Download our available apps

Cara Menghilangkan Bekas Cat Di Keramik Kasar yang Ampuh dan Mudah

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Bekas Cat Di Keramik Kasar yang Ampuh dan Mudah
Ilustrasi Bekas Cat

BLOG OSCAS - Menghilangkan noda atau bekas cat yang menempel di lantai atau keramik apalagi di atas permukaan keramik yang kasar cukup sulit. Meski sulit tapi belum tentu tidak bisa dihilangkan bukan. Simak beberapa cara menghilangkan bekas cat di keramik kasar berikut ini.


Cara Jitu Menghilangkan Bekas Cat Di Keramik Kasar


Ada beberapa cara jitu yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan tetesan atau bekas noda cat di keramik yang permukaannya kasar. Yuk simak penjelasan berikut ini:


1. Paint Remover


Paint remover bisa Anda dapatkan di pasaran dengan berbagai merek dan jenis. Namun semua paint remover bisa digunakan untuk menghilangkan bekas cat di permukaan benda.


Paint remover juga bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkan bekas cat di keramik yang permukaannya kasar.


Caranya Anda perlu menggunakan masker supaya tidak terganggu dengan bau dari cairan tersebut. Kemudian gunakan sarung tangan dan kuas untuk mengolesi cairan ke permukaan keramik.


Setelah diolesi semua sampai basah, biarkan sekitar 3 menitan, lap dengan kain dan bekas noda cat akan terangkat dengan sendirinya. Setelah itu bersihkan lantai atau keramik dengan lap bersih.


2. Menggunakan Thinner


Jika tetesan atau bekas cat yang menempel tidak banyak dan terlihat tipis, Anda bisa menggunakan thinner untuk menghilangkannya.


Thinner merupakan salah satu cairan yang ampuh digunakan untuk membersihkan bekas cat. Caranya cukup mudah yaitu cukup tetesi noda bekas cat yang ada di keramik dengan thinner, diamkan beberapa saat sampai meresap dan basah.


Kemudian gosokkan dengan kain pel atau lap, Anda perlu melakukan cara ini berulang kali sampai noda tersebut hilang.


Setelah noda bekas cat hilang, lap bekas thinner dengan kain basah. Bila perlu gunakan pewangi lantai supaya lantai Anda tidak berbau bekas cairan.


3. Menggunakan Cuka Putih


Cuka putih dapat digunakan untuk menghilangkan bekas cat di keramik kasar dengan mudah dan ampuh. Caranya juga cukup mudah dan tidak ribet.


Siapkan air bersih dan cuka putih dengan perbandingan yang sama 1:1. Campurkan keduanya, aduk sampai rata, kemudian didihkan larutan tersebut lalu angkat.


Gunakan kain lap untuk dicelupkan pada larutan yang dibuat tersebut. Letakkan kain basah tersebut di atas keramik yang memiliki noda cat. Diamkan beberapa saat dan noda bekas cat pada keramik akan terangkat dan bersih.


Larutan cuka putih dan air yang dididihkan tersebut mampu mengangkat bekas cat yang menempel di keramik dengan mudah.


4. Menggunakan Hairspray


Hairspray bisa menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk menghilangkan bekas cat yang menempel di keramik.


Caranya cukup semprotkan hairspray pada bekas cat, lap dan gosok pelan dengan kain. Noda bekas cat akan terangkat dengan mudah dan cepat tanpa merusak permukaan keramik. Setelah bersih, bilas lantai dengan air hangat supaya tidak lengket bekas hairspray.


5. Menggosok Keramik


Jika bekas cat yang menempel pada keramik Anda terlihat menumpuk dan cukup tebal, Anda perlu membersihkan tumbukan cat tersebut terlebih dahulu.


Mengikis bekas cat yang menumpuk dilakuakn dengan cara menggunakan kape. Kerik pelan bagian cat yang menempel. Lakukan dengan hati-hati supaya permukaan keramik yang kasar tidak tergores. Cara menggunakan kape ini harus sesuai supaya tidak merusak permukaan lantai.


Jika terasa sudah cukup tipis, basahi bekas keramik tersebut dengan air. Gosok dengan sikat atau kain lap sampai bersih.


6. Menggunakan Amplas


Menggunakan amplas hampir sama dengan dengan cara sebelumnya yaitu kape. Namun cara ini lebih mudah dari sebelumnya. Anda hanya perlu menggosok bekas cat dengan amplas halus.


Noda bekas cat akan terkikis dengan mudah. Jika masih meninggallkan noda, sikat dengan sikat yang berbulu halus supaya tidak merusak keramik.
cara menghilangkan bekas cat di keramik kasar tersebut bisa Anda coba sesuai dengan yang Anda inginkan. Cara jitu dan simpel untuk diterapkan. Selamat mencoba.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita