Download our available apps

Cara Menghilangkan Bau Triplek Yang Menyengat Paling Efektif

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Bau Triplek Yang Menyengat Paling Efektif
Gambar Triplek

BLOG OSCAS - Bau triplek memang cukup mengganggu apalagi merupakan triplek baru. Untuk itu butuh cara menghilangkan bau triplek yang menyengat dengan penanganan tepat. Bagi beberapa orang yang sedang ingin merakit sebuah benda dengan bahan triplek atau yang baru membeli lemari baru, umumnya akan mengalami bau triplek yang cukup menyengat. Tidak hanya menyengat di hidung, bahkan jika baunya terkena mata akan terasa pedas.


Cara Menghilangkan Bau Triplek


Untuk yang merasa cukup terganggu dengan bau triplek, maka sebaiknya triplek tersebut dengan digunakan terlebih dahulu apalagi bagi yang tidak kuat dengan bau yang dikeluarkan. Anda mungkin bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.


1. Letakkan Di Ruangan Terbuka


Yang pertama Anda bisa mencoba meletakkan triplek pada ruangan terbuka. Disarankan untuk tidak meletakkan triplek pada ruangan tertutup, misalnya di gudang. Karena hal ini justru akan membuat triplek baunya semakin tahan lama.


Ketika meletakkan triplek di ruangan terbuka apalagi terkena sinar matahari, maka baunya perlahan akan hilang. Anda bisa menunggu satu atau dua hari sampai bau triplek yang menyengat ini bisa perlahan menghilang.


2. Bubuk Kopi


Bubuk kopi bisa menjadi cara menghilangkan bau triplek yang menyengat yang cukup ampuh. Bahkan jenis bubuk kopi ini banyak dimanfaatkan, untuk menghilangkan bau lemari yang baru dengan cara meletakkan kopi pada beberapa kompartemen lemari. Setelah itu, lemari ditutup selama beberapa hari agar kemudian setelah dibuka bau lemarinya tidak lagi menyengat, berganti dengan bahu kopi yang harum.


Cara membasmi bau triplek dengan bubuk kopi yaitu dengan menaburkan kopi di atas triplek dengan alas sebuah kertas atau tisu. Anda bisa meletakkan triplek yang dibubuhi bubuk kopi di ruangan tertutup ataupun di ruang terbuka. Tunggu selama beberapa hari dan lihat bau triplek berganti menjadi harum kopi.


3. Soda Kue


Cara lain yang bisa Anda coba dan cukup efektif adalah dengan menggunakan soda kue. Soda kue ini dicampurkan dengan air sedikit saja, lalu dimasukkan ke sebuah wadah. Nantinya kedua campuran bahan ini akan menjadi larutan yang cukup kental.


Kemudian larutan soda kue bisa diletakkan di atas triplek atau di dekat triplek. Ternyata larutan soda kue tadi, bisa menyerap bau yang ditimbulkan oleh triplek-triplek yang Anda miliki. Apalagi jika meletakkan triplek di dalam gudang, cara ini cukup efektif karena penyerapan baunya jauh lebih cepat.


4. Tembakau


Selain soda kue dan bubuk kopi Anda juga bisa memanfaatkan tembakau. Tembakau kau mampu menyerap bau dari tripleks secara keseluruhan namun Anda membutuhkan bahan lain. Anda bisa meletakkan tembakau dalam gelas kecil, lalu campurkan dengan air secukupnya.


Anda harus mengaduk larutan tembakau dan air sampai tercampur rata lalu letakkan dekat dengan triplek. Tunggu sampai beberapa hari dan lihat bau triplek yang sangat menyengat dan pedas di mata, bisa berganti menjadi bau tembakau yang khas.


5. Parfum


Anda juga bisa mencoba memanfaatkan alternatif lainnya yaitu dengan parfum. Semprotkan terlebih dahulu parfum pada kapas. Lalu letakkan kapas parfum tadi ke beberapa sudut pada bagian triplek. Penggunaan kapas ini memang sebenarnya kurang efektif, namun solusinya adalah dengan mengganti kapas 2 hari sekali dan lakukan selama satu minggu.


Anda bisa lihat nanti bau triplek atau bawah lemari akan menghilang berganti dengan wangi parfum. Anda bisa memilih parfum dari merk apa saja, tapi sebaiknya gunakan parfum yang wanginya cukup kuat. Selain parfum Anda juga bisa coba alternatif irisan sabun mandi batangan.


Aroma sabun mandi yang cukup menyengat bisa membuat bau triplek berkurang. Namun dibanding beberapa cara sebelumnya, memang irisan sabun mandi ini kurang efektif untuk triplek, kecuali Anda memanfaatkannya untuk menghilangkan bau lemari.

BACA JUGA :

Cara Menghilangkan Bekas Porstex di Keramik, Bisa Kinclong Lagi!!


Jadi itu tadi beberapa cara menghilangkan bau triplek yang menyengat dan bisa Anda coba. Jika beberapa cara di atas sudah Anda coba dan bau tripleknya belum hilang, mungkin saja lakukan pengecatan agar bau triplek berubah menjadi bau cat. Seperti diketahui cat yang masih basah tentu akan mengeluarkan bau yang menyengat, tapi seiring berjalannya waktu bau cat akan menghilang dengan sendirinya.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita