Download our available apps

Cara Menghilangkan Bekas Porstex di Keramik, Bisa Kinclong Lagi!!

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menghilangkan Bekas Porstex di Keramik, Bisa Kinclong Lagi!!
Foto : Bekas Porstex di Keramik

BLOG OSCAS - Tidak banyak yang tahu cara menghilangkan bekas Porstex di keramik. Padahal jika tidak segera dibersihkan, keramik akan bertambah rusak. Resiko mengganti keramik pun bisa terjadi jika dibiarkan terlalu lama.

Jika kamu harus mengganti keramik butuh banyak biaya dan waktu. Belum lagi model keramik yang sama mungkin saja sudah tidak dijual. Daripada repot mengganti keramik kamu bisa mengikuti beberapa cara membersihkannya ini.

5 Cara Menghilangkan Bekas Porstex Di Keramik


Alasan mengapa Porstex menimbulkan flek putih adalah kandungan asam di dalamnya. Pigmen atau warna keramik akan luntur ketika terkena tetesan Porstex. Walaupun sudah berhati-hati saat menggunakan Porstex, sulit menghindari tetesannya jatuh ke atas lantai.

Apabila flek putih sudah muncul, kamu bisa mengikuti beberapa cara menghilangkan noda Porstex di keramik berikut ini.

1. Membuat Campuran Cuka dan Air


Cuka dan air adalah larutan yang cukup ampuh menghilangkan lumut, jamur permukaan dan juga flek putih akibat Porstex. Kamu hanya perlu tahu perbandingan campurannya yang efektif.

Pertama, campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:4. Jadi jika menggunakan 200 ml cuka airnya adalah 800 ml. Usai membuat campuran, kamu bisa langsung mengirimkannya ke atas noda.

Sikat keramik sampai noda perlahan hilang. Cara menghilangkan bekas Porstex di keramik ini bisa diulangi beberapa kali sampai noda benar-benar hilang.

2. Mengamplas Keramik


Ada juga cara lainnya yaitu dengan menggunakan amplas nomor 180. Cara membersihkan bekas Porstex di lantai hanya dapat dilakukan pada noda yang sudah dibiarkan semalam.

Prosesnya cukup dengan mengamplas permukaan keramik searah dengan amplas nomor 180. Berikan tambahan air dan gosok sampai noda menghilang. Jika amplas sudah terlalu halus, kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

Noda tidak akan hilang jika kamu membersihkan bekas yang sudah dibiarkan sampai berhari-hari. Kamu perlu mengganti keramik jika noda dibiarkan terlalu lama.

3. Menyikat Permukaan dengan Sabun


Ada juga cara menghilangkan bekas Porstex di keramik dengan menggunakan sabun dan shampo. Cara ini juga hanya akan efektif jika noda tidak dibiarkan terlalu lama.

Misalnya saja kamu membersihkan lantai kamar mandi di pagi hari, maka siang harinya sikat langsung noda dengan shampo atau sabun. Gunakan sikat yang cukup kasar untuk membersihkan noda.

Kamu bisa menyikat sampai noda benar-benar hilang dan tampilannya kembali kinclong.

4.  Memanfaatkan Paint Remover


Ada juga cara menghilangkan bekas Porstex stex di lantai yang lainnya yaitu memanfaatkan paint remover. Bahan kimia yang biasa digunakan untuk membersihkan cat ini juga bisa membersihkan noda Porstex.

Hanya saja cara dan jumlah yang digunakan untuk membersihkan tidak boleh berlebihan. Pilihlah paint remover yang berfungsi untuk menghilangkan cat jenis duco.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan saja sedikit pada bagian noda flek putih. Kemudian sikat sedikit dan tunggu sampai noda menghilang. Keramik akan kembali memiliki warna seperti semula.

Jangan lupa siram keramik menggunakan air agar sisa dari paint remover menghilang. Hindari membiarkan paint remover terlalu lama karena juga dapat merusak warna keramik.

5. Mengganti Keramik Baru


Pilihan cara menghilangkan bekas Porstex di keramik yang terakhir adalah dengan menggantinya. Cara ini bisa dilakukan bila efek dari Porstex bukan sekedar noda putih dan menghilangkan warna keramik saja.

Kamu harus mengganti jika keramik sudah mulai retak dan muncul noda hitam. Efek ini biasanya akan muncul ketika kamu membiarkan noda selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Setelah mengganti keramik baru, perhatikan cara penggunaan Porstex dengan benar. Tujuannya supaya noda tidak muncul kembali dan merusak keramik.

Caranya adalah tidak menggunakan Porstex untuk membersihkan noda pada lantai keramik. Apalagi kamu menggunakan Porstex untuk mengepel lantai secara keseluruhan.

Hanya gunakan Porstex pada porselen saja dan segera bersihkan jika terdapat tetesan Porstex di atas keramik. Jika tetesan baru saja melekat di atas keramik, kamu bisa langsung mengelapnya dengan kain kering.

BACA JUGA :

Cara Menghilangkan Baret di Keramik Lantai Secara Mudah


Manfaatkan juga kain yang dibasahi dengan air hangat sehingga tetesan Porstex langsung hilang. Cukup mudah bukan cara menghilangkan bekas Porstex di keramik baik dengan amplas, paint remover dan air sabun.

Kamu hanya perlu mencoba langkah ini dan pastikan penggunaan Porstex yang benar.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita