguna membutuhkan aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus tersebut sehingga ingin mencopotnya agar mendapat space lebih lega. Selain aplikasi bawaan, adanya aplikasi yang setelah Anda install lalu ternyata tak cocok kemudian ingin dihapus dan ternyata tidak bisa juga bikin pusing bukan?

Tapi Anda tak perlu pusing karena sebenarnya ada cara atau trik untuk menghapus jenis aplikasi seperti itu. Cara ini pun tidak membutuhkan aplikasi lainnya alias cukup dengan smartphone milik Anda sendiri.

Namun perlu Anda ketahui terlebih dulu bahwa ada dua kemungkinan untuk menjawab kenapa aplikasi tidak bisa dihapus.Pertama, bisa jadi aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan OS Android dalam smartphone itu.

Kedua, aplikasi tambahan itu dilengkapi dengan fitur dan fungsi yang spesifik. Penandanya adalah ketika Anda memasang aplikasi tersebut biasanya akan muncul permintaan akses aplikasi terhadap Device Administrator yang terdapat dalam setting smartphone.

Lalu bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus tersebut?

Anda bisa memakai tiga cara untuk menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus tersebut hanya dengan berbekal smartphone. Cara pertama adalah dengan menonaktifkan administrator perangkat jadi tak perlu memasang aplikasi tambahan. Sedangkan cara kedua bisa menggunakan aplikasi khusus bernama Factory Reset. Sesuai namanya, aplikasi ini sama seperti cara kerja factory reset di smartphone namun berbentuk aplikasi sehingga lebih simpel dan mudah. Jadi pastikan Anda sudah mengamankan seluruh data dan file yang perlu disimpan karena setelah di-reset maka akan kembali bersih total. Simak caranya berikut ini:

1. Cara Hapus Aplikasi Android dengan Menonaktifkan Fitur Administrator Perangkat

  • Pertama, Anda wajib memastikan dulu bahwa aplikasi tersebut benar tidak dapat dihapus dari perangkat smartphone. Misalnya aplikasi Easy Touch sebagai contoh kasus.
  • Selanjutnya, buka menu Setting atau Pengaturan yang terdapat dalam smartphone lalu pilih opsi Security.
  • Klik opsi Device Manager atau Device Administrator, lalu tap aplikasi yang ingin Anda hapus.
  • Berikutnya akan muncul opsi untuk menonaktifkan aplikasi tersebut. Anda tinggal pilih yang Deactivate. Dengan begitu maka aplikasi tersebut sudah berhasil dinonaktifkan oleh sistem pengaturan smartphone.
  • Jangan lupa, kemudian periksa bagian Manajemen Aplikasi untuk mencoba kembali uninstall aplikasi Easy Touch tersebut. Anda bisa memilij Force Stop untuk menghentikan paksa aplikasi tersebut agar bisa dihapus dari smartphone.
  • Nantinya akan muncul pop-up yang memberikan pilihan "OK" atau "cancel" bahwa ingin memberhentikan paksa aplikasi tersebut. Pilihlah "OK".
  • Setelah klik "OK" akan muncul pop up serupa lagi yang menanyakan apakah Anda benar-benar ingin uninstall aplikasi ini. Anda tinggal klik "OK" dan akhirnya aplikasi itu berhasil dihapus dari smartphone secara menyeluruh.

2. Hapus Paksa Aplikasi Bandel Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  • Cari aplikasi yang ditujukan untuk menghapus aplikasi bandel di Play Store. Contohnya, Easy Uninstaller App Uninstall. Download lalu jalankan aplikasi tersebut seperti biasanya.
  • Lalu klik opsi "Start Using Now". Nantinya aplikasi akan melakukan analyzing pada perangkat Android.
  • Kemudian tandai aplikasi yang ingin Anda hapus.
  • Setelah mencentang aplikasi yang ingin Anda hapus maka kemudian tekan tombol Uninstall yang berada di bagian bawah. Klik "OK" saat muncul notifikasi untuk konfirmasi bahwa Anda benar – benar ingin menghapus aplikasi tersebut.
  • Selesai. Anda juga bisa me-restart handphone selanjutnya jika ingin lebih memastikan telah terhapus sempurna.

3. Cara Hapus Aplikasi Android dengan Aplikasi Factory Reset

  • Anda bisa download lebih dulu aplikasi Factory Reset di Play Store lalu install seperti biasanya.
  • Setelah terpasang, bukalah menu awal lalu silahkan klik factory reset.
  • Tunggu proses hingga selesai lalu smartphone Android akan otomatis reboot. Saat menyala kembali maka kondisi smartphone Anda akan dalam posisi seperti pertama kali dibeli.

Factory reset juga bisa dilakukan menggunakan fitur setelan pabrik atau menggunakan mode recovery yang selalu ada di setiap smartphone.

Cara ketiga tidak direkomendasikan untuk dilakukan kecuali dalam keadaan terpaksa, misalnya aplikasi yang terpasang mengandung malware atau disusupi virus sehingga tidak bisa dihapus. Jika itu terjadi maka cara paling aman adalah melakukan factory reset.

BACA JUGA :

Ada File yang Tidak Bisa Dihapus di Memory Card? Begini Cara Hapusnya!

Demikianlah tips dan tata cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di smartphone Android. Kedua cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita