Download our available apps

Cara Membuka Brankas Yang Kuncinya Hilang

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Membuka Brankas Yang Kuncinya Hilang
Gambar : Brankas

BLOG OSCAS - Cara membuka brankas yang kuncinya hilang memang tidak sembarang orang bisa. Brankas memang didesain untuk menjaga keamanan dengan pengalaman berlapis dan sulit dihancurkan. Oleh karena itu, pemilik brankas kebingungan begitu kuncinya hilang.


Tata Cara Membuka Brankas Yang Kuncinya Hilang


Seperti yang kita tahu, brankas ada pengamanan dua lapis, yaitu kunci kombinasi putar jika Anda punya tipe brankas manual atau tipe digital pada brankas modern. Sementara tipe pengaman yang kedua adalah kunci panjang atau bukaan yang menggunakan anak kunci.


Nah, anak kunci inilah yang biasanya mudah hilang sehingga brankas tidak bisa dibuka. Jika kebetulan kunci brankas Anda hilang, jangan langsung panik. Masih ada cara membuka brankas yang kuncinya hilang tanpa perlu merusak brankas.


1. Bongkar Brankas


Duplikat kunci panjang hanya bisa dibuat saat brankas dalam kondisi terbuka. Oleh karena itu, perlu dilakukan bongkar brankas jika kondisi brankas dalam kondisi terkunci. Proses bongkar ini hanya boleh dilakukan oleh ahli kunci brankas yang ahli.


Hal ini dipilih agar brankas tidak rusak dan tetap dapat digunakan lagi. Setelah brankas berhasil dibongkar, segera pindahkan barang berharga Anda. Jika perlu, buka safe deposit box di bank untuk menyimpan barang berharga Anda selama brankas masih diperbaiki.


Perlu diketahui kalau kehilangan kunci brankas adalah hal fatal yang tidak bisa disembunyikan. Anda butuh mengeluarkan biaya tambahan untuk membuka akun penyimpanan di bank. Jadi, kehilangan kunci perlu dilaporkan pada pihak-pihak terkait.


2. Buat Duplikat Kunci


Cara membuka brankas yang kunci hilang adalah setelah brankas terbuka, duplikat kunci perlu dibuat. Ahli kunci biasanya perlu melakukan pengukuran sebelum membuat duplikat. Jadi, Anda harus sabar menunggu proses pembuatan sebelum brankas dapat digunakan lagi.


Biasanya, ahli kunci perlu kembali ke bengkelnya untuk membuat duplikat. Namun, tidak sedikit pula ahli kunci yang bisa menyelesaikan duplikat langsung di tempat. Jadi, pemilihan ahli kunci yang bagus sangat penting khususnya masalah waktu dan tempat pengejaan.


3. Pasang Ulang brankas


Setelah dilakukan pengukuran kunci duplikat, brankas harus dipasang lagi dengan benar dan pas. Tidak boleh ada yang salah pada tahap pemasangan ini. Jika ada sedikit saja kesalahan, bukan tidak mungkin brankas akan mudah dibobol di kemudian hari.


Pastikan Anda untuk memeriksa pengerjaan pemasangan kembali dengan teliti. Cobalah dengan kunci yang baru untuk beberapa kali sebelum dinyatakan kalau pemasangan sudah pas. Jadi, tukang kunci akan melakukan pengepasan ulang kalau ternyata ada masalah.


4. Kombinasi 10-20-30


Kalau brankas Anda memiliki dua pengaman yakni slot kunci dan slot angka, maka bisa mencoba untuk membukanya dengan memakai slot angka. Putar ke kiri sampai angka 10. Lalu kekanan 20 lalu kekanan lagi 20. Ganti putar kekiri sampai angka 30 sampai 2 kali.


Biasanya cara ini bisa dilakukan untuk brankas-brankas tertentu. Jadi, tanpa pakai kunci juga bisa. Kalau tetap brankas tidak terbuka, Anda perlu memanggil tukang brankas untuk mencoba membongkar dan memasangkannya lagi kembali.


5. Brankas Digital dan Kunci


Kalau Anda memiliki brankas digital tapi baterainya habis dan kuncinya hilang, tidak perlu khawatir, masih ada cara untuk membukanya. Anda dapat mencoba untuk membuka bagian kunci dengan memakai dua kawat yang tebal.


Jadi, satu kawat akan menekan bagian kunci dan kawat lainnya untuk memutarnya. Ingat, lakukan hal ini hanya kalau benar-benar darurat. Kalau merasa tidak mampu, Anda bisa menggunakan jasa pembuka kunci brankas.


Itulah cara membuka brankas yang kuncinya hilang. Cara ini hanya berlaku jika Anda masih ingat kunci kombinasinya. Jika lupa kunci kombinasinya, maka langkah tambahan perlu dilakukan, yaitu membobol kunci kombinasi sebelum membongkar rumah anak kunci.


Setelah semua langkah selesai, jangan lupa mengganti kunci kombinasi Anda. Mengganti kunci kombinasi diperlukan karena cara untuk membuka brankas yang kuncinya hilang ini melibatkan ahli kunci, sehingga kode rahasia brankas Anda mungkin diketahui orang lain.

BACA JUGA :

Cara Menghilangkan Baret di Keramik Lantai Secara Mudah


Jadi, agar keamanan brankas Anda tetap terjamin, ada baiknya jika mengganti kunci kombinasi dan merahasiakannya. Pastikan juga kalau Anda tidak menghilangkan kunci brankas lagi, karena prosesnya panjang dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita