Download our available apps

Beberapa Cara Menghilangkan Bekas Lem Pada Akrilik Yang Ampuh

Pewarta - Prana Hikmat
Beberapa Cara Menghilangkan Bekas Lem Pada Akrilik Yang Ampuh
Ilustrasi : Cara Menghilangkan Bekas Lem Pada Akrilik

BLOG OSCAS - Cara menghilangkan bekas lem pada akrilik menjadi tantangan sendiri bagi pengrajin atau bahkan bagi Anda yang membuat produk akrilik sendiri. Bekas lem akan membuat tampilan akrilik menjadi kurang menarik dan bahkan membuatnya terlihat buram.


Cara Menghilangkan Bekas Lem Pada Akrilik Yang Dijamin Rapi


Lem membuat akrilik jadi kerang menarik. Untuk kasus yang parah, usaha keras harus dilakukan untuk menghilangkan bekas lem yang menempel super kuat. Lelang dipakai untuk membuat kreasi dengan akrilik, tapi tentu lem bisa dihilangkan agar lebih jernih.


Lalu, apa yang harus dilakukan jika akrilik terkena tetesan lem? Adakah cara menghilangkan bekas lem pada akrilik tanpa membuat akrilik tergores dan buram? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!


1. Bersihkan dengan Air Dingin


Cara menghilangkan bekas lem pada akrilik yang harus Anda lakukan adalah membersihkan permukaan yang terkena lem dengan air dingin sesegera mungkin, Cara ini bertujuan untuk mengurangi daya rekat lem pada akrilik. Dengan demikian, bekas lem akan lebih mudah dibersihkan nantinya.


2. Gunakan Air Sabun


Setelah permukaan akrilik yang terkena lem dibersihkan, basahi area tersebut dengan sabun cuci piring yang telah diencerkan dengan air hangat. Air sabun hangat ini akan membantu melindungi permukaan akrilik yang tidak terkena lem agar tidak tergores ketika dilakukan pengamplasan.


3. Gunakan Amplas


Kunci dari cara menghilangkan bekas lem pada akrilik adalah pengikisan menggunakan amplas. Namun, teknik pengamplasannya tidak boleh dilakukan sembarangan agar permukaan akrilik tidak tergores. Anda harus memperhatikan dua poin penting pada langkah ini, yaitu teknik menggosok dan jenis amplas yang digunakan.


Ada dua jenis amplas yang harus kamu siapkan untuk menghilangkan bekas lem. Pertama amplas 400 yang digunakan untuk mengikis sisa lem. Sedangkan tipe amplas kedua adalah amplas 2000 yang digunakan untuk meminimalisir buram pada akrilik.


Cara menggosok permukaan akrilik juga tidak boleh sembarangan. Anda harus menggosok dengan gerakan memutar perlahan. Jangan terlalu menekan amplas saat menggosok karena akan meninggalkan bekas yang membuat akrilik buram.


4. Gunakan Glue Remover


Jika Anda merasa cara menghilangkan bekas lem pada akrilik menggunakan amplas terlalu sulit dan beresiko, Anda bisa mencoba glue remover. Ada banyak produk glue remover yang dapat Anda gunakan. Jadi, Anda harus pandai-pandai memilih rekomendasi merk yang tepat untuk hasil yang maksimal.


5. Minyak Zaitun


Cara lain yang juga cukup ampuh untuk membersihkan bekas lem dari akrilik adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada bekas lem, lalu memanaskannya dengan penyembur api atu hair dryer. Jika sudah, lap menggunakan kain bersih dan lakukan berulang-ulang hingga bekas lem hilang.


6. Cuka atau Aseton


Saat Anda ingin merekatkan akrilik, lem yang digunakan harus lem super agar daya rekatnya sempurna. Jika terkena tangan, lem khusus akrilik ini bisa dibersihkan dengan cairan cuka atau aseton. Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk permukaan akrilik.


Basahi bagian lem yang menempel dengan cuka maupun aseton. Biarkan sebentar agar lebih mudah dihilangkan bekas lemnya. Gosokkan dengan kain kering sehingga lem lebih mudah lepas dan sekaligus menjaga kaca akrilik agar tetap mengkilap.


7. Krim Tangan


Produk yang mengandung air yang bersifat melembabkan juga bisa dipakai untuk membuat akrilik rapi terbebas dari lem yang melekat. Setidaknya ada lebih dari 70 persen air dengan surfaktan yang berfungsi sebagai pelarut baik untuk lem.


Krim tangan juga mampu menembus permukaan lem, bahkan yang tebal sekalipun. Anda hanya perlu menggosoknya dengan lembut dan lem bisa lepas dengan mudah. Anda bahkan tidak perlu terlalu memakai tenaga untuk melepaskannya.


Cara lain untuk menghilangkan bekas lem membandel pada akrilik adalah memakai sabun cuci tangan atau krim pembersih wajah. Keduanya memiliki komposisi yang serupa dengan krim tangan.

BACA JUGA :

Begini Cara Menghilangkan Bekas Lem Power Glue di Body Mobil


Sudah mengerti cara menghilangkan bekas lem pada akrilik, kan? Jadi, mulai sekarang jangan langsung putus asa ketika akrilik tidak sengaja terkena tetesan lem, ya! Daripada membeli baru atau membuat ulang, lebih baik mencoba membersihkannya sendiri dulu, bukan?

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita