Download our available apps

Rahasia Ketok Magic Tangki Motor yang Tidak Banyak Diketahui

Pewarta - Prana Hikmat
Rahasia Ketok Magic Tangki Motor yang Tidak Banyak Diketahui
Ilustrasi : Rahasia Ketok Magic Tangki Motor

BLOG OSCAS - Benturan pada motor bisa menyebabkan banyak efek bisa terjadi salah satunya adalah penyoknya tangki motor. Salah satu alternatif cepat untuk memperbaikinya adalah membawanya ke tempat ketok magic. Dibalik itu semua ada rahasia ketok magic tangki motor unik yang perlu diketahui.


Ketok Magic


Ketika mendengar kata ketok magic, pasti yang terlintas di pikiran orang-orang adalah soal magis, sihir, sulap dan sebagainya. Padahal bengkel ketok magic sendiri tidak menggunakan ilmu sulap apapun dalam pekerjaannya.


Ini merupakan istilah yang melekat di masyarakat karena bisa memperbaiki bodi mobil dengan sekejap seperti magic. Sebenarnya ketok magic hanyalah sebuah bengkel reparasi bodi biasa untuk banyak kendaraan.


Dikatakan magic juga karena waktu pengerjaan yang biasanya cepat tanpa banyak hambatan tergantung kecepatan teknisinya. bengkel ini juga memiliki asal usul tersendiri.


Dimana pada awalnya ketok magic adalah suatu keahlian khusus yang diperlukan ilmu untuk melakukannya. Istilah ini pun digunakan menjadi nama bengkel oleh seseorang karena proses pengerjaannya yang selalu dirahasiakan.

BACA JUGA :

Cara Menambal Tangki Motor dengan Bedak agar Berhasil


Bengkel ini pada awalnya berada di daerah Blitar, namun tak lama kemudian hijrah ke jakarta. itulah titik awal yang membuat ketok magic dikenal di berbagai penjuru wilayah Indonesia.


 Rahasia Ketok Magic Tangki Motor


Dibalik kecepatannya dalam mengerjakan berbagai masalah tangki motor, tentu ada rahasia dibaliknya. Para pekerja ketok magic ini cukup merahasiakan teknik dan cara mereka bekerja.


Tidak jarang juga ada pekerja ketok magic yang memperlihatkan ilmunya selama pengerjaan. Berikut adalah rahasia ketok magic motor yang perlu diketahui.


1. Dikerjakan dengan Skill Khusus


Seperti yang sudah tadi disebutkan, jika pengerjaan ketok magic tidak menggunakan sihir sama sekali. Para pekerja ketok magic sangat menggunakan keahlian mereka yang sudah dipelajari dan dipraktekkan selama bertahun-tahun lamanya.


Mereka juga tidak keberatan jika pemilik ingin melihat sendiri perbaikan dari tangki motor mereka jika ingin membuktikan jika pengerjaannya dilakukan tanpa magic.
Kemampuan ini sebenarnya memiliki nama Kenteng teter yang berasal dari wilayah Jawa Timur, khususnya Blitar. Namun agar orang lebih mengenalnya maka diubah namanya menjadi ketok magic.


2. Alat yang Digunakan


Selanjutnya untuk rahasia ketok magic tangki motor adalah soal alat yang digunakan. Tidak ada sesuatu alat yang sangat khusus untuk pekerjaan ini. Alat yang digunakan hanyalah beberapa perkakas dan beberapa buah lempengan besi baja.


Benda terpentingnya tentu saja si lempengan baja, karena itulah senjata yang digunakan saat memperbaiki bodi tangki yang penyok. Umumnya para pekerja memiliki beragam jenis ukuran untuk lempengan baja agar disesuaikan dengan benda yang akan diperbaiki.


3. Tempat yang Tertutup


Cukup banyak pertanyaan yang terlintas saat melihat sebuah bengkel ketok magic yang umumnya cukup tertutup. Sering ditemukan sebuah bengkel ketok magic yang dikelilingi oleh pagar dengan seng yang tinggi dan sangat tertutup seakan mengisolasi diri.


Ada alasan dibalik semua itu pastinya, dan benar saja beberapa orang pemilik bisnis tersebut sudah membeberkannya Alasannya adalah karena memang tempat tersebut ingin menjaga rahasia milik perusahaannya.


Serta ada satu hal lain yang cukup penting yaitu menjaga ciri khas dari ketok magic itu sendiri. Orang-orang akan mudah mengenali jika suatu tempat ketok magic yang tertutup merupakan asal Blitar.


Namun seiring berjalannya waktu, beberapa usaha ketok magic sudah mulai terbuka dan bisa disaksikan sendiri. Namun pastinya masih ada saja yang memegang tradisi lama.


4. Proses Pengerjaan


Rahasia ketok magic tangki motor yang keempat adalah proses pengerjaannya, Saat mengerjakan tangki biasanya akan ditangani oleh dua orang pekerja saja tidak perlu banyak-banyak. Namun jika sudah beralih ke benda yang lebih besar seperti mobil, ini akan lain ceritanya.


Ini dilakukan karena pekerjaan ketok magic ini melakukan pekerjaan mengecat yang dilakukan dari dua arah. Satu arah menekan dan satu arah lagi akan menekan bodi yang penyok dengan besi yang khusus.

BACA JUGA :

Tips Menguras dan Membersihkan Tangki Bensin Motor Injeksi


Nah dengan demikian sudah jelas tentang rahasia ketok magic tangki motor yang jarang orang ketahui. Ada baiknya sekarang dengan pengetahuan yang sudah banyak beredar dimana-mana untuk tidak mengaitkan sesuatu dengan hal mistis dan gaib.

Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita