Download our available apps

Cara Menambal Tangki Motor dengan Bedak agar Berhasil

Pewarta - Prana Hikmat
Cara Menambal Tangki Motor dengan Bedak agar Berhasil
Ilustrasi : Cara Menambal Tangki Motor

BLOG OSCAS - Berbicara tentang motor, komponen pembuatnya tentu saja banyak. Salah satu yang paling penting dalam motor adalah tangki. Meski penting, terkadang komponen ini sering rusak atau bocor. Mengaplikasikan cara menambal tangki motor dengan bedak bisa dijadikan salah satu solusi.


Metode ini juga terhitung mudah dan bisa dipraktikkan oleh orang awam sekalipun. Jadi tidak perlu lagi pergi ke tempat servis. Tidak hanya itu saja, jika memanfaatkan bedak maka bisa menekan pengeluaran yang dibutuhkan. Berikut adalah poin cara atau metode yang bisa dipakai:


1. Siapkan Ragam Alat dan Bahan


Langkah pertama yang harus dipraktikkan adalah menyiapkan alat dan bahan yang nantinya akan dipakai. Meski bisa dilakukan sendiri, bukan berarti alatnya sedikit dan terlalu sederhana. Ada beberapa alat yang harus dipersiapkan dengan baik. Berikut adalah beberapa alat dan bahan tersebut:

  • Bedak yang tersedia di toko-toko. Jenis bedak yang dipakai harus mengandung menthol. Misalnya saja bedak Salicyl atau Herocyn.
  • Lem Alteco atau lem G. Dua jenis ini bisa dijadikan pilihan tergantung dari kebiasaan penggunaan.
  • Pelat tipis alumunium. Bahan ini bisa didapat dari kaleng oli.
  • Alat untuk mengoleskan bahan.
  • Sikat untuk membersihkan.

Semua alat dan bahan ini harus dipersiapkan dengan baik karena nantinya akan dipakai selama proses. Jika tidak ada yang sesuai dengan panduan, gunakan saja bahan sejenis yang dominan sama. Karena jika terlalu berbeda, maka akan mempengaruhi proses dan hasil yang tengah dilakukan.


2. Kosongkan Tangki dan Bersihkan


Setelah mempersiapkan semua alat dan bahan seperti pada poin pertama, langkah selanjutnya adalah mengosongkan tangki yang ingin ditambal. Tujuan dari pengosongan ini adalah agar nantinya bisa dibersihkan dengan mudah. Jika ada isinya, maka proses pembersihannya akan sulit.


Setelah dikosongkan, lalu bersihkan tangki dengan cara disikat. Biasanya, tangki motor sudah berkarat karena tergerus usia dan karena pengaruh bahannya sendiri. Maka dari itu, karat yang ada pada tangki harus dihilangkan untuk melanjutkan ke proses penambalan yang selanjutnya.


Kenapa perlu dibersihkan? Hal ini dikarenakan media yang akan ditambal harus steril dari karat. Jika karat dibiarkan dan proses penambalan dilakukan, maka tidak akan berhasil. Maka dari itu, proses pembersihan tangki dari karat ini merupakan urutan proses yang paling penting untuk dipraktikkan.

BACA JUGA :

Tips Menguras dan Membersihkan Tangki Bensin Motor Injeksi


3. Gunting Plat Alumunium


Untuk cara menambal tangki motor dengan bedak selanjutnya, gunting plat alumunium yang sudah disiapkan. Saat akan menggunting, pastikan dulu untuk mengukurnya terlebih dahulu. Jika tidak diukur dan ternyata platnya terlalu kecil, maka tidak bisa dipakai untuk menambal tangki.


Sebelum menggunting, ukur dulu platnya sesuai ukuran lubang. Namun, jangan lupa untuk mengukurnya secara lebih besar. Jadi ukuran pelat harus lebih besar dari lubang. Sehingga, saat proses penempelan terjadi lubang bisa tertutup secara sempurna tanpa ada celah lubang lagi.


4. Rekatkan Pelat


Setelah selesai digunting, maka langsung saja rekatkan ke bagian tangki yang berlubang. Agar merekat, oleskan lem yang sudah disediakan ke bagian tangki dan bagian pelat yang akan dipasang. Setelah itu, tempelkan saja dengan baik hingga tertempel dan merekat antar bagian dengan sempurna.


Jika sudah tertempel, tentu jangan langsung menuju langkah lanjutan. Pastikan dulu lem yang menjadi perekat antar bagian sudah kering dengan sempurna. Jika ingin cepat, maka bisa memakai kipas sebagai media pendukung. Karena jika masih basah, maka proses selanjutnya akan gagal.


5. Campur Lem dan Bedak di Atas Tambalan


Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mencampur lem dan bedak. Untuk proses pencampurannya sendiri, bisa dilakukan di wadah tersendiri atau langsung di atas tambalan. Setelah dicampur, pastikan untuk mengoleskan ke semua bagian yang sudah ditambal secara merata.

BACA JUGA :

Inilah Cara Menambal Knalpot Bocor dengan Lem Besi


Namun perlu diingat, kombinasi takarannya harus sesuai. Pastikan untuk memakai takaran 2 : 1 untuk lem dan bedak. Setelah itu, tunggu kering lagi hingga hasilnya bisa terlihat. Jika ingin lebih menarik, maka bagian yang ditambal bisa dicat dengan warna yang sesuai dengan keinginan masing-masing.


Itulah cara menambal tangki motor dengan bedak yang bisa dipraktikkan. Melalui cara ini, maka tidak perlu lagi pergi ke tempat servis jika tangki mengalami kebocoran. Asal sesuai dengan urutan langkah yang dijelaskan, maka tidak akan hambatan atau permasalahan yang akan timbul pada prosesnya.


Pewarta : Prana Hikmat
Editor : Ali JIhad

Apa reaksi anda?

Fokus Berita