Download our available apps

Ada File yang Tidak Bisa Dihapus di Memory Card? Begini Cara Hapusnya!

Pewarta - Prana Hikmat
Ada File yang Tidak Bisa Dihapus di Memory Card? Begini Cara Hapusnya!
Ilustrasi : Memory card android

BLOG OSCAS - Memory card merupakan benda sangat penting bagi Anda pengguna smartphone. Fungsinya yang sebagai media penyimpanan tambahan untuk mengatasi penyimpanan internal yang penuh menjadi krusial seiring bertambahnya aktivitas Anda dalam menggunakan gadget. Jadi sangat penting untuk selalu menjaga memory card agar tidak overload. Salah satunya dengan memperhatikan file yang disimpan di memory card. Pasalnya, terkadang ada file ataupun folder yang bandel tidak bisa dihapus di sana.

Anda tak perlu khawatir karena ada trik untuk menghapus file bandel yang melekat di memory card. Namun memang butuh perlakuan yang agak spesial. Sebab perlakuan yang salah bisa jadi malah menyebabkan kartu memory atau SD card menjadi rusak dan tidak dapat digunakan kembali. Yuk simak trik berikut ini untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di dalam memory card! Ada cara yang harus dilakukan melalui laptop tapi ada juga yang hanya berbekal hape Android anda sendiri.

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa dihapus di Memory Card Android


1. Hapus File Melalui Pengaturan "Setting" di Android

Untuk melakukan berbagai pengaturan memang bisa dilakukan melalui menu "Setting", begitupun untuk menghapus file bandel di memory card.

Caranya masuklah ke menu "Setting" atau "Pengaturan" kemudian pilih pada bagian "Penyimpanan" kemudian pilih file mana yang ingin dihapus.

Meski mudah namun cara ini memiliki kekurangan karena pengelompokannya berdasarkan jenis file. Jadi ketika Anda menghapusnya berarti menghapus satu kelompok, bukan satu file saja. Alhasil file yang tidak ingin Anda hapus akhirnya ikut terhapus.

Namun bagi Anda yang memang tidak ingin ribet, direpotkan memilih file per file, maka ini adalah cara paling tepat. Disarankan untuk Anda memindahkan file yang tidak ingin dihapus ke tempat lain sebelum melakukan dengan trik ini.

2. Hapus File Bandel Melalui Laptop

Trik kedua adalah menghapus file bandel menggunakan laptop. Cara ini bisa Anda lakukan jika mendapati peringatan "Anda tidak memiliki izin untuk menghapus file" saat sedang menghapus file dari memory card di smartphone.

Jadi Anda tidak perlu bingung mencari izin akses untuk menghapus file tersebut. Anda tinggal menghubungkan memory card ke laptop atau komputer dengan kabel data maupun menggunakan card reader. Setelah terhubung dengan komputer, carilah file yang akan dihapus. Kemudian hapus file tersebut seperti cara menghapus file biasa alias menggunakan tombol delete seperti pada umumnya.

File yang dihapus tersebut tersimpan di recycle bin laptop jika ukurannya kecil. Bila berukuran besar akan terhapus secara permanen, biasanya akan muncul notifikasi ini setelah Anda klik delete.

Jadi sebenarnya cara ini juga bisa diterapkan untuk cara menghapus folder yang tidak bisa dihapus di Android. Cara ini tergolong manjur dan efisien jika Anda sering menggunakan laptop.

3. Menghilangkan atribut read only pada file bandel

Sebelum melangkah ke cara ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa ada beberapa jenis atribut yang tersemat ke sebuah file. Atribut itu berupa jenis keterbacaan file tersebut yaitu "read only" dan "hidden". Jika "read only" maka pengguna tidak bisa melakukan editing pada file, jadi hanya bisa dilihat saja. Sedangkan jika attribute-nya "hidden" maka filenya tersembunyi alias ada tapi tidak kelihatan.

Jika salah satu dari dua attribute ini aktif file tersebut tidak bisa diedit maupun dihapus. Hal ini bisa juga terjadi karena adanya virus atau malware di dalam android. Agar bisa dihapus maka harus dinonaktifkan attribute pada file bandel ini. Caranya harus menggunakan laptop agar lebih mudah.

Pertama, buka isi memory card/SD card Anda di laptop. Lalu klik kanan pada file yang diinginkan kemudian pilih "Properties". Lalu akan muncul box detil properties, lihat di bagian terbawag akan terlihat checkbox untuk atribute. Hilangkan centang pada kedua checkbox tersebut. Setelah itu delete file dengan cara biasanya. Pasti akan berhasil.

4. Menggunakan SD Card Cleaner

Jika Anda tipe pengguna yang malas ribet harus buka laptop atau menelusuri Pengaturan, maka bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tersedia banyak pilihan penghapus file di Play Store yang bisa Anda pilih, salah satunya SD Card Cleaner.

SD Card Cleaner direkomendasikan untuk menghapus file yang bandel dengan mudah bahkan untuk file-file yang tersembunyi. Caranya dengan men-download lebih dulu aplikasinya lalu buka dan jalankan. Kemudian pilih file yang Anda inginkan untuk dihapus lalu klik delete. Semudah itu.

5. Format Memory Card

Ini adalah cara paling ekstrem namun paling tidak bikin pusing jika Anda benar-benar sudah siap. Dalam artian, Anda memang berniat memulai kembali memory card Anda dari nol. Jadi disarankan untuk Anda melakukan pencadangan terlebih dulu jika berniat mengambil langkah format ulang. Sebab jika sudah dilakukan maka seluruh file yang ada tidak akan bisa dipulihkan kembali.

Meski menakutkan namun cara ini tidak hanya ampuh menghapus file dan folder yang tidak bisa dihapus, tapi juga bisa menghilangkan virus yang ada di dalamnya. Lakukanlah dengan langkah berikut ini:

  1. Pasang SD card ke dalam smartphone android.
  2. Nyalakan smartphone kemudian pilih menu Setting > Storage > Portable Storage.
  3. Pilih driver kartu SD berlanjut masuk ke opsi Storage Setting > Format > Erase & Format.

Demikianlah tips cara untuk menghapus file bandel yang tidak bisa dihapus yang ada di dalam memory card. Anda bisa bisa memilih cara yang sesuai dengan kondisi Anda, baik menggunakan bantuan laptop maupun melalui hape Android milik sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita